RIP Tiang Monorail, Welcome Taman Gantung

Jadi, hari ini saya baru membaca berita “Proyek Monorail Di Jakarta Akhirnya Dibatalkan” silahkan baca disini. Proyek ini adalah proyek yang terhenti dari 2004. Hmm.. padahal saya sudah sempat membayangkan kalau memang proyek Monorail ini langgeng dan sukses, saya pasti jadi salah satu pengguna rutin. Saya pengen merasakan sensasi naik monorail, melihat jalanan dan gedung-gedung kota dari sudut pandang burung (ya gak tinggi-tinggi amat sih, tapi toh arah pandang saya akan berbeda dari yang biasanya saya naik kendaraan jalur darat), bebas macet, dan belum lagi bisa jadi setting cerita untuk cerpen karena kisah cinta di shelter monorail (halah), tapi ternyata ….. berita diatas menghancurkan impian saya. #JEDERR, baiklah mari untuk sementara saya kembali menikmati jalanan dengan bersepeda atau dari busway.

Okay, selanjutnya yang ada di benak saya. Bagaimanakah nasib tiang tiang beton monorail yang tersebar dimana-mana itu? Mungkin yang belum pernah liat tiangnya, beginilah bentuk tiang tersebut

(foto diambil dari google images)

NAH – Bisa dilihat kan bentuknya saudara-saudara? Seonggok beton seperti itu tersebar dimana-mana di Jakarta. Lalu, bagaimana? Apa tiang tersebut hanya dijadikan monumen kegagalan pemerintah saja?

OH PLEASE!

Okay, nasi telah menjadi bubur, tapi tentunya bukan berarti kita bisa menelan bubur itu begitu saja kan? Kita masih bisa mancari suwiran ayam, kecap asin, cakue, hingga bubur ini masih bisa dinikmati karena lebih berasa (terus terang saya kurang suka bubur doang sih ;p)

Jadi, selanjutnya. Apa yang bisa kita lakukan untuk tiang-tiang ini?

Sebenernya saya itu gatel banget pingin bikin sesuatu dengan bangunan itu. Entah karena saya ini dari dulu suka main Sims City dan sebagai orang yang pengen masuk Planologi karena dikira kuliahnya bakal seperti Sims tapi engga ini sehingga diurungkan niatnya (mbulet). Kayaknya kita bisa bikin sesuatu deh. Bisa dihias deh. Bisa diolah deh.

Saya pengennya tiang beton itu berubah fungsi dan menjadikannya fungsional/ indah sehingga bisa jadi visual excitement value sebuah kota. Ya gak sih? Ok, mari keluarkan apa yang ada di kepala saya.

  1. Undang para seniman dan jadikan tiang beton monorail itu sebuah ruang untuk street art movement. Bisa dijadikan mural, sebagai kanvas beton, diisi dengan gambar-gambar / lukisan yang menarik namun temanya kritis. Udah deh, grafitti norak yang isinya tulisan-tulisan mencerca pemerintah itu sooo laassst yeaaar. Jengah juga kalo liat penjuru kota dengan tulisan penuh cerca dimana-mana. Mending juga kata-kata gombal dari @anjinggombal kayak ide salah satu orang di timeline saya.
  2. Buat tiang-tiang beton itu menjadi taman gantung. Coba deh liat itu foto foto di atas……… udah? GERSANG BANGET KAN? Warna abu-abu yang sangat glooomy. Sempet cuap cuap ama motulz, dan bener banget, kita bisa jadikan itu ‘pohon beton’ yang hidup, kasih tumbuhan rambat yang menjalar, dan di bagian atas bisa ditaruh pot pot bunga dengan juntaian daun yang jatuh ke bawah.

Jakarta ini kurang banget ruang hijau yang penuh dengan bunga, kenapa engga bangunan atau tempat yang sudah ada namun terbengkalai ini kita alih fungsikan? Entah saya juga kurang paham dengan “perijinan”, tapi bayangin gak kalau kita punya taman gantung begitu?

Ini ada link tentang bagaimana gardening di spot spot sekitar lingkungan rumah, kerja, atau sekolahmu > http://www.guerrillagardening.org/ggtroopdigs.html

Dan ini link menarik http://www.irwanahmett.com ~ dia bermain main dengan isu ibukota yang membuat penat dan menjadikannya menyenangkan.

Yah seperti biasa, ini keinginan saya, tapi kalau ada gerakan yang mensupport 2 point saya diatas. SAYA SENANG BANGET, dan saya pasti akan ikutan involve disitu. 🙂

Saya jadi ingin nyanyi lagu Jacko deh sembari menuliskan postingan ini :

“There Are Ways
To Get There
If You Care Enough
For The Living
Make A Little Space
Make A Better Place…

Heal The World
Make It A Better Place
For You And For Me
And The Entire Human Race
There Are People Dying
If You Care Enough
For The Living
Make A Better Place
For You And For Me”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s