Kulit Jerawat Nyoba skincare-an pake Ristra : Review Ristra 4 Steps [GIVEAWAY]

Jadi, bulan Oktober kemarin resmi menjadi bulan breakout sedunia bagiku. Padahal bulan Juni – September kulit udah jauhhh mendingan huhuhu, rangkaian skincare juga ga ada yang berubah tapi memang pola makan aku ga bener sih, aku kebanyakan mengonsumsi dairy product dan aku super sibuk karena lagi ikutan workshop yang makan waktu 10 hari yang berjalan dari pagi ampe tengah malem dan bikin jadwal makan & tidur berantakan, plus ruangannya super dingin. Belum lagi pas selama training nginep di rumah mertua yang mana aku lupa bawa beberapa perlengkapan perang untuk day & night routine, shampoo, pelembab, dll. BLARRR jadi jerawatan deh.

Nah awal November, aku dikirimin Ristra 4-Steps. Sebenernya masih maju mundur mau nyobain, tapi aku inget-inget lagi Ristra tuh kayanya produk dari dulu banget deh, dan bener.. pas aku googling-googling Ristra sudah ada sejak tahun 1980an, pantes sih aku inget juga mamaku dulu sering banget nyebut-nyebut soal kliniknya. Untuk sebuah produk bisa bertahan lama… pasti teruji & sangat bisa dipercaya ya? Dan lalu aku tertarik banget dengan term di belakang merknya “Cosmetodermatology”.

Apa itu Cosmetodermatology?

Cosmetodermatology adalah sebuah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari teknologi kosmetik & kulit. Nah pendirinya, Dr Retno Iswari Tranggono SpKK (yes… RISTRA ini diambil dari namanya) adalah seorang Cosmetodermatologist (dokter spesialis kulit yang ahli di bidang kosmetik) dan dari dulu dikenal sebagai pelopor kosmetik berbasis medik di Indonesia (kemana ajaaa, Neee… baru tauuu)

Nah karena Ristra ini Dermatologically Tested (telah teruji klinis oleh dokter spesialis kulit dan juga ahli di bidang kosmetik)I ni sih yang akhirnya bikin aku mau nyoba.

Selain itu, Ristra ini diformulasikan khusus untuk kulit tropis. Aku sebenernya curiganya selama ini kenapa sering gagal kalo ngikutin skincare yang >7 step itu karena cuma ngikutin tren skincare doang tapi ga liat untuk kondisi iklim yang seperti apa? Aku ga bener-bener ngecek dulu lebih lanjut soal jenis kulit dan bagaimana kondisi kulit menghadapi musim tempat aku riwa riwi mencari sesuap nasi di Jakarta yang notabene adalah ibukota negara tropis yang penuh polusi, terik matahari , udara lembab nan gerah yang hakiki tapi dikit dikit masuk ruangan AC .____. –

Indonesia cuma punya 2 musim. Coba cek deh kulit kalian kalo pas melewati 2 musim ini, ada perubahan ga? Nah breakout aku nihmuncul sepertinya karena mulai pergantian musim juga (dari kemarau ke hujan). Makanya skincare tetep, tapi kok hasilnya beda dari sebelumnya. Untuk perempuan yang tinggal di negara iklim tropis membutuhkan skincare yang diformulasikan khusus untuk kulit tropis, yaitu skincare dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi, pH balance & UV protection.

* manggut-manggut *

Baiklah, mari kita coba rangkaian skincare dari Ristra Cosmetodermatoly yang dinamakan 4-steps ini. 4 Langkah dasar perawatan kulit cantik dan sehat dari kini hingga nanti, Bismillah!

IMG_5136.PNG

IMG_5137.PNG

Dua produk dalam rangkaian pembersih Ristra: cleansing milk & med soap ini di kulit aku bener-bener lembut banget. Lembut dalam artian, ga kerasa perih-perih di kulit, merah-merah, jadi gentle rasanya. Med Soap juga ga bikin kulit ketarik… dan tau lah kalo produk bikin kulit kaya ketarik berarti kaya gimana? Malah bikin kering. Nah ini engga sama sekali. Personally, aku menggunakan rangkaian ini kalo di malam hari aja, di pagi hari aku skip karena kulit aku super dehidrasi, jadi cuci muka pakai air aja dan langsung ke step 2.

