Dapur Miku Riku : Fried Calamari

Si Miku penasaran pengen nyoba masak cumi. Jadi saat belanja bahan masak mingguan, kita memutuskan untuk membeli temen kerjanya spongebob ini. Ada dua menu yang kita coba.Β 

Greek Style Lemon Squid

Bahan: air lemon (1/2 buah peras), cumi cumi 200 gr, bawang putih, parutan kulit lemon (sejumput), garam, daun bawang.

Cara membuat: rendam cumi cumi dalam air lemon selama 5 menit, tiriskan, biarkan agak kering. Panaskan wajan, tumis bawang putih, dan parutan kulit lemon. Setelagnya masukan cumi cumi, masak dengan api sedang, masukan garam. Saat mencicipi, aku merasa lemonnya sangat kuat, jadi diputuskan untuk ditambahkan air dan kecap. Jadi kaya tumis cumi hahaha. Kemudian masukin daun bawang, sajikan.

Hasilnya gak greek greek amat soalnya ditambahin kecap :)), tapi kejutan asam dari lemon sungguh nempel di lidah. Maaf, gak ada foto soalnya ingetnya pas udah ludes makanannya. Next kalo masak lagi, langsung ditambahkan di postingan ini ya πŸ™‚

Karena bahan cumi cumi nya masih ada. Kita memutuskan untuk mencoba resep kedua;

Fried Calamari

Bahan:

susu cair, tepung bumbu merk apa saja (boleh tepung biasa tapi ditambahin garam, merica, & garlic powder), cumi tentunya dan dua putih telur.

Cara membuat:

image2 (1)

Rendam cumi cumi ke dalam susu, secukupnya aja sampai semua bagian cumi terendam. Karena buat sarapan esok hari, kita taruh di kulkas semalaman. Oh iya, iseng, nambahin sedikit kulit jeruk lemon (sisa masakan sebelumnya) ke dalam rendaman.

Siapkan 3 bahan celupan

image1

1. Adonan basahΒ : tepung bumbu + air + es + sedikit merica + sedikit daun bawang

2. Adonan putih telur

3. Adonan kering: tepung bumbu + garlic powder (ini sih selera aja)

Setelah cumi ditiriskan dari rendaman. Masukan ke bahan bahan di atas dengan pola. 2 -1 -2 – 3. Dimulai dari putih telur, ke adonan basah, ke putih telur, ke adonan kering. Lalu goreng.

Wohoooo! Rupanya rendaman susu bikin cuminya jadi moist banget! Inilah hasilnya

image3
Fried CalamariΒ #DapurMikuRiku

Oh, calamari disajikan di atas hash browns. Nah hash browns ini masih agak gagal sih, rasa udah enak tapi bentuk belum. Kalo udah berhasil nanti di share.

Bon apetitoooo ~~

2 thoughts on “Dapur Miku Riku : Fried Calamari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s