Flashback Preparation #RahneGoesToEurope Trip

Okay, sesuai janji saya akan menjabarkan detail persiapan dan cerita perjalanan saya ke Europe selama 21 hari, tapi akan dibagi-bagi ke beberapa postingan ya karena banyak bangeeeeet yang mau dishare. Untuk awalnya, ini adalah persiapan-persiapan yang saya lakukan kemarin.

Tiket Penerbangan

Terus terang, saya impulsif waktu beli tiket ke Eropa ini. Semua gara gara liat tweet @kartupos di sekitar akhir tahun 2013, katanya Qatar Airways sedang diskon. Minta tolong Kenny mencarikan tiket murah dengan destinasi terserah dia (karena saat itu saya bingung dan takut harga jadi mahal lagi, jadi terserah dia aja lah XD), terbelilah itu tiket Jakarta – Paris; Roma – Jakarta. Kemarin dapet harga sekitar $ 956, untuk penerbangan di bulan Mei 2014.

Saya akan share beberapa cerita seputar impulsifitas beli tiket jauh hari sebelum keberangkatan.

  • Sama seperti #JapanTrip yang saya beli satu tahun sebelum keberangkatan, kalo beli tiket jauh hari (+- 6 bulan) itu masih ada waktu buat nambah-nambahin tabungan. Cuma dengan impulsifitas itu, yang harus dipikirin adalah: cuti dapet apa engga ntar? masih ada kemungkinan hal-hal urgent sebelum keberangkatan dan berbagai hal hal lain yang bisa membatalkan rencana kaya sakit/ tugas kantor/ nikah/ dll. Saran: beli yang bisa direfund, tapi kadang kalo tiket promo ga bisa direfund :(. Tapi kalo pake sistem kaya saya yang “Insya Allah bisa lah” saya beli tiket non refundable sih hehe.
  • Eropa itu gede! Salah satu kekurangan dari Euro Trip  kemarin, saya ga nyusun mau ke kota kota mana aja sebelumnya, baru ngikut setelah tiket terbeli. Ada baiknya nyusun mau ke kota kota mana supaya dapet alur yang oke dari pergi sampai pulang, tentukan mau fokus di Eropa Utara/Barat/Timur/Selatan. Kalo bisa sih sealur/serute gitu supaya enak. Kemarin saya pengen ke Barcelona (agak menceng dikit ke bawah), jadi agak sedikit muter muter. Kalo saya ga impulsif, mending kemarin saya Jakarta – Paris; Barcelona – Jakarta hehe…  atau ya ga ke Barcelona sekalian, kenapa? Nanti akan terjawab di harga tiket antar kota ya ^ ^.

Tiket Antar Kota

Setelah menentukan kota kota mana saja yang ingin dikunjungi, mulai deh cari transportasi antar kota/ negara tersebut. Ini rute saya selama di Eropa: Paris – Amsterdam – Prague – Barcelona – Rome.

Sebenernya nih ya, ada Eurail Pass, tiket terusan yang  bisa dipakai untuk naik kereta apapun dan ke manapun ke negara-negara di Uni Eropa. Ga harus antre beli tiket di setiap stasiun gitu. Cuma karena rute kita agak ada yang melenceng yang mulanya dari sebelah utara (yakni Barcelona), jadi kita ga pake tiket kereta ini. Kalo mau coba pake, silakan cari tau di websitenya ya, ada Global Pass atau Regional Pass, mau berapa negara dalam kurun waktu berapa hari? Harga dari 2,8 – 4,5 juta.

Kemarin, ini yang saya gunakan:

Paris – Amsterdam

Screen Shot 2014-06-05 at 7.37.57 PM

Saya pake kereta Thalys. Ada colokan, ada internet (untuk yang sit di kelas 1). Lama perjalanan : 3 jam. Price: 50 Euro (untuk sit kelas 2)

Amsterdam – Prague

Screen Shot 2014-06-05 at 7.45.56 PM

Saya pake kereta Bahn. Karena overnight train, saya milih tiket untuk yang 6 bed/ cabin. Lama perjalanan: 14,5 jam. Price: 69 Euro. Pertama kali naik kereta yang pake kasur, jadi pengalaman gitu, lagian capek juga semalaman kalo duduk. Kalo mau yang per kabin buat 2 orang juga ada, tapi lebih mahal. Kaya film The Darjeeling Limited gitu kali ya.

Sebenernya ada cerita kurang menyenangkan gitu di kereta ini, karena kita salah gerbong. Selanjutnya bisa baca di blog Joni ini ya

Prague – Barcelona

Vueling. Sebenernya penerbangan di Eropa ini kadang lebih murah dari kereta. Namuuuuun, trickynya, ga boleh bawa bagasi. Jadi ya, karena ditambahin bagasi jatuhnya jadi mahal. Price: 98 Euro/ orang. 

NB: Oiya penerbangan gini itu agak strict di koper bagasi (ga boleh lebih dari 23 kg) & hand luggage (ga boleh lebih dari 7 kg & ukuran ga boleh besar)

Barcelona – Rome

Vueling. Price: 55 Euro/ orang.

