Penerapan Pola Tidur N.A.P.S pada Trah

“Selamat jadi orang tua ya, selamat begadaaaang”

Buat new parents, pasti deh passssstiiii sering denger celetukan ini, ya kaaaaaan. Kaya, Emang iya ya semua orang tua baru di dunia ini pasti begadang? Well ternyata, setelah tanya-tanya temen dan lempar topik ke twitter, rupanya ada loh orang tua yang beruntung, jadi bayinya itu tidur dari jam 8/ 9 malam dan bangunnya jam 5 pagi. *standing applause*

Kalo Trah gimana, Ne? Hari hari pertama di RS sih dia bobo muluuu, cuma pernah tuh dia bangun sejam sekali di malam hari dan agak rewel, mungkin saat itu dia masih haus dan aku ASI aku belum banyak-banyak amat kali ya. Nah, sebulan pertama Trah di rumah, kalau malam dia tidur jam 9, bangun jam 12, bangun lagi jam 3 pagi dan jam 5 atau setengah 6. Dan dia sebenernya ga yang bangun terus nangis gitu, dia cuma menggeliat-menggeliat yang aku tafsirkan sebagai minta nenen. Jadi bangun, nenenin, tidurin lagi. Udah. Aku ga merasa ini yang begadang-begadang gimanaaa gitu, kirain yang bakal bangun tiap jam gitu kaan, trus ngajak main, eh engga juga, YAY.

Lalu pas jadwal kontorl, sempet ditanya ama DSA nya Trah.

“Bu,kalo malam bangun berapa kali?”,

dengan bangga aku jawab dong dengan lantang

“Cuma 3x dok, jam 12, 3, ama 5”. 

Trus si dokter ini malah kaya marahin gitu (hmm dsa-nya kebetulan yang senior gitu jadi agak judes, tapi trus kita ganti). Responnya begini:

“Lah, itu banyak banget ibu bangun malemnya, jangan bu, ibu jangan begadang, ibu yang semestinya bikin pola”

GLEG. Yaah ga jadi bangga, kirain bakal dipuji hahaha. Trus aku dikasih rumus untuk ngebentuk pola, selanjutnya ini jadi pola yang pernah kucoba di Trah yang pertama ya.

1. POLA MENYUSUI DENGAN JADWAL

Rumus yang dibuat oleh DSA adalah dengan nyusuin di jam-jam berikut, katanya kalo anak kenyang, niscaya ga akan kebangun kalo malem. Setiap menyusui kira kira 120 ml, jadi usahakan anak jangan ketiduran saat nyusu.

Screen Shot 2016-05-25 at 11.30.00 AM

Tadinya aku mau ngusahain pola ini, sempet nyoba seminggu tapi trus lama lama kok aku ga sreg ya? karena

  1. Aku masih direct breastfeeding, jadi mana kutahu aku udah nyusuin Trah berapa ml? Lah wong dia langsung sedot dari galon.
  2. Aku mengusahakan juga supaya Trah ga ketiduran saat nyusu dengan gelitik2 kuping atau towel-towel pipi, tapi lama lama kasihan, sapa tau dia emang udah kenyang kan. Jadi aku biasanya kalo nyusuin antara 15 – 30 menit, lepas dari itu dia cuma ngempeng aja karena nyaman.
  3. Kalo Trah masih tidur di jam-jam di atas, masa dibangunin? kasian ah..

Dengan alasan-alasan di atas, aku ga nerusin pola ini sih….. dan aku ga balik juga ke DSA tadi hahahaha, takuuuut, tiap dateng berasa kaya sidang skripsi.

2. POLA TIDUR SIANG <  MALAM

Nah ini adalah pola dari beberapa teman-teman dan warga twitter. Di pola ini, diajarkan konsep siang dan malam. Jadi saat pagi, semua lampu dinyalakan, nah begitu malam (jam 6) lampu dimatikan. Nah aku sih make juga untuk nyala-matiin lampu ini, sampai sekarang, kecuali part malemnya. Aku matiin lampu saat beneran aku & yogas juga mau istirahat dan beranjak tidur. Sekitar jam 8-9an.

