The Results!

Selama kurang lebih dua tahun terakhir ini saya emang mulai aktif untuk berolahraga, dari mulai ikutan Masterbootcamp yang dipimpin oleh Carlo, rutin lari (walau beberapa bulan terakhir bolong), pilates (tapi gak dilanjutin lagi karena ga ada waktu) dan daftar gym di Celebrity Fitness di bawah kantor. Tak lupa ikutan event event kaya Sebelasthlon gitu. Demi apaaaa? #DemiBadanAndien2014 :)))

Nah, emang sih selain olahraga, sebenernya yang harus dijaga itu adalah makanan, ini yang aku sering gagal. Aku belom pernah mencoba satu ragam diet pun, dari paleo atau diet lainnya. Jadi kalo aku menimbang Body Fat, makannya masih berantakan gituu Body Fatnya ga turun >.<

Body Fat itu apa sih? Body fat itu  persentase dari berat badan yang diukur dari lemak yang ada dalam tubuh. Inilah alasan kenapa misal ada dua orang dengan tingginya sama, beratnya sama tapi bisa keliatan beda ukuran tubuhnya, selain karena besarnya tulangnya ya mostly karena Body Fat ini gituuuuu… Aku ngeceknya pake timbangan khusus di gym sih, eh di Masterbootcamp juga ada.

Maret kemarin aku sempet membuka IG @KelinciTertidur, awalnya saya tau dia karena saya suka banget mixtape yang dia buat di 8 Tracks dan ternyata masih sepertemanan gitu kita. Nah di IG nya dia punya program #Ayshealthyascanbe, dimana dia diet dan berat badannya kembali normal, diikuti sama temen-temennya sehingga sekarang dia bikin kateringnya gitu. Aku penasaran pengen nyoba dan baru keturutan di bulan Juni ini.

Lucunya sih kalo paketan dia, di tiap batchnya dia punya souvenir khusus buat para peserta, dikasih mixtape gitu dan artwork dari temen-temen ilustratornya. Kebetulan di batch aku yang ke 9, aku bikinin puisi bertema “semangat diet” dengan balutan mixtape lagu lagu The Beatles.

Puisi untuk #AysHealthyAsCanBe
Puisi untuk #AysHealthyAsCanBe

Oiya, aku ambil paket Diet Mayo. Eitttssss, dietnya ini bukan ga boleh makan mayonaise yaaa, sama sekali bukan. Diet ini tuh gak boleh makan nasi, air es dan juga garam selama 13 hari.

Ga makan nasi aku mah ga masalah

Ga minum es juga ga masalah

TAPI GARAAAAAAAMMM. YA TUHAAAAN.

Terus terang aku ini orangnya pencinta garam kelas kakap bandeng teri hiu dan sebagainya. Tanya ama temen temen deh, aku mau makan apa juga pasti ditaburin garam. Makanan favorit? Nasi anget yang dikepel baru keluar dari Magic Jar & dibubuhin garam. Jadi so pasti yo ini diet sangat menantang sekali bagi eykeee…..

Jadi, makan garem berlebihan itu sebenernya ga baik. Apalagi garam yang sering aku konsumsi itu sebenernya adalah ‘ampas’, mineral-mineral penting yang diperlukan oleh tubuh udah gak ada lagi. Yang bagus adalah garam himalaya. Cek tentang garam-garaman ini di sini ya. Abis ini mau ganti dengan garam yang lebih sehat.  Oiya, nasi juga banyak yang menggantinya ke nasi merah sih, karena lebih banyak serat dan lebih sehat.

Lanjut soal Diet Mayo ya. Esensi dari diet ini adalah “merestart” metabolisme badan/detoks. Nah turun itu sebenernya adalah bonus. Kalo diliat dari daftar menu yang dikirimkan sih ya emang jadi mendisiplinkan diri untuk sarapan, rajin makan sayur dan buah, serta makan di jam jam yang ditentukan. Memang mengarahkan orang untuk hidup sehat. Kabarnya juga kimia tubuh akan membaik dan setelah Diet Mayo tidak bisa gemuk lagi.

Lah kalo ga makan nasi, makan apaan Ne?

Bisa diganti ke kentang dan ubi ubian sih tapi ada takaran khususnya, makan ayam dan daging juga koook. Tapi ya itu, tanpa garam. Untuk menu Diet Mayo apa ja bisa googling atau klik ini : yang disiapkan si Ay @kelincitertidur. Bisa masak sendiri, tapi kalo kaya saya yang ga telaten bisa ikut kateringnya. Ini contoh masakan Diet Mayo #ayshealthyascanbe:

Screen Shot 2014-06-23 at 10.41.30 AM

Gimana ne rasanya makan ga ada garam?

Hari hari pertama sih ga masalah, karena kayaknya saya masih kebawa sama jenis makanan selama 3 minggu di Eropa, di sana kan hambar-hambar yah. Nah baru deh tuh godaan dimulai ketika memasuki setelah hari ke 7. Saya mulai eneg , mual dan ga berhasrat makannya, kangen garam sangat!

