Trah’s Milestones: Month 4

“A new baby is like the beginning of all things – a wonder, hope, a dream of possibilities” – Eda Je LeShan

Hai hai, hari ini Trah tepat berusia 4 bulan lho. Horeeee. Nah mumpung dia baru ulang bulan, aku tuh sekalian ngecek-ngecekin gitu tumbuh kembangnya dia disesuaikan sama tabel Denver II, sebuah metode pengkajian yang digunakan secara luas untuk menilai kemajuan perkembangan anak usia 0-6 tahun. Tabelnya bisa diliat di sini, cuma emang raw banget ya, tapi banyak juga kok yang udah dibuat berbagai versi yang lebih mudah dibaca.

Berikut adalah Milestones perkembangan Trah dan juga habit dia selama 4 bulan kebelakang sesuai pengamatan : 

Jadi lebih sering senyum dan tertawa terbahak-bahak

Processed with VSCO with a6 preset
His wide smile 🙂 

Seneng deh, kerasa banget lepas dari 40 hari pertama, Trah responsif banget gitu. Mungkin karena dia juga semakin bisa melihat dengan lebih jelas ya, jadi lebih mudah senyum dan makin kesininya, dia bisa tertawa ampe terbahak-bahak ketika kita memberikan mimik wajah yang lucu atau menggoda dengan nada-nada tinggi yang ceria.

Trah suka kalo dinyanyiin lagu “Burung Kakaktua” ama eyang-eyangnya hihihi. Banyak yang bilang kalo Trah ni baby ‘sumeh’ (Jawa: Ramah & gampang senyum)

Tangan & Kaki Bergerak Aktif

IMG_3892.jpg
Antusias dan badannya uget uget merespon kalo diajak ngobrol

Kalo awal awal lahir gerakannya dia itu slow motion banget, nah makin kesini udah makin heboooh gerak-geraknya, kadang itu tangan kalo dihempasin ke muka aku berasa kaya ditabok, kenceng book hahaha. Kadang aku suka stimulus juga kasih dia sesuatu untuk dipegang atau ditendang.

Mulai Bersuara (Cooing)

Kyaaa ini yang nyenengin banget sih, mendengarkan dia ‘ngoceh’. Dia suka mengeluarkan suara yang nyaris mirip ama kucing tetangga hahahah, bunyinya “auuuu auuuu auuuu” gitu :)))

Mulai memekik riang & berteriak

Ini kelanjutan dari tahap mulai bersuara, Trah udah sekarang suka banget teriak-teriak dan bikin suara melengking kalo kita ajak becanda. Teriakan ini yang jadi semacam alarm pagi buat kita nih kalo kita masih bobo, jadi mau ga mau harus bangun :))

 

Bisa mengenali wajah

Diliat dari penjelasan di sini, bayi memang perlahan-lahan bisa melihat lebih jelas. Nah bayi juga bisa menangkap ekspresi loh, jadi penting buat kita memberikan ekspresi wajah ceria. Bisa baca baca tentang “how a newborn sees you” di sini. Oiya, Trah juga bisa mengenali wajah bahkan ketika cahaya redup, mungkin dari suara dan juga bau tubuh kita ya yang dia udah kenali.

Bisa mengangkat kepala

Terus terang aku termasuk sedikit telat membiasakan “tummy time” ke Trah. Tummy time itu penting untuk menstimulus bayi supaya leher, dada, lengan dan kepalanya lebih cepat kuat, mana mereka soalnya posisinya telentang atau tidur terus kaan. Aku baru mulai rutin tummy time Trah ketika usianya 2 bulan, sebisa mungkin 5- 15 menit dalam sehari.

Nah dengan rutin tummy time, aku jadi tahu kalo Trah udah makin bisa angkat kepala. Pertama sih tentunya dia masih terhuyung-huyung gitu kaya keberatan kepala :))).

IMG_4198
Tummy time, paling enak dilakukan pas dia lagi good mood pas abis bangun tidur
Processed with VSCO with a6 preset
Makin kuat ya, nak..

Nah sekarang dia udah bisa lebih lama mengangkat kepalanya :D.

Kepala mampu tegak ketika didudukkan

Nah ini sebenernya agak galau nih, hari ini sempet tanya-tanya ke grup #BuibukSocmed dan juga grup Moms di wa aku. Aku merasa Trah kan kepalanya udah kuat ngangkat tapi masih huyung-huyung gitu, jadi definisi kepala mampu tegak itu yang seperti apa? Menurut ibu ibu di grup wa, kepala tegak itu ketika ga ada senderan di belakangnya dia mampu menopang sendiri kepalanya.

Cumaaa, aku belum berani gendong ke udara dan lepas tangan dari tengkuknya, tapi kok temen aku bisa gendong anaknya ke udara padahal usia beda 2 minggu lebih tua dari Trah *langsung insecure. Apa telat apa gimana? Trus dijelasin memang kondisi & tumbuh kembang tiap bayi beda-beda, jangan disama-ratain, anak temen aku itu tergolong lebih cepet kuat kepalanya. yang penting cek dari tabel denver itu aja dan harus distimulus terus.

IMG_4083
masih suka watir kalo dilepas, jadi tetep dijagain dikit kalo gendong posisi gini. 

Suka memasukkan tangan ke mulut

Beuh, dia udah mulai masuk-masukin semua jarinya ke mulut, dan bahkan Trah sekarang udah punya jempol favorit yang dia suka kenyot. Nah dengan dia udah punya jempol favorit itu, dia sekarang jadi lebih mudah menenangkan dirinya sendiri. Bahkan dia bisa tidur sendiri, ini waktu dia tertidur sambil dinyanyin bapaknya.

Kalo kata orang-orang dulu kan dilarang tuh masukin tangan ke mulut, nah kalo sama dsa aku malah jangan dilarang, semua yang dilakukan oleh bayi itu ada tujuannya, ini adalah bentuk awal supaya dia tau orientasi makan yang akan berguna untuk milestone selanjutnya saat mpasi atau saat dia mulai makan sendiri.

Yah mudah-mudahan dia ga ketergantungan ama jempolnya sampe gede ya.

FullSizeRender 4
posisi wuenaaakk. Tidur sambil ngenyot.

 Suka melihat benda berwarna cerah & mengikuti object

Trah suka banget liatin AC, gak di rumah gak di mobil, kadang diliatin terus ampe ketiduran hehe. Aku suka menstimulus dengan kasih rattler digerakin ke kanan kiri di atas wajahnya, atau saat tummy time.

Suka mengangkat kaki ke atas

IMG_4257

Apalagi ya? Hmm so far itu sih perkembangan-perkembangan dia. Ga sabar untuk perkembangan selanjutnya. Buat yang mau tau sehari-harinya Trah, aku suka upload dia di snapchat hehe, kalo punya bisa add aku : rahneputri.

Ini ada beberapa tabel perkembangan bayi yang aku cari dari berbagai sumber.

Trah is being a loving son so far. Dia bayi yang pinter dan membuat segalanya menjadi mudah dan ringan. Dia sangat anteng, memberikan ‘clue’ apa yang dia mau saat dia menangis. I know parenting is hard and also tiring, tapi saat melihat dia tumbuh dan berkembang seperti ini, it’s a wonderful thing that ever happened to me. 

Oiya, mumpung masih suasana lebaran. Kami sekeluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin 🙂

IMG_4219.JPG
Trah’s 1st lebaran

Screen Shot 2016-01-06 at 3.27.06 PM

 

2 thoughts on “Trah’s Milestones: Month 4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s