Review Dilan 1991: Belajar Parenting dari Orang Tua Dilan & Milea

NB : mengandung spoiler

Pemirsaaaaaahhhhh!

AKU NONTON DILAN 1991 DI HARI PERTAMA LHOOOOO……

Aku bagian dari 800.000 penonton di hari pertama  :’)

(ya terus)

Haha ya gpp, seneng aja. Udah nungguin gitu dari tahun lalu soalnya gara-gara Dilan 1990 daku kesengsem berat ama dek Iqbaale hahaha. Trus ampe nonton 3x HAHAHAHA.

Apa ya, Dilan 1990 itu bagi aku kaya bunga-bunga asmara banget. Geli geli seneng. Bawaannya gemes-gemes kaya zaman abege yang pedekate,  naksir trus ditaksir balik.  Aaahhhhh tai kucing juga rasanya kaya coklat ayam. Jadi emang efek di aku ya filmnya semenyenangkan itu. Bikin tersipu-sipu. Mana gombalan-gombalannya ya my type of gombal banget. Sebagai mimin #anjinggombal, gombalan Dilan itu…

masuk-pak-eko-foto-1.jpg

Gara-gara Dilan 1990, aku sampe bikin highlight khusus Iqbaale di Instagram dan juga berhasil dapetin foto bareng HAHAHAHAHAHAHAHA

Sampe 2x lho fotonya….

emang jodoh itu ga kemana…..

jodoh foto bareng kamsudnyaaaa

Oke lanjut ke Dilan 1991. Saya belum baca bukunya jadi ya saya tentu ngarep ke tini wini bitian di Dilan 1990 ada di sini… tapi…. seperti layaknya masa pacaran yang naik turun maju mundur cantik, di film ini mulai masuk tuh bumbu-bumbu ujian dari Allah SWT dalam hubungan Milea dan Dilan.

Apa aja?

e5e22ee8-4ff6-45a2-b9cd-fe84df7bf1ec_169.jpeg

Milea ini khawatir sama kehidupan Dilan yang jadi geng motor, takut dia celaka, takut dia dipecat dari sekolah, takut dia ga bisa lanjutin sekolah dan kuliah… lebih watir Milea ketimbang Bundahara, ibunya Dilan malah woles wae. Chilll Milea, chillllll….. kamu pacarnya apa ibunyaaa?

45799028_342524892994032_8785115681700706173_n.jpg

Trus ada lagi sosok baru yang muncul, temen SD Milea yang namanya Yugo, baru balik ke Bandung dari negara manaaaa gitu  dan dari dulu naksir ama Milea. Di suatu malam, untuk menghalau Dilan ribut ama geng motor, Milea somehow ngajak Yugo buat nganterin dia ketemu Dilan (D’oh masa itu ga ada ojeg online sih ya).  Terjadilah lagi bumbu-bumbu prasangka dan praduga kannn. Merepotkan diri sendiri *geleng geleng*

Trus Dilan dipenjara.

Trus Dilan dikeluarin dari sekolah

Milea makin sedih. Endebrey endebrey.

Tapi menurutku, film ini dapet banget dalam menunjukkan anak abege yang sedang jatuh cinta dan segala kekhawatirannya. Bodoh dan egois hahaha. Pengen orang lain berubah, pake ngancam putus, trus nyesel, gengsi dll.  Tapi aku merasa …. beee there done that too. Ada sedikit Milea dalam diri. Nyess juga sih ikutan sedih saat Milea sakit hati karena ga didengerin Dilan dll. Njir jadi inget cerita zaman muda hahaha.

Memang sebuah relationship itu butuh kedewasaan ya.

Overall, bagiku di film ini lebih menitik beratkan tentang perasaan Milea dan berkenalan lebih jauh dengan sosok keluarga Milea & Dilan.

Dan…. justru itu yang jadi sangat menarik bagiku, memperhatikan gaya parenting mereka. Bagaimana orang tua Milea & orang tua Dilan ini sangat terbuka sama anaknya masing-masing.