IMG_5135.PNG

Toner Ristra juga mild dan gentle banget, ga sama sekali bikin semriwing di kulit saya yang berjerawat. Meskipun lagi kena jerawat yang mateng dan terbuka, dia ga nyess gitu. Oiya, please kalo pake toner atau mengusap wajah dengan kapas.. bersihiinnya bukan diusrek-usrek ya. Tap tap halus aja biar kulit ga ketarik-tarik dan bikin gampang keriput hehe… Setelah toner, nah.. kelembapan ini harus segera dikunci, dengan cara step selanjutnya.

IMG_5141.PNGSemua jenis kulit itu butuh pelembab, bahkan yang kulitnya berminyak juga butuh. Nah jerawat aku ini terjadi karena kulit aku super dehidrasi, berminyak tapi dehidrasi. Nah, loh. Jadi pelembab itu penting biar kulit ga breakout. Kalo di udara yang kering AC terus, harus sering-sering pakai pelembab juga. Atau aku biasanya pake face spray moisturizer (semoga Ristra juga bikin).

Nah kemudian, seminggu sekali (karena kulit aku super dehidrasi) aku lanjutkan ke step 4, meregenerasi.

IMG_5144.PNG

Mengangkat sel-sel kulit mati itu penting, tapi juga jangan sering—sering. Untuk kulit normal / berminyak bisa 2-3x/ minggu, tapi untuk yang kering dan dehidrasi kaya aku cukup 1x seminggu. Yang aku suka dari scrub ini, lembut banget dan ada sensasi dingin dikiiit. Caranya oleskan ke wajah, gosok perlahan memutar dengan arah ke atas selama 1-1,5 menit. Bilas dengan Med Soap & air.

Selain 4 steps di atas, yang juga penting untuk kita dengan kulit tropis adalah suncreen dengan SPF yang cukup agar kulit sehat dan terlindungi setiap hari. Sinar UVA ini yang bikin kulit aging & keriput, UVB bikin kulit terbakar. Aku tuh berharap rajin pake sunscreen dari zaman sekolah… hiks, telat euy makenya. Nah Ristra Suncare ini juga punya formula pH balanced & Cosmetodermatologically tested. Bisa digunakan laki-laki, perempuan dan juga anak-anak usia 5 tahun ke atas! Mengandung SPF 17 yang disesuaikan dengan iklim tropis.

IMG_5147.PNG

Ini sudah hampir sebulan make Ristra Cosmetodermatology dan dibantu juga dengan Facial, atur pola makan, dan wajah jauh membaik. Denger-denger sebenernya ada juga rangkaian khusus Acne, nah jadi pengen nyobain juga sih, soalnya yang ini juga udah kebantu menenangkan kulit.

Sekarang, skin goals aku tuh ga muluk-muluk, bisa bebas dari breakout dan bisa punya kulit yang awet muda dan cantik kaya Ibuku. Ibu tuh, usia udah 62 tapi sering dibilang kaya usia 40an. Aku yang udah 30an ini juga pengen terlihat 20an selamanyaaaa…aging gracefully seperti beliau. Dulu tuh Ibu emang sering sih ngasih tau soal skincare, tapi akunya dulu tomboy dan ga dengerin pesan beliau huhuhu. Nyesel deh sekarang.

Jadi sekarang, bener benerrrrr mau milih yang terbaik buat wajah dan kulit. Karena nanti, pas udah bisa ambil rapot Trah… aku mau dibilang Ibu yang keren dan awet muda juga sama semuanya hahaha.

GIVEAWAY

Eh mumpung mendekati hari Ibu, masih inget ga pesan-pesan dari Ibu seputar tips kecantikan buat kalian? Share di komen ya, 1 pemenang beruntung akan mendapatkan hadiah Paket Ristra 4 Steps kaya yang aku pakai ini.

  • Follow IG @rahneputri & likes minimal 3 postingan di situ
  • Tulis komen bebas asal nyambung di kolom blog ini
  • Beri akun IG / twitter kalian di akhir komen untuk mempermudah menghubungi.

Good luck!