Melindungi Trah dari Nyamuk & Dengue

 

Sebelumnya mau ketok ketok meja dulu.

“Amit amiiiiit semoga keluarga dijauhkan dari gigitan nyamuk, dari nyamuk kebon sampe nyamukAedes aegypti atau demam berdarah, amin!”

Dulu, pas tahun 1996 aku kena penyakit demam berdarah di Surabaya, lagi musim banget kayanya saat itu sampai RS dimanapun penuh! Aku sempat demam sangat tinggi sampe 40 derajat lebih! Sleep walking dari kamar ke halaman rumah belakang tengah malem, muntah darah di taksi. Lumayan parah sih waktu itu. Masih inget juga gimana Om aku dateng ke kamar rawat sambil menangis berderai derai, karena supir taksi dia waktu mau jenguk aku cerita kalo anaknya baru saja meninggal karena sakit Demam Berdarah juga, si Om langsung keingetan aku takut kenapa-napa. Alhamdulillah, udah lewat dan sejak itu keluarga kita emang waspada banget kalau bisa jangan sampe sakit lagi, karena ternyata seseorang bisa terkena DBD beberapa kali! Dilansir dari http://denguemissionbuzz.org/id

Dengue adalah suatu infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk yang menyebabkan gejala seperti flu dan terkadang bisa berkembang menjadi penyakit yang berpotensi mematikan yang disebut Dengue berat (Demam Berdarah Dengue/DBD).

Dengue bisa menyerang orang pada semua usia. Gejala-gejala umumnya antara lain demam tinggi dan bintik-bintik merah di badan. Dalam kondisi yang parah, Dengue bisa menyebabkan nyeri sendi dan tulang yang sangat parah, perdarahan dan gangguan organ.

Nah begitu Trah lahir dan kita bawa pulang ke rumah, dikabarin tetangga kalau kampung di belakang komplek lagi banyak banget yang sakit demam berdarah…..

………..JREEEEEENG.

Tuh nyamuk Aedes aegypti bisa nyampe kemariii doooong yaaa T_T. Gimana engga? Dengue/ DBD itu merupakan penyakit yang penyebarannya tercepat di seluruh dunia melalui perantaraan nyamuk. Nah antar negara aja cepet, gimana antar tetangggaaaa?!! T_T cry

Nyamuk Aedes aegypti tuh mencari mangsa pada saat hari terang, namun lebih memilih pagi hari atau sore hari sebelum gelap. Kalo udah seminggu menggigit orang yang terinfeksi, nyamuk tersebut kemudian bisa menularkan virus dengan menggigit orang yang sehat.

Duh rasanya pengen bilang ke pak RT buat fogging seminggu sekali deh (lebay), etapi baru tau juga kalo ternyata fogging / pengasapan ini cuma membunuh nyamuk dewasa, yang masih jentik jentik mah strooong dia, makanya disarankan untuk membersihkan wadah air secara teratur. Nah ini nih yang bikin gatel hati banget, kita sih bisa ya ngatur kebersihan rumah sendiri tapi kalo tetangga atau masyarakat sekitar engga ya sama aja bohong >.<, makanya issue ini adalah issue bersama, seluruh warga atau lingkungan harus tau & juga waspada sama DBD. Mereka menyerang ga liat usia, dan berbahaya kalau tidak cepat ditangani.

Dengue bisa menyerang orang-orang dari semua usia, termasuk anak-anak. Saat ini, 40% populasi di dunia dianggap berisiko, atau sekitar 2.5 miliar penduduk di dunia.

Karena kampung belakang masih wallahualam nih di luar kuasa aku untuk ngatur dan ngajakin mereka bebersih, sebisa mungkin aku mencegah dan waspada dari lingkungan sendiri. Ini adalah hal-hal yang aku lakukan kemarin untuk mencegah Trah dari gigitan nyamuk.

  • Rajin memakai minyak telon / lotion anti nyamuk khusus bayi
  • Menggunakan tudung di tempat tidur bayi
  • Beli stiker anti nyamuk untuk ditempel di bajunya
  • Rajin bebersih dan ngepel pake pembersih lantai daun sirih

Gara gara rutin cari info soal Dengue ini, saat aku ikutan kuis tentang “Kesiapan Dengue/ DBD Asia” di http://denguemissionbuzz.org/id hasilku ….. BENER SEMUA! Aku jadi BINTANG WASPADA DENGUE deh :’)))) kalian cobain dooong biar kita bisa print bareng bareeeeng (LOH)

screen-shot-2016-10-05-at-9-50-21-am

Tadinya aku ingin menumpas semua nyamuk yang ada di dunia ini, tapi ya ga bener juga sih, yang harus kita lawan tuh virusnya, bukan cuma nyamuknya, karena biar bagaimanapun nyamuk itu harus tetap ada untuk keseimbangan alam. Semoga kita semua terhindar dari virus Dengue dan gigitan nyamuk Aedes aegypti yaaaa… Amin.

Sampai jumpa di next post!

Screen Shot 2016-01-06 at 3.27.06 PM

Tulisan ini adalah opini pribadi penulis. Penulisan artikel didukung oleh Sanofi Group Indonesia.

 

One thought on “Melindungi Trah dari Nyamuk & Dengue

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s