Make Something Out of 20 Something Years

Jadi kemarin ada pembicaraan ini sama orang yang baru aku kenal,

“Mbak kalo boleh tau sekarang umur berapa ya?”

“……. Eh berapa ya, kayaknya masih 26… hmm bentar bentar aku itung dulu (di otak 

langsung masang kalkulator, lalu ada ngomong sendiri, oke sekarang tahun 2014, 

aku lahir 1986) …. eh aku sekarang 28 *grin”

“Kok bisa lupa umur sendiri sih, mbak?”

……..dan aku cuma bisa nyengir, makluuuum, emang suka ga inget umur aja anaknya.  Suka berasa masih belia . Dan terus aku tersadar, kyaaaaa aku udah di fase late 20s, sebentar lagi akan meninggalkan titel anak anak usia dua puluhan. :))))

Usia 20 an tuh bagiku fase pembelajaran dan pendewasaan. Being a teenager is hard, but 20s is tougher. Kalau di umur belasan itu kita diperkenalkan dengan kebebasan, kemandirian dan tanggung jawab, usia 20 an atau pasca kuliah adalah fase untuk melihat dunia luar.

Di umur 23 aku lulus menjadi sarjana dan kemudian mencari kerja, usia itu-pun menjadi semacam gerbang menuju dunia “grown-up” dimana segala ekspektasi hidup akan dibenturkan dengan dunia nyata.

Welcome to the jungle babyyyyyy …. 

Kalo kamu gimana, Ne?

Naik turun bangeeeet. It’s like a rollercoaster. Not only about love life, but also about life itself, family problems, career, friends thingy. Banyak hal yang aku harus putuskan sendiri, banyak hal yang harus aku kejar & kerjakan sendiri. Dan di fase 20an ini pula a lot of unforgettable moment happened in my life.

Aku list down beberapa hal yang aku lakukan & kejadian paling memorable di usia 20-an aku dan gimana aku mencoba make my dream happen! 

1. HIDUP SENDIRI

Keluar dari rumah, jauh dari keluarga. Dulu sih emang kondisinya aku harus ngekost deket kampus. Dari sini aku belajar mengurus diri sendiri. Gimana caranya biar duit bulanan cukup biar ga ngerepotin orang tua. Aku juga cari-cari kerja part time buat nambah2 jajan.

2. IKUTAN KOMUNITAS FILM KAMPUS

Asli, dulunya ikut-ikutan karena bingung mau ikut UKM mana pas kuliah, karena suka nonton film jadinya ikut komunitas Kine Klub, ikut organisasi bahkan sempet jadi ketua. Kegiatannya, bikin festival film, dateng ke festival film kota-kota lain. Banyak ketemu orang-orang menarik dengan latar belakang kreatif. Dapat networking yang berguna banget selepas kuliah. Ga rugi kok. Kalo kamu lagi kuliah, cobain aja ikut organisasi/ komunitas yang sesuai sama minat atau hobi.

Me Circa 2006. Dengan @culapo, @Andibahctiar dan beberapa insan perflman independen pada jamannya
Me Circa 2006. Dengan @culapo, @Andibahctiar dan beberapa insan perflman independen pada jamannya di Mafvie Fest (Malang Film Video Festival)

3. MEET STRANGERS/ KETEMU ORANG ORANG DI LUAR CIRCLE

Aku pindah ke Jakarta tahun 2009 dimana semua orang adalah strangershehe belum punya teman. Nah, kebetulan masanya pas lagi happening twitter & facebook tuh taun segitu, dari situ aku follow banyak orang2 baru yang ga aku kenal. Aku memutuskan untuk kopdar dengan orang-orang yang terkumpul dalam Hermesian, mereka suka baca buku & menulis. Akhirnya aku jadi ketularan deh. Mereka yang bikin aku tergerak untuk menulis cerpen. Aku juga jadi sahabatan sama Artasya salah satu orang di Hermesian yang menginspirasi aku nulis puisi. Oh iya, Anjing Gombal itu juga kebentuk dari yang awalnya ga ada yang saling kenal. Eh sekarang lewat @AnjingGombal yang udah ada 1 juta follower, aku dapet sahabat & temen-temen main yang asyik.

