Langkahmu

Sebagai warga pendatang di Jakarta (perantau) yang bekerja di kawasan SERING MACET, saya sering banget jalan kaki separuh perjalanan pulang dari kantor ke kost. Bahkan sampe mengangkat diri sendiri sebagai Duta Pedestrian 2010. Emang dari dulu suka jalan kaki, jadi gak pernah masalah, paling malesnya karena asap kendaraan bermotor. Tapi itu jauh lebih baik daripada emosi berjam-jam di kendaraan bermotor gara-gara macet.

Hingga dapet kabar dari temen ada acara #10000langkah bersama Anlene di Monas dengan rute PP Monas- Bundaran HI. Dalem hati, waah pasti seru banget nih, jalan kaki sendirian sore sore nikmatin jalan aja seru, gimana PAGI PAGI dan bersama belasan ribu orang? Sontak langsung ngajakin temen temen lah, biasanya minggu minggu pada males-malesan di bangun siang di kamar ini ngobrak ngabrik mereka biar pada ikutan. Emang suara saya kayak bidadari kali ya ditambah mereka yang udah pada tobat mau hidup sehat alhasil pada mau semua (sujud syukuuur).

Berita ini juga disebar ke khalayak twitter, dan responnya juga positif. Sekalian pada mau tweet up n kopdaran jadi kita janjian ketemuan dan jalan #10000langkah bareng di Monas.YAIY.~~ Pukul 05.30 saya udah siap berangkat, dan begitu di Monas saya terpukau dengan lautan hijau. Kenapa hijau? Semua orang memakai kaos Anlene yang mengadakan acara #10000langkah ini. Saya melihat sekeliling, sungguh ramai dari ibu ibu muda, nenek nenek, bapak bapak, kakek kakek, anak muda dan anak anak yang turut meramaikan acara.

Udara pagi yang bersih, semangat pagi yang meluap luap, ah menyenangkan sekali Disini saya ketemu dengan @pasarsapi @maylaffayza, @pitra @blanthik_ayu blogger blogger terkenal yang biasanya saya tahu hanya di twitter, dan juga bbrp akun lain dan juga kawan kawan saya. DI hari yang juga bertepatan dengan memperingati Hari Osteoporosis Nasional ini ada kurang lebih 15.000 partisipan dengan rute perjalanan Monas – Bundaran HI – Monas.

Dari acara ini saya jadi tahu hal hal mengenai osteoporosis dan bagaimana pencegahannya semenjak dini. 2 dari 5 orang Indonesia berisiko terkena osteoporosis – data puslitbang gizi tahun 2006 well, berarti kalo saya jalan bersama 4 orang teman, 2 dari kita bisa kena osteoporosis. 😦 Diperkuat juga fakta bahwa rata rata wanita Indonesia kekurangan 50% kalsium harian, padahal itu penting untuk tulang dan mencegah osteoporosis. Padahal tulang itu merupakan struktur penting pembentuk rangka tubuh manusia.Massa pertumbuhan dan perkembangannya hingga sampai kita umur 30 tahun, setelahnya massa akan menrun secara alamiah. Jadi sangat penting kalau sedari dni untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian dari bayi hingga dewasa. Adapun gaya hidup nya untuk menghindari osteoporosis adalah dengan mengkonsumsi nutrisi yang cukup kalsium (ikan teri, brokoli, susu kalsium), hindari kafein dan sodium berlebihan, tidak merokok dan minum alkohol, dan juga melakukan aktifitas fisik yang cukup seperti berjalan 10000 langkah sehari, Cukup bangga juga sering jalan kaki sepulang kantor, at least saya udah memenuhi beberapa kriteria hidup sehat hahaha.

Setelah pengetahuan yang cukup penting diatas, alhasil saya dan beberapa teman berjalan kaki dengan giat sepanjang Monas Bundaran HI. Sepanjang jalan menjadi lautan hijau, dan ada balon balon sebanyak 15000 yang siap dilepaskan. SERU BANGEEETT. Well semoga setelah acara ini dan tagar #10000langkah yang terpublish di twitter dll, bisa menggugah dan menggerakkan lagi semangat teman-teman untuk hidup sehat dan menjaga badannya dengan mencukupi kebutuhan kalsium nutrisi dan lain lain.

MENSANA EN CORPORESANOOOOOHH!! Di dalam langkah yang jejak, terdapat tulang yang kuaaaatttt..Β 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s