Kemudian untuk polanya sendiri, aku copy dari tweet @Sazqueen : setelah mengenalkan siang & malam, di siang hari kalau anak sudah tidur lebih dari 2 jam maka anak akan ‘digangguin’ dengan kaya buka bedongnya, gelitikin, dan cium cium supaya tidur siangnya terganggu. Siang adalah waktunya diajak main-main. Kalau bukan waktunya tidur atau saat ‘siang’, suasana gak akan dibuat sunyi seperti kalau malam hari dengan nyalain TV, suara orang ngobrol dll.

Pola seperti ini rupanya cocok di @Sazqueen dan beberapa teman aku, mereka jarang begadang kecuali saat growth spurt.  Tapi saat aku terapin… aku ga cocok, aku juga merasa kasian kalo harus mengganggu tidurnya. Jadi aku ga nerapin hal ini sampai akhirnya Miku menemukan sebuah artikel yang mengenalkan kita pada pola selanjutnya.

3. N.A.P.S PLAN

Jadi ada artikel di Flipboard tentang Polly Moore, seorang “Baby Whisperer”. Dia adalah scientist yang bisa bikin bayi tidur through the night. Beliau menulis juga buku “The Natural Baby Sleep Solution” dan Miku akhirnya beli.

Jadi bayi mempunyai ritme natural dalam badannya, atau body clock. Ketika kita sudah mengetahui ritme ini, kita bisa tau nih celah kapan timing dalam body clock dia yang paling gampang untuk membuat dia tidur. Polana dikenal dengan N.A.P.S Plan.

N: Note the time of your baby’s last waking.

A: Add 90 minutes.

P: Play and pursue other activities with your baby.

S: Soothe your baby to sleep.

Jadi, kita diminta untuk menyadari ritmenya terlebih dahulu dengan cara di atas. Catat waktu saat dia bangun, tambahkan 90 menit, nanti menjelang menit 80-90 buat untuk tertidur seperti menggendong, menepuk-nepuk pantat, seperti yang biasa digunakan.

Nah saat dicoba di Trah, LOH KOK BENER BANGET NIH RITMENYA. Misal nih, saat pagi Trah bangun jam 7. Kemudian kita beraktifitas seperti jemur, mandi, nenen, nah 90 menit dari pukul 7.00 adalah pukul 08.30, biasanya Trah nih udah mulai gelisah-gelisah di jam 08.15, sehingga kalau dia udah mulai masukin jari ke mulut ,merengek-rengek, aku segera gendong, dan dalam waktu 15 menit (kadang lebih sih ampe 20-15 menit), Trah tertidur. Kemudian aku bisa melaksanakan aktifitas lain… atau ikutan tidur juga hahaha.

Nah saat si kecil tertidur, sebisa mungkin jangan membangunkan dia. Misal, bangunin buat selfie (LOH), atau bangunin karena ada tamu dateng yang mau liat. Biarin aja dia tidur dan bangun dengan natural/ alami . Ya kalo misal suasananya ribut, kaya bunyi mesin cuci dan lain-lain, ya gakpapa tetep aja beraktifitas seperti biasa, hanya catatannya jangan memaksakan dia untuk terbangun. Kalo dia tidurnya 2 jam lebih, biarin. Nah kalo dia tidur cuma 10 menit doang gimana? Aku selalu coba untuk menidurkannya lagi. Tapi kalo dia ga mau tidur dan malah semangat, aku memulai 90 menit waktu aktifnya lagi dan nunggu timing menjelang menit ke 90 untuk membuat dia tidur.

IMG_3220
berbagai gaya tidur Trah 0 – 2 bulan. Ada masa saat dia growth spurt jadi tidurnya cuma mau digendong atau di dada aku atau Miku.

