Suatu Pagi di Ranu Kumbolo

image
Bukit tempat munculnya mentari di Ranu Kumbolo

Pemandangan ini mirip sama gambar anak SD, bener gak? 2 bukit dan matahari menyembul di tengah-tengahnya. Foto ini saya dapatkan di Ranu Kumbolo, danau yang terletak di Gunung Semeru. Ini detik detik sebelum matahari terbit. Sebelumnya tapi saya ceritakan dulu kali ya perjalanan menuju tempat ini.

Ranu Kumbolo terletak di Semeru, saat itu saya bersama rombongan Saving Fun bertolak menuju Malang dengan kereta Matarmaja. Perjalanan dengan kereta api ekonomi ini akan ditemuh selama 18 jam. Seperti biasa, saya menyiapkan antimo tentunya πŸ˜€

image
Suasana di tengah Pasar Senen sambil menenteng #SonyXperiaZ!

Keesokan harinya kita tiba juga di Malang, kangen deh, saya dulu kan kuliah di Malang, kalo ada waktu bentar sih pengen ngesot terus ke Warna Warni bentar deket stasiun hehe. Kemudian kita sudah harus beranjak ke daerah Tumpang karena di sana sudah siap Jeep yang akan mengantar kita ke Ranupane. Perjalanan ke sana menempuh waktu 1,5 – 2 jam. Pemandangan sekitar selama kita naik Jeep, kanan kiri itu kaya gini :’)

Β image

Tibalah kita di Ranupane, point awal pendakian. Mau tahu berapa waktu normal yang diperlukan dari Ranupane ke Ranu Kumbolo?

*drum roll*

5 jam!

Eaaa. Kebayang ga sih kamu jalan kaki selama 5 jam? nanjak lagi. Bismillah lah yaaaa… Udah niaaaat! :))

Karena kita ke sana di bulan bulan Desember, ternyata di hari itu turun hujan, hal ini semakin membuat medan terasa lebih berat. Saat itu karena satu dan lain hal, kita mulai mendaki jam 3 sore. Pasang jas hujan, pasang rain cover buat Backpack! Siap mendaki!!Β Hati sih komat kamit berharap hujan mereda ya, tapi ternyata …. Makin dereeeees. Huhuhuw. Dingin bangeeeeeet! Trus karena ke sananya bareng kak Ifanhere & Millyshafiq, biar cuaca kaya gimana, teteuuuuup kudu narsis ya. Untung pake Sony Xperia Z1 yang anti air =))) jadi kita tetep foto foto.

image
Bareng Kak Milly Shafiq, Ifanhere dan Saving Fun

Biarpun langit gelap, cahaya kurang, hujan menerpa dan dingin. Kamera hape Sony Xperia Z1 ini tetep tajem loh, ini pas foto bulir air di batang pohon. πŸ˜€

Β image

Saat kita mendaki, dari 17 orang rombongan ternyata ada yang kurang persiapan. Dia kekurangan oksigen dan pingsan.Β Mendaki gunung itu gak sama ya guys kaya liburan ke pantai, ketahanan fisik di sini sangat penting. Jadi kalo bisa, sebelum kamu mendaki, kamu jogging atau sepedahan. Kesehatan penting sekali. Karena serba sulit soalnya di gunung. Penting untuk cek dulu kesehatan di dokter dan olahraga rutin. (ke Ranu Kumbolo juga perlu bawa surat keterangan kesehatan dari dokter, anyway)

Sebagian rombongan yang staminanya masih oke, meneruskan perjalanan. Saya, Alhamdulillah karena sering berolahraga, jadi proses pendakian lancar. Ada 4 pos yang kita lewati sebelum sampai di Ranu Kumbolo. Pengennya sih kita sampai sebelum gelap, namun ternyata medan cukup berat ya, ΒΌ waktu pendakian terakhir, kita bergelap-gelap ria, mana kanan kiri kan tebing & jurang huhuw. Serem. Flash dari kamera Sony XPeria Z1 langsung aku jadikan senter juga untuk bantuan pencahayaan. Lumayaaaaan….

Akhirnya saya tiba di Ranu Kumbolo pukul 19:30, sudah gelap, gak keliatan danaunya. Kemah didirikan sembari menunggu rombongan selanjutnya. Saya memutuskan untuk tidur, karena langit masih mendung dan tidak ada bintang. Tapi saya ga mau melewatkan sunrise, saya pasang alarm jam 4 pagi.Β Saat bukaΒ  backpack & sleeping bag. Astagaaaa hujan yang sedemikian derasnya ternyata nembus. Beberapa baju saya basah. Padahal tulisannya waterproof L. Tips nih, kalo bepergian, ada baiknya baju tetep diplastikin aja ya.

Jam 4 pagi. Saya kemudian keluar dari kemah. Dingin bangeeeeeeet! Untung saya bawa banyak baju baju yang berlapis2 dan mantel serta topi. Saya menanti matahari ditemani bunyi riak riak air di Ranu Kumbolo.Β Saya set kamera Sony Xperia Z1. Dan inilah pemandangannya.

image
Menanti pagi

Berikut juga foto foto yang saya ambil di sekitar Ranu Kumbolo dan Oro Oro Ombo.

image
Indahnya Ranu Kumbolo

Terus terang, cuaca mendung, jadi alam tidak memberikan pagi yang saya inginkan. Namun, alam selalu akan menjadi inspirasi bagi saya. Jadi. Mau main ke Ranu Kumbolo? Saat terbaik ke sana adalah di bulan Mei – Agustus. Saya sih, mau banget ke sana lagi. Tunggu video #TravelXploration Ranu Kumbolo saya di youtube ya πŸ™‚

image
Oro Oro Ombo

One thought on “Suatu Pagi di Ranu Kumbolo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s