Alasan Kenapa Bekerja Lagi [Plus Review XL GO Izi]

Taraaaa,

Tidak terasa sudah memasuki Q2 di tahun 2019. Gileee waktu cepat sekali ya teman-teman. Kalau di akhir 2017 kemarin saya memilih untuk resign dari kantor, nah di awal tahun ini saya membawa kabar bahwa saya kembali bekerja. Nanti kenapa saya mau review juga XL GO Izi, modem mifi 4G yang bikin back to work saya super easyyy… baca sampai bawah ya :*

IMG_2627.jpg
Compact banget enak dibawa-bawa 

Sebenernya, saya ga pernah benar-benar berhenti bekerja sih. Di 2018 lalu saya masih bekerja secara freelance. Saya bantuin livinglovingnet sebagai digital strategist & client relationship, bantuin temen untuk jadi digital publisis beberapa film Indonesia, serta jadi content creator buat aset saya sendiri di instagram dan juga blog ini. Intinya, masih sibuk juga sih. Emang kayanya saya tuh ga betah ga kerja hahahaha.

Akhir tahun lalu saya dapat penawaran lumayan menggiurkan. Saya dipinang untuk membantu salah satu start-up yang fokus untuk empowering (mendukung) para Ibu menciptakan pilihan terbaik buat keluarganya. Karena isunya dekat dan selaras sama apa yang sedang aku jalani dan perjuangkan (mendukung perempuan untuk berdaya dan berkarya), aku tertarik!

Tapiiiii sebelum aku mengIYAkan. Aku membicarakan banyak hal dengan mereka. Salah satunya adalah, membicarakan tentang value & misi yang aku jalankan dalam hidup apakah bisa selaras dengan mereka. Syukurlah mereka mau dan setuju! Dan begitupula dengan permintaan aku dengan bekerja 3x seminggu hehehe (tapi dengan komitmen menyelesaikan pekerjaan tepat waktu juga).

Kenapa menyelaraskan value hidup dengan pekerjaan itu penting? Karena di saat ini aku ingin work with purpose.

“Emang sebelum-sebelumnya kerja ga ada purpose / tujuannya? “

Hmm ga gitu juga sih, ini bukan sesuatu yang hitam putih juga. Terus terang salah satu alasan resign itu karena aku merasa capek sama yang aku kerjakan, jenuh, kaya ngerasa diri ga makin growing tapi makin bikin mendelep. At least, itu yang aku rasakan. Waktu itu, aku gak bisa mencari alasan ‘tujuan’ apa aku bekerja, selain karena ‘uang’. Jadi ketika ada tantangan, aku burn out banget. Ga nemu funnya. Kerja ga ada ‘drive’ nya.

Setelah itu, tahun lalu aku memang melewati banyak proses untuk mengetahui lebih dalam tentang diri sendiri, dan akhirnya sekarang, aku lebih mempunyai kesadaran saat memutuskan sesuatu, terlebih memutuskan untuk bekerja kali ini. Aku tulis dulu dengan jelas tujuan aku, mimpi aku, resiko aku dan lain sebagainya. Aku akan kasih sedikit latihan untuk mencari “work purpose” di akhir tulisan ini.

Karena kerja 3x seminggu ke kantor, di hari-hari lainnya aku bekerja di banyak tempat. Karena mobile banget, aku perlu terkoneksi dengan internet yang oke dimanapun-kapanpun (well pekerjaan kaya gini, enaknya emang bisa kerja dimana saja kapan saja, ga enaknya pun juga karena hal yang sama :’) ). Dan aku mau review XL GO IZI yang udah nemenin aku kerja belakangan ini.

IMG_1915

Daya Tahan Batre Modem XL GO Izi lama euy! (10 jam )

Aku menempatkan ini di posisi pertama karena ini alasan paling utama yang aku butuhin banget sih: modem yang bisa nyala lama. Kalo sebelumnya aku suka tethering dari hape, nah itu bikin batre hape jadi cepet abis, trus abis itu mati, trus kalo lagi lupa bawa colokan jadi bingung dah tuh ga bisa pesen ojeg online, ga bisa dihubungin bos, temen kantor dan cek anak di rumah hahahaha. Cry panik.