Oh iya, kalo misal di sekitaran menit 90 atau lebih dia ga tidur-tidur juga, tunggu dan hitung lagi untuk 90 menit lagi kemudian.

Buat yang follow snapchat aku, mungkin sering liat aku ngepost foto Trah saat dia tidur & bangun dengan penanda jam. Sesungguhnya itu bukan buat pamer anak #eaaa, itu buat nandain sih kaya ” hh terakhir tadi dia bangun jam segini nih, berarti nanti dia ngantuk jam segini”.

Menurut buku ini juga, tidur adalah aktifitas yang sangat penting, apalagi untuk bayi. Mereka mengolah semua informasi yang baru mereka dapatkan saat tidur. Jadi kecenderungan menurut mereka, bayi yang banyak tidur = lebih cerdas dan pekembangannya akan lebih optimal. Jadi kalo mereka banyak tidur, ya baguuuuss. Kita juga hepi kan ya bisa ngapa-ngapain hahaha.

Dengan tau ritme bayi ini, kita juga bisa tau/ mengidentifikasi kapan sebenarnya dia lapar dan kapan sebenarnya dia ngantuk. Mereka kalo ngantuk atau lapar, bahasanya kan sama, kalo ga nangis ya gelisah. Seringkali kita menterjemahkan kalau mereka nangis dengan nyodorin susu biar diem, padahal mungkin mereka ngantuk dan bukannya lapar. Takutnya kalo dikasih nenen terus, dia bisa gumoh atau jadi overweight. Tidur nyenyak di siang hari membawa tidur malam yang berkualitas.

Efek N.A.P.S plan ini kalo malem Trah bobo through the night, Ne? 

Jujur… engga. Trah masih suka kebangun 2/ 3x di malam hari, tapi cuma untuk nenen dan langsung tidur lagi dan menurutku wajar, kan dia pasti lapar. Pernah beberapa kali aku ‘beruntung’, Trah hanya bangun 1x dan berarti dia bobo selama 5 jam. Tapi sebenernya ya, “all night” nya bayi itu ya cuma 5 jam. Jadi kalo dia bobo selama 5 jam itu udah termasuk nyenyak banget. Biasanya aku juga pakai waktu saat bangun malam  abis nenenin Trah dengan pumping hehehe, buat cadangan ASIP.

Oh iya, pola siklus tidur-bangun bayi katanya baru jelas terlihat pada umur 3-4 bulan, dimana proporsi tidur mulai lebih banyak pada malam hari. Nah, Trah 7 Juni mendatang masuk 3 bulan nih,  dengan tahu ritme dan membiasakan N.A.P.S Plan ini, semoga pola tidur ke depannya semakin baik. Baik untuknya dan baik juga untuk orang tuanya supaya ga begadang hahaha.

Sekarang aku udah terbiasa dengan ritmenya Trah nih, tapi abis ini cutinya udah abis dan balik ngantor lagi. Huhuhuhuw, doakan aku kuat dan tetap semangat pumping buat Trah dan bisa meredam kekangenan saat di kantor, amin.

Kalau mau baca baca lagi soal N.A.P.S Plan bisa cek link ini atau beli bukunya (bisa beli e-booknya kok, in english ya). Kalau tentang pola tidur & kecerdasan bayi bisa cek di sini. Silakan juga mencoba pola yang no 1 dan no 2, karena mungkin tiap orang tua punya pola yang berbeda.

Jadi sebenernya, ucapan yang tepat untuk New Parents itu bukan “Selamat Begadang”, tapi “Selamat, habis ini kamu gak akan bisa bangun siang lagi” :)))

FullSizeRender 2.jpg
Selamat tidur, semuanya. Oh, Trah punya akun IG loh. Cek @TrahKandara ya

. Punya pola tidur bayi yang suka diterapin? Pengen denger ceritanya deh, share di comment ya 😀

Screen Shot 2016-01-06 at 3.27.06 PM

Advertisements