Pilah Pilih Mbaknya Trah

Setelah melahirkan Trah, aku belum (mau) pusing nih soal nanti kalo balik kerja, si Trah dititipin ke siapa? Udah lah ya fokus dulu ama status “baru punya bayi” ini. Belum siap mikir, belum siap ngambil keputusan, dan aku lebih pengen ngurus sendiri aja dulu berdua suami tentunya. Menjelang masuk lagi ke kantor, jreeeeeeenggg…….dilema dimulai:

Mau Daycare atau Baby Sitter?

Duh asli, dua pilihan yang beraaaat banget untuk dipilih, kalo bisa mah urus sendiri baee, tapi resign bukan jalan keluar untuk dilema ini, baru KPR nih cyiiiin bayar dari mana nantiii huhuhu.

Begitu udah back to work,  aku masih belum memutuskan untuk milih yang mana dan lalu hidupku jadi lebih enteng karena eh karenaa…….. IBUKU TERSAYANG SANG MALAIKAT PENOLONG HADIR DI JAKARTA DAN MEMBANTUKU MENJAGA TRAH. Beliau mau ke Jakarta dan nungguin Trah sampai aku lebih matang memutuskan mau nitipin di mana.

IMG_3438.JPG
Ibuku bersama Trah usia mau 3 bulan

Tetep sih kepikiran juga ninggalin Trah ngantor, apalagi juga nyokap kan usianya udah ga muda lagi pasti staminanya juga ga sekuat dulu untuk merawat bayi, tapi mamaku bolak balik meyakinkan kalo Trah ini bayi anteeeng, jadi mamaku ga kewalahan. Alhamdulillah yah, tapi tetep bok, kepala muter-muter untuk memantapkan hati mengambil keputusan yang mana?.

Pilihan 1, daycare:

Baca baca dan tanya temen-temen yang daycare nih katanya anak-anaknya jadi lebih mudah bersosialisasi, banyak teman main, aktifitasnya banyak, dititipinnya juga ke tenaga terdidik. ada kunjungan dokter dan juga psikolog gitu gitu lah. Minusnya sih anak jadi mudah tertular penyakit & lebih mahal dibanding baby sitter. Kita udah ngantongin beberapa tempat daycare di daerah seputar kantor aku dan suami, biar berangkat bisa bareng dan pulang juga bisa bareng. Yang paling deket banget ada di Bellagio (Mega Kuningan). Tapi terus, aku gundah lagi nih:

  • Jam penjemputan anak tuh jam 17:00 – 18:00, kalau telat ada biaya denda 50.000. Lah, aku pulang kantor baru jam 17:45, mana bisa lah on time terus, belum kalo ada lembur-lembur.. tiap hari nombok dong, ga kukuuuuu T_T
  • Trah kekecilan ga siiih buat ditaro di daycare? :((

Kayanya, nanti aja deh yaa daycarenya, mungkin ketika Trah gedean atau ada daycare yang lebih dekat dengan rumah kita nanti yang lagi proses pembangunan ini.

Pilihan 2, Baby Sitter 

Awalnya sempet bingung juga mau BS/ ART ya? Kalo ART ya kaya mbak tapi lebih ke njagain Trah aja. Tapi susah juga yaaa nyarinyaaa, belom lagi kan abis ini Trah mau MPASI, mendingan yang udah biasa / emang spesialis ke bayi aja daripada ribet ngajar-ngajarin lagi. Jadi yaudin, kita BS aja deh.

Ini ya, namanya kalo hati belum sreg/ ikhlas, tiap tanya di sebuah yayasan runutannya gini >>> dikasih foto > mikir dulu lama 2-3 hari > pas mau coba interview … eh orangnya udah diambil yang lain.  Kelamaan mikir sih hehehe….atau ya mungkin belum jodoh.

Akhirnya, terdesak dengan waktu karena Ibuku ga bisa njagain Trah karena harus pergi ke Bali, aku nemu lewat google sebuah yayasan yang lokasinya terjangkau ama tempat tinggal. Syukurlah mereka juga bisa dihubungi lewat WA dan kemudian mereka ngirimin beberapa foto baby sitter yang available. Udah deh, aku ama Miku akhirnya memutuskan untuk dateng ke yayasannya pas jam makan siang kantor dan pengen ketemu langsung untuk menginterview satu per satu para baby sitternya. Sebenernya bisa sih interview lewat telepon, tapi aku pengen eye to eye. Aku udah nyiapin beberapa pertanyaan interview :

  • Hai mbak, udah berapa lama jadi pengasuh bayi?
  • Kalo yang terakhir kemarin, kerja berapa lama?
  • Pernah megang usia berapa aja mbak? dan paling favorit pas anak umur berapa?
  • Ngerti soal manajemen ASI & MPASI ga mbak? (pertanyaan ngetes, dia lebih nyaranin instan atau homemade)
  • Mbak anak saya ini mau MPASI, kalo misal dia ga mau makan gitu biasanya gimana sih mbak nanganinnya? (pertanyaan ngetes, pengen tau aja dia nanganin anak kalo lagi not in their mood kaya gimana)
  • Mbak udah nikah apa belum? Jika sudah, punya anak apa belum? Jika belum, ada rencana menikah?
  • Riwayat kesehatan (serem bok kalo misal ada yang sakit apaa gitu, kalo mau double control lagi mungkin bisa check up ke dokter) 
  • Berhenti di pekerjaan terakhir karena apa? (ada  temen ngasih tau, kalo misal dia jawab berhenti karena majikan keluar negeri, itu bisa jadi sebenernya ada masalah tapi dia lebih gampang bilang alasan itu, cmiiw) 
  • Ada yang mbak mau tanyakan ke kita?

