Pelengkap P3K Anak : Nebulizer

Kesehatan anak itu bagi saya masuk di jajaran paling puncak dalam daftar hal hal penting di dunia. Tiap hari selalu berdoa untuk diberikan kesehatan, jadi tatkala anak sakit, hiks rasanya pingin tukeran gitu biar aku aja yang sakit.

Semenjak ikut kelas parenting tentang hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak panik saat anak sakit dan juga ikut grup wassap yang isinya Ibu ibu berpengalaman, alhamdulillah, bisa sedikit mengurangi kepanikan diri, biar ga dikit dikit harus ke rumah sakit, takut diketawain dokter karena lebay hehehe…. Tapi kadang yaaa, buat menenangkan diri, tetep aja ke dokter supaya lebih yakin atau dengar pendapat yang dari ahlinya.

Nah, di rumah atau jika lagi pergi-pergi, aku selalu siap P3K untuk bayi. Ini supaya kita lebih sigap jika anak tiba-tiba sakit. Isinya kurang lebih adalah sebagai berikut:

  • Thermometer Digital : untuk mengukur suhu tubuh
  • Losion anti nyamuk atau minyak telon
  • Obat tetes hidung untuk melancarkan hidung tersumbat.
  • Sirup Obat Demam
  • Obat Diare
  • Kasa Steril, Kapas, Plester & Gunting
  • Obat untuk berbagai alergi
  • Berbagai salep: salep untuk mengobati lebam, salep untuk mengatasi ruam, salep untuk pereda pilek.
  • Teething Gel untuk meredakan rasa sakit saat bayi tumbuh gigi

fullsizerender-6

Baru baru ini kita menyediakan Nebulizer di rumah. Kami merasa perlu memiliki alat ini karena aku kasian banget liat Trah saat sakit batuk dan pilek, dia belum bisa mengeluarkan lendir/ dahaknya sendiri, jadi malah kaya kesulitan nafas huhuhu. Kadang kalo misal dengan obat-obatan pengencer dahak dan penguapan dengan cara tradisional (diuapin dengan meneteskan minyak kayu putih pada baskom berisi air panas) udah ga manjur (biasanya aku liat progressnya 3-7 hari) , kalo masih batuk pilek juga aku ke dokter dan biasanya dirujuk untuk melakukan inhalasi. Inhalasi itu mengubah obat jadi larutan uap, jadi bisa cepat dihirup anak. Kemudian anak ditepuk tepuk punggungnya.

Nah terapi inhalasi ini biasanya dilakukan 3-5x, biaya per kedatangan biasanya antara 75.000 – 150.000. Nah selain itu, ngantrinya siiiiiih huhuhu, belom lagi perjalanan bolak balik ke rumah sakitnya, jadi kayanya menyediakan Nebulizer ini perlu untuk melengkapi P3K di rumah, dan lebih hemat juga jadinya. Untuk resep bisa wa dokter.

FullSizeRender 11.jpg

Aku punya Nebulizer Omron seri NE-C803, seri ini paling pas di aku sih dari sisi harga, mesinnya kecil dan ringan jadi bisa dibawa-bawa (persiapan misal nanti kita mau liburan sekeluarga). Oh iya, dan suaranya hening pas dicooba, jadi bayi ga kaget. Eh tapi alat ini ga cuma buat anak, dewasa juga bisa make. Masker yang ada di dalamnya pun sudah disiapkan untuk anak & dewasa.

Sebenernya banyak merk-merk nebulizer kalo misal search toko online, tapi aku pilih Omron Healthcare, karena banyak banget yang merekomendasikan produk kesehatan dari Jepang ini karena kualitasnya oke. Pas liat –liat websitenya http://omron-nebulizer.com/ juga meyakinkan banget! Namanya buat anak ya, apalagi buat kesehatannya, sebisa mungkin emang yang berkualitas.

Harga Nebulizer NE-C803 OMRON Healthcare ini Rp. 630.000,-, eh tapi lagi ada promo di http://omron-nebulizer.com/promo ada potongan 20% loh

Semoga bermanfaat dan semoga anak anak kita semua dijauhkan dari penyakit. Amiiin πŸ˜€

Screen Shot 2016-01-06 at 3.27.06 PM

9 thoughts on “Pelengkap P3K Anak : Nebulizer

  1. Hi Rahne, oot dikit ya. Apa udah pernah nyoba pake air humidifier? Aku google kalo bayi susah nafas karena pilek bisa pakai ini. Tapi kok belum ada review yg jelas. Kayaknya preventif aja ya air humidifier ini. Kalo nebulizer lebih ke ngobatin kan ya.

    Happy weekend! (Soon)

    Like

    1. Air humidifier, iya sempet mau beli juga. Jadi dia semacam mengeluarkan partikel mikro uap air ke udara, hampir sama kaya kalo metode penguapan bayi pake nuang air panas ke baskom. Aku jg sbnrnya lagi bingung mending humidifier apa oil diffuser sekalian >.<

      Like

  2. Dulu sempat mau beli nebulizer untuk anak pertama, tapi sampai sekarang anak kedua sudah dua tahun, tidak jadi beli juga, karena ada yang bilang,”kalau pakai nebulizer, paru-paru anak nanti tidak terlatih untuk mengeluarkan dahak”
    Ah, banyak sekali pendapat ya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s