Goodbye, 2011!: Highlight Of The Year

Dari sekian langkah langkah di 2011, saya tidak bisa mengingat keseluruhannya. Namun ada beberapa titik langkah yang membuat saya berhenti dan kemudian diam, ada yang membuat saya berhenti danlalu memutuskan untuk melompat-lompat kecil serta berlari – lari senang. Yang jelas, jika saya menoleh sekarang, di titik titik itu saya meninggalkan jejak yang cukup bermakna, dan saya bisa tersenyum melihatnya. Semoga waktu tidak marah jika saya melupakannya di beberapa bagian yang akan saya tulis berikut ini :

1. Lihat UFO

Yak, tahun 2011 saya dibuka dengan melihat UFO. Ya, guys, believe it or not, but I am sure I saw it. Di malam menjelang pergantian tahun 2010 -2011, di apartemen yang saya sewa bareng temen temen di bilangan Rasuna, saya melihat sebuah benda bercahaya yang bergerak gerak di langit yang hitam dengan kecepatan yang gak mungkin banget kalo itu pesawat terbang. Karena :

  • Terlalu cepat untuk ukuran pesawat yang melintas, karena cahayanya itu bergerak seperti anak kecil kalau memain-mainkan senter.
  • Benda itu mengeluarkan cahaya berwarna kuning agak ke oranye (kalau pesawat biasanya merah dan berkelap kelip)

Saat itu saya dan teman-teman sedang bercakap cakap di teras dan melihatnya benda bercahaya itu melintas, lalu karena terhalang oleh bangunan yang menjulang, kami mencoba pindah ke kamar yang mana view jendelanya mengarah ke hamparan kota Jakarta dan ….. ya langit terlihat jelas dan bertaburan kembang api, namun saya juga melihat benda bercahaya itu di kejauhan, tidak hanya satu, tapi ada 2 dan seperti mereka seperti berkejar-kejaran. Sebagai orang yang sangat suka dengan benda langit dan segala misteri di belakangnya, ya saya yakin banget itu UFO. Dan saya senaaaang! Kyaaa.. Sungguh malam itu istimewa bagi saya <insert emoticon mata berbinar-binar here>, terlepas saya kudu ngepel di malam tahun baru karena teman teman terlalu sibuk berpacaran dan ga peduli gimana kotornya aprtemen yang kita sewa bareng ini. Hu, dimana letak tanggung jawab kaliaaaaan! >.<

2. Dagh Eyang

(foto diambil saat saya wisuda)

Di tahun ini saya kembali kehilangan orang yang saya sayangi, saya memanggilnya Cik Yang, Ibu dari Romo. Saya cukup dekat sekali dengan beliau. Eyang memang sudah punya sakit sejak lama, divonis kanker & tumor, tapi ajaibnya eyang bertahan jauh lebih lama dari yang diperkirakan oleh para Dokter. Eyang punya semangat hidup yang sangat kuat, orangnya sangat baik, ramah, suka jalan jalan, humoris, suka bertemu dan berkenalan dengan orang asing. Lucunya,  Eyang bahkan suka “ekstrim” kalau bersilaturahmi dengan orang yang baru dikenal tersebut. Kadang bisa seperti mengirimkan surat, mengunjungi rumahnya sambil membawakan oleh oleh, menelpon dan lain lain :)). Sebenernya mungkin di saat sekarang hal itu terlihat agak mengerikan ya, tapi karena kepribadian Eyang, orang-orang itu malah merasa sangat senang dikunjungi, responnya positif.

“Orang asing adalah saudara yang belum diketahui”, begitu kata Eyang.


Mungkin kegemaran saya jalan jalan dan bertemu banyak orang sedikit banyak menurun dari beliau. Nampaknya saya memang cucu yang paling special hehe…

Dua tahun belakangan memang kondisi Eyang kurang baik, beliau nampak semakin kurus. Saya sempat menjenguknya sebulan sebelum meninggal, di saat itu juga, kami keluarga diminta untuk memindahkan makam Eyang Romo dari Pandaan ke makam keluarga di Surabaya. Eyang juga sempat menitip pesan, supaya saya menjadi orang yang membanggakan buat orang tua dan keluarga. Klise memang, saya rasa itulah yang pasti diharapkan oleh semua keluarga. Tapi di dalam harapan itu juga tersimpan doa yang maha dahsyat bagi saya. Amin, Eyang, amin.

Ternyata permintaan untuk memindahkan makam Eyang Romo saya itu sebuah firasat, Saat meninggal, Eyang ingin dimakamkan di sebelahnya dan nama mereka bisa bersandingan, walau lewat nisan.

Karena saya adalah cucu pertama, eyang ingin sekali melihat saya menikah, sayang saya belum sempat memenuhi permohonan eyang hingga di akhir nafasnya. Eyang juga juru masak terhebat di dunia, Rawonnya yahud, Sayur Asemnya paling mantap, walaupun kebiasaan Eyang suka mendaur ulang makanan secara ekstrim agak sedikit membuat saya berpikir dua kali saat dia menyajikan menu yang hampir sama keesokan harinya dan keesokannya lagi. Masakan Eyang adalah masakan yang paling saya rindukan sekarang.

3. Jatuh (dari) Cinta

Kalau ada yang bilang saya jomblo 6 tahun di timeline twitter. Aduh tolong ya itu bohong banget -____-. Iya saya memang belum berpacaran (lagi) dari tahun 2008, tapi sesudahnya bukan berarti saya tidak menjalin hubungan dengan seseorang, dan bukan berarti saya tidak mau berpacaran atau berkomitmen. Ada beberapa orang yang keluar masuk di kepala, namun belum ada yang memasuki hati. (tolong ya pemerhati-pemerhati yang budiman untuk memahami ini). Hati saya belum siap.

