Sehat dan Bahagia, yang utama dalam setiap doa!

“Semoga panjang umur, sehat dan bahagia”

Ucapan saat merayakan hari lahir ini bagi saya adalah doa yang harus diamini jutaan kali. Namun, belakangan, saya mencoba lebih spesifik dalam mengucap dan mengamininya.

Semoga saya panjang umur dengan bermanfaat dan bisa terus berdaya”

“Semoga saya sehat mental, sehat fisik dan sehat finansial”

“Semoga saya bisa bahagia dengan setiap jalan yang saya pilih dan putuskan dan mencari jalan terbaik dalam setiap keadaan”

Iya, saya ingin panjang umur, melihat anak-anak tumbuh besar dan menemukan sejatinya mereka dengan caranya sendiri nanti. Tapi saya ingin panjang umur dengan terus bermanfaat di segala usia, saya ingin terus bisa berkarya sepanjang hidupnya saya. Bahkan saya ingin bisa meninggalkan legacy, sesuatu yang baik ketika saya tiada. Oleh karena itu, saya merasa penting untuk memiliki ‘Tujuan Hidup’ atau ‘Self Purpose’ 🙂

Iya, saya ingin sehat! Yang saya sadari, sehat itu tidak hanya fisik tapi lebih holistic lagi yaitu mental dan finansial. Sehat fisik sudah pasti, saya ingin masih bisa lari-lari nemenin cucu nanti, saya ingin bisa jalan-jalan sama Miku menikmati masa tua berdua. Jalannya tak lain tak bukan dengan menerapkan pola hidup sehat, adalah sesuatu yang tiap hari selalu saya tanamkan dan coba jalani. Butuh kedisiplinan tentunya.

Begitupula dengan sehat mental, kekuatan pikiran dan ketenangan jiwa memegang peranan penting dalam keseharian. It also leading to the happiness. Itu yang sedang aku jalani dengan mempelajari mindfulness.

Sehat finansial? Finansial adalah kondisi keuangan. Arti finansial bagiku ini erat kaitannya dengan memahami kata “cukup”, tenang menjalani kehidupan, sembari bisa memberikan yang baik untuk keluarga dan tersayang. Saya dan suami setiap 3 bulanan rajin ngecek kondisi keuangan, kami juga membuat perencanaan keuangan keluarga. Menuliskan segala tujuan, segala rencana, juga hal-hal yang berkaitan dengan perlindungan (asuransi).

Beberapa hari lalu saya diundang oleh Sun Life Indonesia dalam event #LiveHealthierLives. Mereka menggalang kampanye yang selaras sama yang saya sampaikan di atas, mengajak generasi muda menjaga kesehatan secara holistik, baik fisik, mental dan finansial.

Orang-orang yang memiliki perencanaan keuangan dan mempersiapkan masa tua, cenderung mengambil langkah hidup sehat untuk menjaga kesehatan fisik mereka. Artinya, ketika seseorang memiliki kesadaran akan pentingnya memiliki masa depan yang baik, ia akan mempersiapkan kebutuhan dasar berupa kesehatan fisik serta finansial, dengan lebih matang.

Pada acara tersebut, ada psikolog mba Roslina Verauli yang menjabarkan mengenai kaitan antara kesehatan fisik & keamanan finansial terhadap aktualisasi diri (Self Actualization)

Maslows-Hierarchy-of-Needs-1024x791

“Manusia memiliki kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk mencapai aktualisasi diri dan kebahagiaan. Kesehatan fisik dan keamanan finansial menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, agar seseorang dapat memenuhi kebutuhan selanjutnya, yaitu relasi positif dan meraih performa terbaik mereka. Sehingga, ketika seseorang telah memenuhi kebutuhan dasar berupa sehat fisik dan finansial, peluang mereka untuk mendapatkan hubungan keluarga dan relasi yang baik akan semakin tinggi, begitu pula dengan kesempatan mereka untuk mencapai potensi terbaik diri mereka”, ujarnya.

Kalo liat piramid itu rasanya kaya beraaaaaat ya haha. Bagiku ini pelajaran seumur hidup sih.

Dan inilah yang menggiring ke prinsip selanjutnya. Untuk berbahagia dengan segala keputusan dan mencari jalan terbaik di setiap keadaan. Kita mungkin tidak akan baik-baik saja setiap saat, tapi juga tidak setiap saat kita tidak baik-baik saja kan. Kegagalan, rasa tidak puas, rasa ini dan itu bukanlah kita dan bukanlah hidup kita. Bahagia bukan tujuan, tapi bagaimana menyikapi hidup. Tentunya dibutuhkan kualitas diri untuk mencari jalan keluar terbaik dan ternyaman.

Saya juga masih belajar hahaha, semoga bisa menjalani sebaik-baiknya ya.

LRG_DSC01311.JPG

Oiya di acara Sunlife Indonesia, mereka memperkenalkan Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono, sebagai duta dari kampanye #LiveHealtiherLives Emang mereka nih the best banget sih! Aku ngikutin instagram mereka dan bener benerrrrrr ngejalanin hidup sehat.

Buat yang sudah dan akan tergerak ngejalanin pola hidup sehat, sekalian aja ikutan Vlog Competition #LiveHealthierLives. Ada hadiah total 50 juta rupiah! Bikin video singkat durasi 60 detik! Info lengkapnya ada di sini.

Gimana? Yuk kita mulai hidup sehat. Pelan-pelan saja, satu demi satu, yang penting kita bisa konsisten …. :*

5be3cb7c-db28-46a2-bf18-ae52727d158e.JPG

IMG_6523

Advertisements