Jadi dengan aku interview langsung, aku ingin tahu gimana cara dia menjawabnya, binar matanya saat menjelaskan pekerjaannya. Walaupun ada kemungkinan mereka “made up their answers”, bu this is the least i can do, mengkurasi orang-orang yang akan aku percayakan untuk memegang Trah nantinya

Dari 3 orang yang aku interview hari itu, aku tertarik sama 1 orang, dan akhirnya, dialah yang aku minta tolong untuk memegang Trah.

IMG_4816.JPG
Ini hari 1 si mbak PDKT ke Trah yang berusia almost 5 mo.

Bismillah, semoga dia amanah, jujur dan sayang juga ama Trah. Sejauh ini sih dia oke sih, dan somehow aku kok ngerasa dia kaya udah lama gt ikut aku, orangnya juga komunikatif, sopan, mau main main sama Trah. Lama lama aku merasakan ‘waah enak juga ya sekarang ada baby sitter… botol dot dot dan buat pumping udah terima beres aja’, selama ini kan nyuci sendiri atau dicuciin suami XD. Untuk urusan mandiin dll juga dia ‘sat set sat set’ cepet gitu & terlihat profesional. Pas liat dia mandiin Trah, kita kaya “woooow” gitu ya mandiin yang taktis hahaha.

Berikut ada beberapa hal yang bisa membantu jikalau sedang mencari tenaga baby sitter/ art.

  • Cari yayasan yang terpercaya, at  least googleable lah, ada sentimen negatif ga dari nama yayasannya?
  • Cari yayasan yang terjangkau dari rumah, atau ya kalau ga, sempatkan untuk datang langsung untuk melihat lokasi/ kantornya. Kalo aku juga cari yang deket, karena ingin wawancara langsung + misal ada apa apa (amit amit) lebih gampang melaporkannya.
  • Biasanya yayasan selain ada uang admin, tapi juga ada garansi. Ditanyakan jika misal tidak cocok gimana? ada uang kembali ga? Kalau di yayasan aku ini jika tidak cocok dan mereka tidak punya BS pengganti, uang admin bisa kembali berdasarkan prosentase tertentu.
  • Usahakan menginterview babysitter, dateng langsung lebih baik, kalau ga sempat bisa  by phone aja.
  • Ini adalah masukan dari temen aku Disty, jika sudah menemukan BS/ART yang cocok, ditanyakan apa punya BPJS atau tidak? Jika belum punya mungkin bisa didaftarkan, karena bagaimanapun mereka saat di rumah adalah tanggungan kita. Kalau misal mereka sakit dll, ada BPJS laaah…
  • Pertimbangan usia BS. Kemarin aku & Miku sengaja mencari BS yang usianya ga muda muda amat dan ga tua juga. Kalau yang terlalu muda, aku takut mereka masih belum bisa mengontrol diri. Kalau yang terlalu tua, aku & Miku segan untuk nyuruh2 atau minta tolong hehehe. Jadi mencari usia sekitar 27 – 35 an.
  • Sebisa mungkin aku akan melibatkan mbak kalau misal kita check up ke dokter atau ikut parenting class, karena ya biar kita punya pemahaman yang sama ke anak.

Berikut adalah nama yayasan yayasan yang selama ini aku coba hubungi/ telpon.

Yayasan Citra Mutiara

(tempat aku mendapat si mbak yang sekarang)

Alamat: Jalan Kemang Timur 8 No 15 

HP: 08176922252 ( whatsapp )

http://citramutiara1.blogspot.co.id/

LPK Kharisma Jaya 

Alamat: Jalan Manunggal II No. 60, Ceger, Cipayung

Telepon:+62 21 84591983

http://www.lpkkharismajaya.com/

Pak Ahmad Baby Sitter

(rekomendasi dari 2 teman yang sudah memakai jasanya)

Alamat: Ps Minggu

HP: 085780095305

LPK Sinar Mentari 

(rekomendasi dari teman yang sudah memakai jasanya)

Alamat: Depok

HP: 081310503656

Semoga ibu ibuk dan bapak bapak selalu dijodohkan dengan pengasuh atau asisten rumah tangga yang baik yaa semua. Amiiiinnn

Screen Shot 2016-01-06 at 3.27.06 PM

 

8 thoughts on “Pilah Pilih Mbaknya Trah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s