Di tahun ini, saya kembali lagi berpapasan dengan cinta dan kenalan lagi. Sempat saya merasa sangat bahagia dengan apa yang saya lewati saat itu. Saya seakan mendapat kekuatan untuk bisa menyapa setiap orang setiap hari, tertawa sepanjang hari. Kalo film kartun, kayaknya setiap saya lewat jalan mana gitu pasti langsung tumbuh padang bunga.

Namun, sepertinya, cupid hanya menggelitik saya, saya tidak terbentur dengan cinta, tapi memang hati yang sudah saya siapkan baik baik ini sempat terjatuh, lalu saya menangkapnya sendiri dan membenahinya di sepanjang 2011. Mungkin belum saatnya, mungkin bukan dia, Tuhan menyiapkan rencana lain buat saya. ^ ^

(sempet kemarin menghabiskan waktu dengan orang yang ‘lucu’, tapi gak tau juga deh hahahaha) #bukanngarep

4. Lots of new friends, network, and artworks.

Terpelanting jatuh di satu sisi, melambungkan saya dengan tinggi di sisi yang lain. Tahun ini adalah tahun yang produktif bagi saya, saya mendapat banyak teman baru, saya mendapat banyak koneksi yang membawa saya ke pekerjaan dan project project yang menyenangkan. Kalau di tahun 2009 saya dan beberapa teman mendapat banyak kenalan dari Anjing Gombal, di tahun ini saya dengan piknik asik, cyclor  (sepeda-sepeda gitu deh) dan lain lain.

Berikut beberapa kegiatan yang jadi pelangi-pelangi kecil di sepanjang 2011 :

  • Kemarin saya bahagiaaaa banget karena keinginan saya membuat sebuah “flash mob” kecil-kecilan berhasil dengan sukses dengan MP3 Experiment Piknik Asik. Kamu bisa liat liputannya yang di Metro TV di sini .
  • Tahun ini saya sempat muncul di beberapa majalah, koran, serta TV. Itu berkaitan dengan beberapa kegiatan & komunitas yang saya ikuti. Mwehehehe.

Sayang banyak yang gak didokumentasiin. Tapi gpp lah, dikit aja yang dipamerin ntar malah dikira sombong, tapi emang beneran seneng kok hahahaha :))

  • Mengenal banyak orang yang sangat cool & creative. I can’t count! Gila banyak banget, yang jelas mereka menambahkan banya efek di hidup saya ini jadi lebih berwarna. Thank you, guys. 🙂
  • Buku 4 Elemen by @thehermes & friends. Di buku ini saya menyumbang 1 buah puisi. Hasil penjualan buku disumbangkan untuk bencana alam, kamu bisa pesan bukunya di sini atau mau mendengar saya membacakannya di sini 🙂
  • Di akhir 2012, dua cerpen saya juga ikut meramaikan buku “Cerita Sahabat” nya mbak Alberthiene Endah. Akhirnya saya bisa melihat nama saya di jejeran rak rak toko buku besar, sesuatu yang pernah iseng saya gumamkan saat di bangku SMP dulu. Kyaaaaa *masih lanjutin lompat lompat karena seneng*. Buku saya sendiri? EHEEEEM!! Mudah-mudahan bisa di 2012 ya. AMIIINNN (beri saya kekuatan untuk bangkit dari rasa malas). #selftoyor.
  • Oiya, saya sempet melatih bersepeda di salah satu sekolah dasar di Penggilingan. Tempatnya jauh bangeeet, 40 km kalo bersepeda. Haha. Lalu di pertemuan kedua sih saya naikin sepeda ke kereta api, another new experience. Saya sempat ceritakan di sini. Seruuu, mudah-mudahan rencana awal 2012 untuk kembali bertemu dan bermain bersama mereka kewujud.
  • Diundang kampus sendiri sebagai pembicara dalam hal Social Media. ……….. #kemudianhening. MWAHAHAAH. Jadi kampus ngundang saya untuk sharing bersama pembicara lainnya (yang udah cukup punya nama) tentang positifnya ranah Social Media gitu deeeh, saya sih cukup aneh sebenernya saat ditawarin, lah kan bukan orang yang piawai di bidang itu. Tapi alhamdulillah, saya bisa kasi materi yang gak malu-maluin lah, intinya bisa sharing dan menyumbang sesuatu untuk almamater ^ ^

5. Trip. Trip. Trip

Ngaku suka jalan jalan tapi jarang banget trip yang agak jauh gitu >.<. Maka di penghujung tahun memaksakan diri untuk berlibur dan mengunjungi tempat tempat yang gak tau kenapa bisa pop out in my mind. Solo minggu lalu, bisa baca ceritanya di blognya Jia Effendie, dan nanti malam akan pergi ke Sawarna dan melewatkan malam tahun baru disana. Saya ga tau Sawarna itu dimana, spontan ikutan salah satu biro perjalanan. Sengaja ga mau melewatkan dengan teman teman sendiri, ingin cari sesuatu yang baru, sekalian introspeksi & retrospeksi. *halah*

Semoga langkah langkah saya di tahun berikutnya selalu lebih baik, semakin besar dan mantap menjejak. Lebih banyak mimpi yang diciptakan dan diraih. Amin

See you in 2012!

Happy New (BRIGHT) Year! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s