Hai orang-orang berbakat!

Percaya apa engga, aku ini orangnya gampang iri. Terlebih lagi sama orang-orang yang bisa create sesuatu lewat jemari-jemarinya, entah itu gambar, musik, tulisan, kolase, dan banyak lagi lainnya.

Pelukis di Barcelona, 2014
Pelukis di Barcelona, 2014

Beberapa tahun belakangan, aku engga pernah engga meluangkan waktu buat stalking orang-orang yang bikin prakarya dan memajangnya di halaman-halaman digital. Kanal media sosial seperti Instagram & Soundcloud, buat aku kaya galeri & studio musik 24 jam yang bisa aku kunjungi sewaktu waktu, saat sedang menikmati spasi diantara rutinitas.

Kadang random aja follow, komen-komen, serta mengapresiasi karyanya… eh terus karena sering melakukan hal itu, malah jadi kenal, trus ada yang jadi teman, dan ada juga yang kemudian berkolaborasi :D. Salah satunya adalah Ika Vantiani, tau lewat Twitter di tahun 2011-an, kemudian dikirimin postcard kolase khasnya dengan sepucuk surat manis (bisa dibaca di sini https://rahneputri.com/2011/02/25/postcard-from-vantiani/), berlanjut kolaborasi untuk membuat cover buku puisi aku, Sadgenic.

Sadgenic Books
Sadgenic Books

It’s sooooo lovely! Sampulnya bisa merepresentasikan apa yang aku tulis di dalamnya. Air mata melebur menjadi jubah kesedihan, namun cantik dipandang. Senaaaang sekali & sebuah kehormatan bisa kerja sama dengan Vantiani dan sepuluh jari ajaibnya.

I feel energized around talented people. Mereka merepresentasikan sebagian (atau mungkin seluruh?) dari apa yang sedang mereka pikir & rasakan dengan caranya masing-masing. They deliver the unexpected, yang kadang-kadang bikin aku kagum sampe melongo. Di bawah ini ada beberapa akun & hal yang aku lagi suka-sukanya dan intipin setiap hari, karena mereka selalu bikin karya yang change the ordinary banget. Ngga biasa, serta lain dari yang lain 🙂

 #FaceTheFoliage

Hashtag ini bisa ditemui dengan mudah di Instagram, merupakan ajakan bagi siapa saja membuat ‘portrait’ atau bentuk wajah, menggunakan bunga, dedaunan atau hal hal yang kamu temukan di kebun atau taman. Untuk akun Indonesia, saya suka sekali #FaceTheFoliage dari mereka mereka di bawah ini :

Akun IG @kiaraflisha
Akun IG @kiaraflisha
Akun IG @idekuhandmade
Akun IG @idekuhandmade

Mereka kreatif sekali, cek aja akun instagram mereka untuk inspirasi dan refreshment harian :’)

Illustration

Kalo liat orang-orang ini, pengen gigitin jari, envy banget ama gambar atau ilustrasinyaaaaa 😀

IG: @giovanni_dessy
IG: @giovanni_dessy

Screen Shot 2015-02-09 at 11.37.29 PM

Gimana ga seger coba kalo liat hal hal kaya gini tiap hari? Aku sih betah banget. Aku seneng sama orang orang yang mau menunjukkan hasil karya mereka, dari yang cuma iseng-iseng sampe yang emang pursue their passion dan follow their dream sebagai seniman beneran. Meskipun mereka bikin aku iri, tapi ini adalah iri yang bermanfaat, karena ketemu orang yang berbakat somehow malah bikin aku semangat 🙂

Senengnya aku ama dunia media sosial, sekarang banyak yang menunjukkan diri mereka lewat karya dan secara ga langsung bisa menginspirasi yang lain. They create something. Semakin banyak orang yang mau mencoba, belajar, dan menunjukkannya ke publik. Semakin banyak ruang untuk kolaborasi. Kalo ada temenmu yang baru memulai, appreciate them! Siapa tahu kan, mereka memang berbakat di bidang itu dan mengantar mereka menuju gerbang mimpi 😀

Selain dari channel Instagram, lewat sebuah kompetisi kreatif Go Ahead Challenge aku juga jadi tau lebih banyak pelaku seni (pemula) yang mengupload karyanya di website GoAheadPeople.com

Tahun lalu, kompetisi ini sukses mengumpulkan 31 ribu lebih karya & peserta serta mengirimkan pemenangnya ke Paris Fashion Week 2014 untuk terlibat langsung di pertunjukan Tex Saverio. Kali ini, Go Ahead Challenge 2015 memberikan hadiah yang tak kalah menggiurkan dari sebelumnya. Berkolaborasi dengan 4 kurator terbaik Indonesia, musik (kurator: Arian13), fotografi (kurator: Anton Ismael), seni visual (kurator: Ade Darmawan), style (kurator: Auguste Soesastro), mereka mencari pemenang untuk dikirimkan ke independent art festival terbesar di Melbourne. Kota ini punya komunitas kreatif yang besar, mulai dari musisi jalanan, pelukis, fotografer, sampai penyair dan penulis, dan pasti cocok banget untuk jadi tempat belajar para pemenang itu biar jadi lebih kreatif.

Berbakat dan tertarik? So go ahead, daftar & login segera, upload karya kamu dengan tema music, visual, fotografi & style, dan write your own story di Melbourne sana. Karya yang masuk ngga boleh yang biasa-biasa aja lho, harus yang ngga terduga, punya elemen kejutan, dan stand out. 

Good luck 😀

RP Signature