Namun rupanya kata Yayi, ini wajar. Berikut yang dikutip dari perbincangan dengannya:

“Memang wajar kalau mungkin kamu akan merasakan lemes, pusing,mual atau sedikit gangguan pencernaan.. sabar yaaah.. itu adalah signal dari tubuhmu yang sedang melakukan penyesuaian dan pembersihan aka detoksifikasiii”, Yayi 27 tahun dan mencari pria yang sedang mencari calon istri *ditabok*

Jadi saya menguatkan diri untuk tetap semangat! Sempet ga mau makan ayam, saya diminta menggantinya dengan telur rebus, serta harus minum air 2 liter sehari.

Nah ini adalah penampakan hasil dari rentetan exercise serta diet mayo di hari ke 11 🙂

Perbandingan sebelum dan sesudah diet

Berat badan: 54  —> 50 kg

Lingkar pinggang: 71,5 —>  68

Lingkar perut: 83,5 —> 78

Lingkar pinggul : 88 —-> 86,5

Lingkar lengan: 29 —> 26,3

Cukup #BodyAndien2014 kaan ya? :))
Cukup #BodyAndien2014 kaan ya? :))

Paling demen sama lengan ama perut sih. Akhirnyaaaa, seperti saat aku kuliah XD. Baju baju jadi pada kegedean nih, mostly turun 1 ukuran gitu, jadi ke US 4 atau size S/M (hmm garage sale soon?)

Jadi Rahne kelar nih Diet Mayo 13 harinya?

Saya mau bikin pengakuan …..

>.< >.< >.< >.<

saya gagal di hari ke 12 , malam harinya….

>.< >.< >.< >.<

Kesalahan saya adalah, setelah hari ke 7 Diet Mayo saya cenderung ga menghabiskan makanannya, karena ga bisa ditelan, tubuh saya nolak gitu jadi saya substitute sama telur, yang bisa masuk hanya itu sama buah & wortel. Saya juga sempet dehidrasi karena kurang minum (ga sampe 2 l per hari) , sempet agak berkunang-kunang pas ambil Race Pack #BCAElectrorun.

Emang sih sayang tinggal sehari lagi yah, tapi aku tau kemampuan badan saya dan kayanya saya ga bisa bertahan sehari lagi, masak iya aku ga makan? Malah esensi detoxnya ga ada dong, karena ga ada apapun yang masuk.

Jadi aku gak Cumlaude nih di  Diet Mayo. Ada rasa kecewa sama diri sendiri karena gak bisa konsisten tapi heeeeeyyyy i’ve made this far, 12 days of no salt. Itu kemajuan besar bagi aku, dan aku tetap yakin detox selama 12 hari ini bermanfaat Insya Allah, dan ke depannya karena badan sudah merasa “reset” kembali, aku akan mencoba hidup lebih sehat. Makan apa yang dibutuhkan oleh tubuh dan bukan yang diinginkan. Akan menghindari ritual “tabur tabur garam” sebelum makan dan memperbanyak minum air putih serta rutin berolahraga. Semoga badan ini tetap terjaga kaya gini hingga aku hari H ya, doakaaan hahaha.

Yuk! Olahraga & hidup sehat, ga ada kata telat buat memulai. Kita yang memiliki badan, kita jualah yang harus menjaga.  🙂

Rahne yang (ngerasa) udah #BadanAndien2014 :p

*coret wishlist*

XOXO

UPDATED 15 OKTOBER 2014 

Banyak yang nanya menunya apa apa aja. Juklaknya sebenernya beredar di google sih, kalo yang ini adalah yang didapat dari program #Ayshealthyascanbe yang aku ikuti yaa 🙂

Screen Shot 2014-10-15 at 1.30.33 PM

120 thoughts on “The Results!

  1. Mb rahne, maaf mau tanya lagi masih penasaran soalnya. Kmren pas catering di kelinci tertidur, yg pas menu daging goreng ato ayam kukus rasanya gmn? hambar aj gt ato ada rasa bumbu rempahnya? Hari ini hari ke 2 saya ikut diet mayo. Moga berhasil nih. Makasii sebelumnya…

    Like

  2. Mbak kalau lagi diet mayo boleh masukin gandum (dalam bentuk roti gandum, oat, atau sereal) ke dalam menu tidak? Terus apakah tidak boleh menambahkan madu atau sedikit gula gitu mbak? ( misalnya kalau masukin bubur kacang ijo non santan).. Makasih mbah sebelumnya.. Aku lagi jalani diet mayo soalnya.. hihihi..

    Like

  3. Mbak Rahne, kalo selama diet mayo ini, boleh ga minum teh diluar jam sarapan? misalnya siang atau pas malam…soalnya saya punya kebiasaan minum teh tawar panas terutama pas dikantor.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s