Cemilan Sehat untuk Anak

Trah udah almost toddler nih dan dari semenjak start MPASI sampai sekarang aku belum sempet bikinin popsicle buat dia masaaaaaa. Sempet baca di beberapa artikel & blog, popsicle atau es loli ini bisa jadi alternatif cemilan & juga bisa soothing teething tot pada baby loh, tentunya untuk bayi yang sudah MPASI yaaa.

Karena akhir-akhir ini Trah agak bosen makan buah, langsung kepikiran untuk cepet-cepet bikin #SerunyaMakanBuah popsicle pake buah-buahan yang ada di kulkas, toh di rumah ada blender Philips yang udah sepaket ama cetakan es loli isinya 6 buah. Jadi bisa bikin buat sekeluarga. Karena Trah udah suka lirik-lirik makanan yang aku pegang. Jadi kita bisa makan popsicle buah bareng-bareng.

Pas aku buka kulkas, masih ada stok 4 jenis buah-buahan: Semangka kuning, Strawberry, Kiwi, Buah Naga. Asiiiiik bisa bikin banyak variasi nih.

IMG_0850.JPG

Sebenernya, gampang banget sih bikin popsicle buah. Yang diperlukan hanya buah-buahan, blender, cetakan popsicle, udah, thats it!. Tapi popsicle ini pasti bakal jadi cemilan paling disukai anak-anak dan kitanya juga hepi, karena bahan-bahannya kita tahu sendiri dari buah-buahan yang banyak vitaminnya. Plus pengerjaannya di rumah, terjamin kebersihannya. Jadi seruuu nikmatin buah-buahan bareng keluarga ๐Ÿ˜€

Konsumsi buah yang cukup berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah, dan mengurangi resiko obesitas. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan 300-400 gram perorang perhari untuk anak balita dan anak usia sekolah.

IMG_0852.JPG

#1: Dragonfruit Popsicleย 

Bahan-bahan:

  • Buah Naga yang sudah dicuci ukuran sedang, potong-potong dadu
  • Air 30 ml atau secukupnya
  • 3 sdm yoghurt rasa plain sweet (ini bisa diganti yang rasa lain juga gpp sih, atau diganti madu)
  • Irisan kiwi untuk hiasan

Cara membuat, masukkan buah naga + yoghurt. Blender. Voila!

IMG_0854.JPG
Masukkan yoghurt, bisa berbarengan atau setelah buah terblender

IMG_0855.JPG

Penataan di popsicle, aku iris sedikit kiwi dan taruh di cetakan. Supaya hasilnya jadi lebih manis dilihat ๐Ÿ˜€

IMG_0857.JPG
Taruh potongan kiwi di bagian kanan kiri cetakan
IMG_0859.JPG
Tuang deh

#2 Summer Popsicle

 

Bahan-bahan:ย 

  • Semangka Kuning (sekitar 5 iris potongan segitiga)
  • Susu (dikit aja paling cuma 10 – 20 ml) – boleh ASIP atau Susu Formula
  • Irisan kiwi untuk hiasan

(Sayang lagi ga nyetok mangga, kayanya buah semangka campur mangga jadi enak banget)

Cara pembuatan sama seperti sebelumnya (tapi blendernya jangan lupa dicuciย dulu ya)

IMG_0861.JPG

IMG_0863.JPG
Hiasan potongan buah kiwi, bisa diganti apa aja sih, irisan pisang juga boleh.ย 

#3 : StrawKiwi Popsicle

Bahan-bahan:ย 

  • 10 buah strawberry lokal ukuran sedang (jangan lupa untuk buang dulu daun2nya) potong 2 dadu.
  • 1 buah kiwi ukuran sedang
  • Yoghurt 3sdm
  • Air matang secukupnya atau susu juga boleh.
  • Irisan kiwi untuk hiasan

Cara pembuatan:

IMG_0866.JPG

Sama seperti sebelumnya, tinggal cemplungin semua bahan & blender. TARAAAA siap dimasukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 5-6 jam.

IMG_0868.JPG
YAAAYYY….

Tips: Oiya kalo masukin ke cetakan kalo bisa sampe agak penuh ya biar nempel ke gagangnya. Usahakan sampe ga keliatan ada kosongnya gitu

Untuk blender, aku pake Philips tipe HR2116. Enak deh udah spaket ama 6 cetakan popsicle. Lumayan banget kaaaaannnn. Dengan kapasitas 2 L ini cukup banyak dan bisa bikin popsicle buat keluarga + tetangga juga bisa :D, warna-warna lainnya kalo di cek diย http://bit.ly/28KAgmOย juga banyakkkk dan lucu lucuuuuu

Pas aku perhatikan, bagian bawah blender ada karet yang nempeeeeell banget ke meja, bikin blender ga geser2 saat bekerja. Plus pencuciannya gampang banget, ada tombol quick cleannya jadi tinggal isi air bersih dan blend lagi, cepet bersih deh! Kalau mau giling/blend bumbu juga bisaaaa, ada aksesorinya lagi sudah termasuk di pembelian blender Philips. Senangnyaaa, buat yang mau beli blender, Philips lagi ada promo juga, silakan langsung klik : http://www.philips.co.id/id/c-w/promotions/promoblender.html

IMG_0880.JPG

IMG_0869.JPG
Trah yang mencoba merebut Popsicle yang belum jadi. Dia suka warna-warnanya kali yaaa

Trah udah mulai bisa makan makanan orang tuanya, sebisa mungkin aku juga menyajikan yang sehat dan terbaik di rumah. Karena anak akan mencontoh orang tuanya, kalo kita ga mau anak makan cemilan yang ga sehat, sebisa mungkin kita orang tuanya juga tidak memakan itu (ataupun misal makan, usahakan ga di depannya). Penting untuk membiasakan gaya hidup sehat ke seluruh keluarga, supaya jadi contoh dan diikuti oleh anak anak kita.

IMG_0875.JPG

IMG_0874.JPG

Ini dia hasilnya. Popsicle #SerunyaMakanBuah ๐Ÿ˜€

Tips membuka popsicle: Tarik pelan-pelan ujung gagang dan cetakan. Somehow aku merasa cetakan popsicle dari Philips ini oke, ga perlu dikasih air dulu untuk membukanya. ๐Ÿ˜€

IMG_0883.JPG

Ada yang punya resep popsicle lain? Untuk anak usia di atas 2 tahun mungkin udah bisa lebih variatif yaaaaโ€ฆ. Silakan share di comment atau tag IG aku buat ekperimen #SerunyaMakanBuah di rumah, atau ibu ibu bisa cek di tagar #SerunyaMakanBuah dan #PhilipsHealthyTips.

Yang masih mainan Facebook, bisa join di fanpage Philips Home Living ID : https://www.facebook.com/PhilipsHomeLivingID/ pantengin ajaa, banyak informasi bermanfaat bgt.

 

See you when i see you (here on my blog)!

cropped-cropped-carouselofmemories.png

www.rahneputri.com

 

2 thoughts on “Cemilan Sehat untuk Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s