#CoHousing part 2: Q and A

Heyhooo teman-teman. Di tahun 2014 aku pernah membuat postingan mengenai #Cohousing (klik aja buat cerita part 1 nya). Ini memang masih pilot project dan tentu tidak mudah, banyak pihak yang struggling agar terwujud. Nah, akhir akhir ini mulai naik lagi nih berita tentang #CoHousing karena akhirnya berjalan juga, yang artinya sudah nemu tanah dan sedang dibangun. Karena “reverse business” ini akhirnya bisa banget diterapkan jadi sepertinya akan dibikin kloter keduanya :D, yay! Banyak banget pihak-pihak yang menanyakan perihal #Cohousing ini. Jadi aku mau kasih beberapa update berupa Q&A ya. Semoga membantu.

Q: Rahne progressnya udah gimana?

A: Jadi yaaa…. aku mengundurkan diri dari pilot project #CoHousing 1 ini karena……pernikahan hahahah. Biayanya ke situ dulu lah ya. Jadi masih nabung lagi deh. Cuma tetep mantengin tentang proyek ini karena aku suka banget konsepnya dan mudah-mudahan kalo rejeki bisa ikutan di kloter 2 atau seterusnya 🙂 

Q: Trus progress pilot project #Cohousing nya sendiri gimana?

A: Alhamdulillah, udah jalan, progressnya bisa dibaca di http://llliving.net/20-dfhousing-1-0-baiturahman-bintaro

df15
taken from dfhousing forum

Q: Kalo mau ikutan gimana?

A: Daftar aja di dfhousing.net, nanti di situ aktif ikutan forumnya. 

Q: Tanahnya buat kloter ke-2 dimana kira-kira?

A: Nah ini adalah pertanyaan yang harus dijawab bersama, karena hingga saat ini tanah belum ditentukan, bahkan belum dicari. Itulah makanya ada keanggotaan, karena semua anggota yang ada di forum wajib berkontribusi untuk mencari lokasi tanah yang disebut sebagai bank tanah. Kalo cuma nunggu lokasi, jadi sama kaya mau beli rumah di perumahan dong, ga jadi ‘reverse business’ :)). Padahal penekanan harga bisa jadi karena kita mencari sendiri tanah & lokasi 🙂 

Q: Jadi “Bank Tanah” itu apa sih ne?

A: Bank Tanah adalah kumpulan informasi mengenai tanah yang strategis & mempunyai kualifikasi untuk mendirikan #CoHousing. Biasanya nanti ditentukan range harga per meternya & jarak dari pusat kota, supaya pada seragam nyarinya. 

Q: Ada skema terbaru ga ne?

A: Ada, silakan lihat di bawah ya 

taken from Mande
taken from Mande

Q: Kisarannya berapa ya?

A: Pastinya berbeda-beda tiap rumah, apalagi buat next kloter 2. Tapi silakan kunjungi forum di http://llliving.net/20-dfhousing-1-0-baiturahman-bintaro atau ngobrol ama Mande, si empu proyek buat tau perkiraan harga yang pilot project. 

Q: Kalo mau bikin di kota lain gimana?

A: Konsep ini bisa diterapkan di kota manapun, asal ada niat dan anggota pada aktif. Daftar aja di dfhousing.net yaSemakin banyak yang minat, bisa jadi semakin mudah ngumpulin bank tanah.

Q: Hehehe capek juga ya kalo kita yang nyari tanahnya?

A: hehehe…. kalo ga mau gitu ya silakan cari perumahan aja yang udah siap beli hehehe ^ ^ #peace

Q: Bisa buat rumah kedua ga sih, Ne?

A: Hmm dulu sih konsep ini dibuka untuk yang belum punya rumah atau rumah pertama, cuma mungkin dari pihak Dfhousing punya kebijakan lain di kloter ke dua. 

Rancangan #CoHousing Part I

desain2

Yup, mungkin sekian Q&A basicnya. Oiya, mau memastikan aja kalo aku ini bukan dari pihak dform ya, tapi memang sebagai pihak yang antusias banget liat perkembangan #CoHousing ini. Kalo mau tanya detail atau mau kerjasama dll, silakan bisa ke dfhousing.net atau ngobrol dengan Mande. Semoga kita semua bisa punya rumah sendiri yaaaa, amin ^ ^

7 thoughts on “#CoHousing part 2: Q and A

  1. Haii kak rahne 🙂
    Setiap baca tulisan ka Rahne selalu ada hal-hal menarik & bermanfaat. SENANG ! >.<
    Upit boleh minta kontaknya kak Mande kah? Mau upit liput profilenya di rooang.com
    Terimakasih ^^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s