Sarapan Sehat : 3 Resep Sarapan #DapurMikuRiku

Menurut saya, sarapan yang paling enak adalah sarapan bersama kesayangan dan dengan waktu yang tidak diburu-buru. Mewah banget kalo bisa melewatkan momen gitu. Tapi ya memang sulit banget ya menyempatkan pagi bersama, di Jakarta ini kudu berangkat lebih pagi untuk beraktifitas, mau ga mau kalo ga sempat sarapan di rumah ya sarapan di jalan atau nitip OB di kantor, tapi ya kalo udah pernitipan gitu ya biasanya menunya yang ada aja, ga mikirin gimana nutrisi, kalori dan lain-lain.

1FA5C90E-C328-48C2-9B1B-EF81D512085F.JPG
sarapan = makan  menu sehat sebelum jam 9 pagi

Oiya ngomong-ngomong soal sarapan, tadinya saya tuh mau ikutan trend “Intermittent Fasting”, yakni sebuah metode untuk mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu, namun masih dapat mengonsumsi minuman. Pada prakteknya banyak yang jadinya nge-skip waktu sarapan, dan baru mulai makan saat makan siang. Wah saya langsung mundur teratur dari ikutan itu hahaha. Bukannya gimana, kalo saya skip sarapan tuh ga tau napa bisa jadi kaya lemot dan lemes seharian, ga bisa mikir, ga gercep gitu. Nah ternyata pas kemarin saya berkesempatan dateng ke acara Energen Berbagi Sarapan Sehat Untuk Dukung Prestasi 2,2 Juta Anak Sekolah Di Indonesia” si SDN 01 Menteng (sekolahnya Obama dulu tuuuh) saya merasa tercerahkan dan akhirnya tau kenapa saya bisa kaya lemes gitu kalo ga sarapan. Ini penjelasan di belakangnya, jadi saat kita tidur malam sekitar delapan hingga sepuluh jam itu, organ tubuh kita tetap bekerja. Sewaktu kita tidur, energi yang kita dapat dari glukosa dalam darah, glikogen liver, dan asam lemak bebas dipakai untuk menjalankan fungsi metabolisme dan fisiologis. Itulah sebabnya kalo pagi kita merasa lemas.

IMG_6666.JPG
Sesi sarapan bareng 480 anak SD 😀

Nah, kita yang udah berumur ini aja perlu sarapan, apalagi anak-anak. Trah juga aku wajibin sarapan dulu sebelum kita pergi-pergi. Karena kalau perut terisi, anak-anak akan lebih siap konsentrasi untuk menjalani hari. Aku aja kalo ga sarapan cranky berat hahahaha. Gimana anak-anak? karena yang mereka asup ini juga bekal untuk mereka tumbuh kembang dan dewasa nanti. Sarapan idealnya memenuhi 10- 15% kebutuhan gizi harian.

Nah weekend kemarin karena libur panjang dan aku punya banyak banget stock Energen, aku mau share beberapa resep sarapan sehat yang gampang banget dan bisa dicoba di rumah 😀

PANCAKE PISANG ENERGEN 

08C8770E-4CD6-4A4B-95A8-B215F0537C79.JPG

Bahan :

Adonan Kering:

  • 2 sachet energen rasa vanilla
  • 150 gr tepung terigu (skip jika tidak ingin memakai tepung)
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdt baking soda

Adonan basah :

  • 2 pisang kepok
  • 2 sdm minyak sayur
  • 200 ml susu cair
  • 1 butir telur

Cara membuat: 

  • Adonan kering dicampur jadi satu, sisihkan
  • Pisang dilumat, lalu masukkan telur, kemudian susu, dan minyak sayur.
  • Campur adonan kering ke dalam adonan basah sedikit demi sedikit
  • Panaskan wajan, setelah panas turunkan suhu ke api kecil.
  • Tuang adonan ke dalam wajan dan bentuk bulat, ulangi satu per satu
  • Tumpuk dan tambahkan gula pasir/ selai coklat atau madu.

 

AVOCADO TOAST

Bahan

  • Roti apa saja / Baguette
  • Salted Butter
  • Bawang 1 siung
  • Merica hitam
  • Olive oil

Alpukat :

  • ½ buah, cincang dengan garpu.
  • Tambahkan abon nori/ bubuk cabai

FE3CFCBB-6151-47C8-83C7-DCFF0F98C5B8.JPG

Cara membuat:

  • Lelehkan butter, masukkan bawang putih cincang. Pindahkan ke mangkuk
  • Oles butter ke roti
  • Tambahkan merica secukupnya
  • Oles olive oil di pan, panaskan. Taruh roti dan masak hingga kecoklatan
  • Oles alpukat ke roti, bisa dihidangkan dengan telur dll.

Hidangkan bersama Energen Hangat.

ENERGEN SMOOTHIE WITH STRAWBERRY 

Bahan

  • Strawberry 8 buah kecil2
  • Susu rasa strawberry 200 ml
  • Es secukupnya
  • Energen Vanila 1 sachet

Cara membuat:

Blender semua bahan jadi satu. Hidangkan selagi dingin.

C8E35F98-6278-4D03-8421-9B8CC82F2EA5.JPG

Yak, itu adalah tiga resep yang bisa dicoba :D. Asli sih kenyang banget ampe siang, dan bernutrisi sekali. Mungkin buat ibu-ibu yang punya anak bisa membuatkan sarapan ini agar anak jadi lebih siap untuk menghadapi hari di sekolah dan bisa berkonsentrasi, jadi lebih berprestasi deh. 😀

Punya resep sarapan favorit? Tag tag aku ya di IG kalo re-cook resep ini. Sampai jumpa di postingan #DapurMikuRiku selanjutnya

cropped-cropped-carouselofmemories1.png

www.rahneputri.com

 

 

 

 

 

6 thoughts on “Sarapan Sehat : 3 Resep Sarapan #DapurMikuRiku

  1. Energen sarapan on the go favoritku jaman sekolah banget, hihi. Aku termasuk yang sangat menikmati sarapan, bingung sih sama orang yang males sarapan, tenaganya dari mana, ya? ):

    Pas liat resep2 ini di stories, aku paling penasaran sama yang terakhir. Biasanya aku selalu nambahin oats di smoothie buat anakku, tambain Energen kayaknya menarik banget. Thank you sharing-nya, Kak! (:

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s