Cerita Gigi

Akhirnyaaaa setelah 3 tahun lebih, aku copot behel juga. Yippi kay yey! Kok lama banget, Ne? Iyaaa soalnya daku sangatlah jarang check up hahaha *ditoyor dokter*. Itupun sebenernya belom kelar-kelar banget sih, tapi karena daku tidak ingin senyuman yang tertangkap kamera di hari nikahan bakal dihiasi dengan pagar pagar besi di mulut, jadi 2 bulan sebelum menikah aku pake SKS! Sistem Kebut Seminggu.

Atas: awal berbehel / Bawah: setelah dicopot
Atas: awal berbehel /
Bawah: setelah dicopot

Bayangkeeun dari yang biasanya 2 bulan atau 6 bulan sekali jadi check up tiap seminggu sekali hahaha. Untung dokter aku baik dan mendukung walopun dia agak ngeri dengan kekuatan gusi (karena harusnya kan sebulan sekali ya), jadi kekejar-lah walau belum sempurna-sempurna amat.

Jadi kalo diitung-itung, daku tuh lebih sering ke dokter gigi ketimbang ke salon. Kalo diitung-itung juga, biaya medical yang aku abisin tuh kebanyakan untuk gigi, kaya sakit gigi, perawatan akar, gingivitis, karang gigi dll. Makanya, penting deh merawat gigi sedari dini. Daku tergolong yang telat. Setelah menikah, aku juga jadi mikir bakal merawat gigi keluarga dengan sebaik mungkin ke depannya. Amiiin 🙂

Gingivitis itu apa sih ne?

Diambil dari http://rawatgigiku.co.id/ (enak nih ada website yang khusus bahas soal gigi). Gingivitis adalah salah satu gangguan gigi berupa pembengkakan atau radang pada gusi. Sebagian besar wanita mengalami penyakit ini selama masa kehamilan, terutama pada bulan kedua sampai kedelapan masa kehamilan, disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron. Hal ini dapat membuat kondisi mulut tak nyaman, gusi bengkak, gusi berwarna merah dan berdarah.

Jadi dari pengalaman aku, gusi aku tuh gemuk-gemuk gitu. Itu terjadi karena penumpukan plak, akibat dari sikat gigi yang kurang bersih. Ya-abis gimana ya, kalo pake behel kan gigi ketutupan kawat tuh, mana biasanya udah pengen cepet2 bobo lagi, jadi sikat gigi suka buru buru.

Kalo Karang Gigi itu apa?

Coba kalian nyengir ke kaca, trus perhatikan bagian gigi yang dekat gusi. Ada bagian yang berwarna kuning, kecoklatan atau hitam ga? Atau kalo mau tau bentuknya bisa cek gambarnya di sini , daku ga mau pasang imagenya karena takut ganggu pemandangan kalian =)). Naah kalo ada itu harus disingkirkaan, karena itu penyebab bau mulut, nafas tidak segar, gusi berdarah dan juga bisa bikin gigi turun, goyang atau patah. Oiya semua orang juga pasti mempunyai potensi punya karang gigi lho…

Nah dari intensitasku dalam bertemu dokter gigi yang cukup tinggi, aku sering dikasih tips (dan dimarahin) soal cara #rawatgigiku.

  1. Sikat gigi harus bersih. Sikatnya satu per satu gigi. Minimal total gosok gigi kalo bisa 2-3 menit dan 2x dalam sehari. (jika diperlukan, sikat gigi abis selesai makan, atau kumur-kumur)
  2. Gosoknya jangan ke kanan kiri, tapi atas bawah. Perhatikan sela sela gigi, pastikan tidak ada sisa makanan yang terselip.
  3. Sikat juga bagian dalam gigi, baik gigi atas & gigi bawah
  4. Sikat juga lidah dan langit-langit.
  5. Pilih sikat gigi yang lembut. Jangan yang terlalu keras bahannya, takutnya malah bisa merusak gigi.
  6. Ke dokter gigi min 6 bulan sekali untuk ngecek karang gigi. Kalo ada, langsung discalling.
  7. Minuman suplemen kalsium (biar tulang & gigi kuat)

Standar ya? Emang standar, tapi pastikan bener-bener melakukannya. Karena biasanya gerakan mandi, sabunan, sikat gigi itu kan dilakukan tiap hari kaaan, seringkali jadi auto pilot gitu dan jadi ga terlalu memperhatikan secara detail gerakan dan kebersihannya. Pastikan gerakan auto pilot dalam menggosok gigi udah bener 🙂

Pasta gigi juga penting, pilih sesuai kebutuhan ya. Daku senang niiiih, karena baru dikirimin hampers sama Ciptadent. Isinya ada pasta gigi Ciptadent Maxi 12 dengan varian Fresh Spring Mint, Cool Spring Mint dan Spearmint, juga ada yang varian Ciptadent Maxi White & Ciptadent Maxi Herbal! Yay komplit! 

Elmo say thank you @CiptadentID
Elmo say thank you @CiptadentID

 Makasiiih ~

Ciptadent telah hadir selama 120 tahun di Jepang dan dipakai oleh keluarga Jepang generasi ke generasi; Di Indonesia, Ciptadent sendiri telah hadir lebih dari 25 tahun looh, seumuran akuuuuu *kemudian idung panjang*. Mereka juga punya social media loh. Silakan like fanpagenya atau follow twitter @CiptadentID untuk konsultasi perawatan gigi keluarga 🙂

Oiya, di website http://rawatgigiku.co.id/ ini juga bisa konsultasi ama dentist looooh yang akan dijawab secara berkala, jadi kalo belom punya waktu ke dokter cuzzzz bisa tanya tanya di websitenya + kamus istilah gigi & mulut serta fakta/trivia menarik.

Punya cerita #rawatgigiku versi kalian? Atau cerita seputar behel? Share doong di comment 😀

5 thoughts on “Cerita Gigi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s