POIN POIN POSITIF YANG AKU TANGKAP & INGIN TERAPKAN DARI GAYA PARENTING ORTU MILEA & DILAN

4296_5.jpg

  1. Ortu Dilan.

Kalo ga salah sih Bundahara ini kepala sekolah, sementara Ayah Dilan tuh tentara (cmiiw). Menarik liat karakter Bundahara ini, beliau permisif sekali. Gimana coba, gaya rock n roll tapi dia kepala sekolah juga. Tenang banget pas anaknya dipecat ga dapet raport. Tenang banget pas anaknya dipenjara. Tenang banget anaknya jadi geng motor.  Kalo merugikan ya sok wae anaknya dipenjara gpp dia woles.

( nyokap dulu kalo aku pulang malem ditungguin di teras :)))) )

Trus dia dekat sekali sama pacar anak-anaknya. Suka memuji. Baru SMA udah ngomong-ngomong soal calon mantu, calon besan. Ga tabu gitu…. itikadnya kaya ketika anaknya berhubungan ya untuk yang baik-baik. Terbuka sama orang lain di luar keluarga.

Kalo di keluarga aku… bahhhh boro boro terbuka. Pacar aja bolehnya bilangnya “temen” hahaha. Kalo udah resmi baru dianggap bagian dari keluarga XD – nah di kelarga ini, build relatinship dengan keluarga  itu udah dibentuk dari pacaran. Ya yang kaya gini ini juga sih biasanya yang bikin move on lama kalo putus hehehe..

But yes, sebagai seorang Ibu. Aku harus mempersiapkan diri ketika nanti Trah mulai tertarik dengan orang lain. Bagaimana aku bertindak dan bersikap. Aku ingin jadi orang yang selalu dipercaya dan menjadi tempat bercerita tentang hubungan mereka. Aku ingin terlibat secara aman. Tidak mencampuri tapi menghormati mereka sebagai pasangan.

Tapi saking terbukanya ya ini Milea ama Bundanya Dilan. Dikit dikit dia ngadu X)))

43034825_288568438452052_6765262071152765096_n.jpg

2. Ortu Milea

Sapaaaaaa coba yang ga jantungan kalo punya anak seperti Milea trus pacaran ama gangster. Kalo ngapel bisa bawa geng sampe 18 orang, trus pacar anaknya dipenjara karena tawuran. Tapi, Ibunya Milea (di film ini at least) menunjukkan kepedulian yang mendalam sama apa yang dirasakan Milea. Dan pedulinya itu ga yang nyuruh putus atau gimana gitu loh, disuruh sabar. Pas mau jenguk di penjara, Bundanya nitip salam dan dibikin roti.

SUPPORTIF BANGETTT SIH BUNDAAAAA :’)

Begitupula saat Yugo berbuat kurang ajar ke Milea. Milea dengan terbuka sekali mau ngomongin hal itu ke Bundanya.

Keterbukaaan di keluarga.

Gila penting banget sih ini. Aku ga kebayang kalo Milea ga terbuka dan ga mau cerita ama Bundanya, itu trauma bisa dibawa terus….

Dan untuk membantu aku menyiapkan diri nanti Trah pacaran, semuanya harus dipupuk dari sekaraaaaaang

  1. Komunikasi dua arah penting banget. Itu membangun kedekatan dan kepercayaan diri.
  2. Kasih sex education sedini mungkin. Kasih pelajaran soal consent sedini mungkin. Sekarang aku kalo mau nyium Trah ijin dulu, begitupun kalo Trah mau nyium aku. Supaya apa? Supaya dia menghargai tubuh orang lain.
  3. Aku ga tau masa depan nanti akan sebebas apa. Yang bisa aku tanamkan ke anak adalah belajar kepemilikan, belajar kecewa (ini juga berguna kalo misal dia putus dll), belajar menunggu, dan berperilaku tidak merugikan orang lain.

Asli, nonton Dilan 1991 sama temen yang dibahas malah gaya parenting dan mengidolakan Bundahara hahaha. Beda emang kalo ibu-ibu yang nonton.

Singkat kata, Dilan 1991 memang tidak segremet 1990. Tapi cukup bahagia liat Iqbaal segede gaban di layar. Kurangnya film ini cuma satu sih

“IQBAAALNYA KURANG BANYAAAAAAAAAAAAAK”

Sekian

Wassalam.

Eh iya, untuk Milea-Milea di luar sana. Yang pengen banget ngubah pasangan. Ingat quotes ini ya saaayyyyy..

life-quote-no-change.jpg