Itulah tadi yang saya bilang, kalo bisa rutenya yang enak & runut. Jadi biar ga bolak balik pake flight  Vueling kaya saya 🙂 #Tips #SelamatkanTabunganmu

Persiapan Akomodasi

Setelah tiket terbeli & sudah menentukan kota kota mana saja yang mau dikunjungi, segera mencari tempat menginap. Biasanya saya pake hostel, namun kali ini saya mencoba menggunakan AirBnB (dan Couchsurfing). AirBnB itu adalah penyewaan apartemen/rumah antar pengguna. Keuntungannya, kita bisa atur budget, kadang bisa jadi lebih murah karena bisa dapet whole apartment untuk diri sendiri atau ramean ama temen/ keluarga. Untuk penginapan, saya ngebudgetin 25 Euro, karena kemarin berdua jadi saya cari AirBnB yang 50 Euro/ night. Berikut adalah listing yang saya gunakan selama #RahneGoesToEurope Trip.

AirBnB Paris :

Screen Shot 2014-06-05 at 6.09.44 PM

Di Paris mahaaal, jadi dengan harga segitu dapet apartment yang kecil. Cuma karena aku juga ga ribet yah, cukup aja lah kalo buat tidur. Tapi enak sih, aku suka banget sama tempatnya. Yang punya namanya Aude, dia textile designer gitu. Ruangannya banyak printilan menyenangkan.

Price: Rp. 806.922/ Night

Couchsurfing Amsterdam

Defickry's place
Defickry’s place

Di kota ini, saya Couchsurfing. Couchsurfing itu adalah komunitas yang mempertemukan traveler dengan penduduk lokal. Sebenernya kurang lebih sama kaya AirBnB, tapi kalo Couchsurfing ini lebih sederhana (kadang mungkin menawarkan sofa) dengan fasilitas yang agak terbatas, namun gratis. Enak kaaaaan? 😀 kalo kalian gak bawa barang yang ribet gitu, Couchsurfingan aja. Tapi kamu juga harus terbuka sama orang baru yang bakal ‘nebengin’ kamu. Selama di Amsterdam aku couchsurfing-an di tempat Defickry, dia lagi kuliah di sana. Nah kalo kalian mau ke sana, udah di tempat dia ajaaa, orangnya baik bangeet =)).

Price: Rp. 0. –  (tapi biasanya kita kalo dateng barter ama sesuatu, traktir makan/ kasih souvenir)

AirBnB Prague

Screen Shot 2014-06-05 at 6.51.27 PM

Di Prague, ternyata dapet yang 1 apartment! Tempatnya lucu lagi. Ada dapur, bathtub (alhamdulillah), sama kasur yang enak! Lokasinya deket sama halte Trem, tapi gak ada liftnya dan apartment ini di lantai 4! :)) ~ lumayan lah kemarin gotong2 kopernya, lumayan pengganti fitness. So far, tempat ini adalah salah satu tempat terbaik pas nginep.

Price: Rp564.845/ night

AirBnB Barcelona

photo (2)

Di Barcelona, kita dapet tempat yang strategis. Deket ama Las Ramblas & Gothic Quarter. Dia juga punya peliharaan 2 kucing. Lucuuuuk kucingnya gemes. Di sini ada fasilitas lift, jadi ga kuwatir gotong-gotong koper haha. Mbak Host di Barcelona; Monica ini orangnya orangnya sehat banget, dia barang-barangnya organik, furniture yang bekas pakai. Di malam terakhir dia masakin kita. Nice person sekali 😀

Price: Rp484.153/ Night

AirBnB Rome

Screen Shot 2014-06-05 at 7.09.00 PM

Di Rome, kita dapet private room. Enak juga tempatnya luas. Lokasi sih emang paling ujuuuuuung di Roma, istilahnya kalo pake Metro, berhentinya di stasiun paling akhir. Tapi karena sistem transportasi di sana tuh enak & cepet yah, jadi mau ke pusat kota juga 20 menit nyampe.

Price: Rp 484.153/ Night

Itu adalah daftar-daftar penginapan yang saya pakai. Tips dalam memilih tempat menginap dari saya:

  • Lokasi menentukan prestasi: pilih yang deket dari halte/ station metro. Karena kadang kita kalo udah jalan jalan seharian, pengennya tuh cepet sampe kasur. Kan enak kalo turun dari pemberhentian terakhir, jalan cuma ga sampe 5 menit udah sampe tempat menginap
  • Pilih juga lokasi yang aman. Di Paris juga ternyata ada tempat-tempat yang dihindari. Kalo mau traveling kemanapun, coba search “safe places to stay in …..” & “dangerous place in ….”, yah buat jaga jaga aja sih ^ ^
  • Kalo kamu memutuskan make AirBnB, perhatiin detail fasilitas yah dari mulai ada lift engga, internet, dll.

Nah price di atas tuh saya bagi dua orang (karena ama temen, kalo kalian trip 3 atau 4 orang, bisa dibagi2 juga kan). Silakan kalo mau pake AirBnB atau Couchsurfing, bisa diatur budgetnya dikalikan berapa hari kalian mau berlibur di kota-kota tujuan.

Kalo belum punya dan berencana make AirBnB silakan daftar pake link www.airbnb.com/c/rputri karena bisa dapet $25 diskon, lumayaaan  😀

Segitu dulu deh ya, semoga dari pemaparan blak blakan saya di atas kalian bisa mengira ngira. Dari mau traveling ke Eropa berapa hari, di mana aja, dan pengeluaran yang dibutuhkan. Semoga membantu ya. Kalo ada pertanyaan, silakan dilayangkan di comment, sebisa mungkin saya menjawab.

Special thanks to @Kartupos yang membantu segala pembookingan hal hal di atas 😀