XL GO Izi ini KUOTANYA BESAR & BERLAKU SELAMANYA

1 GB cuma 5 RIBU! Kuota tidak akan pernah hangus meski masa aktif telah habis. Buat yang pekerjaannya berhubungan dengan social media. Kaya admin socmed yang kudu LIVE FB/ IG sana sini. Cucok nih, cuss minta kantor beli. Berlaku selamanya, jadi nanti kalo resign, kantor ngurusnya gampang ga ganti-ganti lagi (eh) . Cek selengkapnya di sini.

BEBAS ROAMING DI 10 NEGARA.

Saat ini emang lagi jarang traveling :’) – well doakan aja pekerjaan aku ini lancar ya. Siapa tau jadi business trip kemana-mana hehehe. Apa yang bikin Izi? Tinggal aktifkan XL GO Izi roaming (lihat caranya di sini,  kuota jadi langsung bisa dipakai di beberapa Negara. Gak perlu ribet sewa mifi, beli kartu atau aktifin paket di Negara tujuan. Begitu nyampe, landing, cuzzzz bisa online. So izzziiiiiii. Lihat daftar Negara-negara lain di link ini ya.

Hamdalah lah, selama bawa XL GO Izi saat musti mobile, deadline, meeting concall dan video call masih lancar jaya :’)

IMG_2626.JPG

Oke balik lagi tentang kerjaan.

Apa aja sih yang perlu dilakukan untuk menemukan “Your Work Purpose?”

  • Kenali diri sendiri.

Klise, tapi ini exercise yang ga mudah pas ngejalanin selama tahun kemarin dan masih proses sampai sekarang. Sering ngobrol ama diri sendiri. Tanya, apa yang diinginkan. Kenapa ingin itu? Apa yang kdirasakan kalo bisa mencapai dan jika tidak tercapai. Bawa diri menyelami diri. Kamu bisa coba dengan latihan mindfulnes analysis di sini.

  • Tulis daftar value (nilai-nilai) yang bikin kamu senang di pekerjaan

Misal : happiness at work . Kalo kamu ingin menyebarkan kebahagiaan, so be it! Senyum lebih sering, kasih jokes ke orang-orang, lunch dengan teman2. Kalo kamu senang dengan value “keterbukaan”, so be it, mulailah dengan terkoneksi dengan orang-orang, sharing dll. Begitupun juga menulis harapan ya : misal dalam sekian tahun jadi manager, atau gaji naik 2x dll.

  • Sebaliknya, tulis daftar value atau nilai-nilai yang bikin kamu drained atau sedih di pekerjaan

It could be anything, misal : “sedih kalo meeting lama jadi ga bisa ngapa-ngapain” atau “sedih kalo kalah pitching” – dengan mengenali juga hal-hal yang membuat kamu tidak suka, kamu jadi lebih jelas dengan yang dirasakan dan kemudian memberikan aksi supaya tidak kembali ke perasaan itu. “What’s Next” philosophy. Oke aku sedih, trus apa nih ya, bisa ngelakuin apa ya?

  • Pikirkan tentang ‘legacy’, a simple one.

Jika kamu sudah tidak di pekerjaan itu, kamu mau mewariskan apa sih baik ke diri sendiri ataupun yang ditinggalkan? A better organization? Atau pengen memberikan pengalaman yang menyenangkan buat teman-teman di kantor selama bekerja? Itu bisa jadi apa saja. Beri waktu untuk memikirkan itu.

Cari tujuan itu memang bukan sesuatu yang bisa dicari dalam waktu singkat, kadang ga bisa langsung nemu juga hehe. Be kind to yourself, hargai prosesnya. Terkadang hidup jadi lebih mudah ketika kita menemukan tujuan. Seperti kerjaan lebih lancar dengan modem XL GO Izi di tangan #eaaa #bisaaja.

So guys, latihan yuk. Tulis di komen (jangan lupa akun instagram / email) tentang apa sih tujuan kamu bekerja sekarang dan legacy apa yang pengen kamu wariskan di pekerjaan? Akan ada hadiah pulsa kuota XL senilai Rp.100.000 buat bantuin kamu di pekerjaan atau hobby langsung dari akyuuuuu :*

IMG_6523

 

Advertisements