Launching buku Aku Padamu by Anjing Gombal
Launching buku Aku Padamu by Anjing Gombal

4. BIKIN PASSPORT (WALAUPUN BELOM TAU BAKAL KEMANA)

Aku datang dari keluarga yang sederhana. Jadi menapakkan kaki ke negara lain itu dulu cuma mimpi doang. Setelah kerja, aku memutuskan bikin passport walaupun belom ada duit atau kepikiran mau kemana. Biar punya aja. Setelahnya, semakin banyak budget airline yang ada promo gitu kaaan. Udah deh, klop. Akhirnya aku perdana menginjakkan kaki ke Singapore. Negeri singa ini pun jadi negara pertama yang aku kunjungi, ceritanya ada di sini. Kemudian aku ketagihan ingin menuhin passport dengan cap stempel negara lain.

Japan Rail Museum, Nagoya
Japan Rail Museum, Nagoya
Charles Bridge, Prague
Charles Bridge, Prague

Oiya, penting buat bikin tabungan terpisah. Kalo aku buat traveling, nikah, ama buat sehari-hari. Akhirnya aku berhasil mengenalkan mimpi pada semua indra, menjadikannya nyata.

5. PERGI KE MINIMAL 3 KOTA SELAIN TEMPAT KELAHIRAN ATAU YANG KITA TINGGALI SEKARANG

Kota tempat kita tinggal sekarang mungkin memang membuat kita nyaman karena semua sudutnya sudah kita kenali. Kalau ada waktu luang ke café ini, nonton di bioskop itu, beli baju di mall anu, nonton teater di tempat ono. Nyaman kan? tapi ini bisa menjadi rutinitas yang membosankan, aku butuh jeda, butuh spasi. Spasi ini aku ciptakan dengan berkunjung ke tempat lain. Indonesia punya beragam suku dan budaya, bermacam-macam tempat menarik dari puncak gunung hingga pantai berpasir. Kenalan lah dengan beberapa. Nyicipin kuliner. Ketemu orang-orang suku lain. It’s an experience you cannot put a price tag on 

Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo
Dieng!
Dieng!

6. PUNYA IDOLA. 

Setiap orang harus punya hero versinya menurut aku. Jika ada waktu dan kesempatan, aku pasti tuh nonton konser band favorit, ke festival film, atau ke exhibition. Kalo nonton konser, rasanya kaya seneng gitu bisa dengerin lihat langsung musisi yang biasanya cuma dengerin di ipod doang, kemudian berada di tengah penonton yang hampir semuanya punya at least satu kesukaan yang sama itu awesoome.

Coldplay Live Sydney 2012
Coldplay Live Sydney 2012
Watch Sigurros Live, twice! See you on Iceland? AMIN
Watch Sigurros Live, twice! See you on Iceland? AMIN

Punya idola itu penting! Karena mereka bisa jadi inspirasi

7. SERTAKAN ORANG TUA

Being in your 20s is not only about you chasing your dream. Equally important is to remember your parents in each step of the way and share the dream with them. Aku dan juga Ibu sudah lama ingin pergi ke tanah suci, Alhamdulillah, tahun kemarin aku bisa mewujudkannya.

IMG_2759

Pengalaman dan kebahagiaan bersama ibu kala itu tidak bisa ditukar dengan apapun

8. TEST ADRENALINE. YOLO 

G-Max Reverse Bungee, GAK LAGIIIII LAGIIII :))

9. FALL IN LOVE WITH THE WRONG GUY

Yup… kesedihan membuat aku jadi berpikir tentang apa yang sebenernya aku inginkan, dan apa yang aku butuhkan. Sedih ga selamanya buruk. Kesedihan selain bisa membasahi hati, tapi juga bisa mengasahnya. Aku menjadikan energy ini untuk lebih mengenali diri sendiri dan …. Jadi deh itu buku Sadgenic 😀

Launching Sadgenic di Taman Langsat
Launching Sadgenic di Taman Langsat

Selain itu, jatuh cinta dengan orang yang salah membawaku ke poin selanjutnya ..

10. FALL IN LOVE WITH THE RIGHT GUY

I FINALLY MEET HIM. Ketika ketemu, semua roller coaster yang dirasakan di poin 9 jadi beralasan. Aku merasa melalui berbagai kesedihan dan patah hati sebagai proses yang menyiapkan diri aku untuk akhirnya bertemu dengan the right one. We’re happily married now, and ready to face the real world together. 

Screen Shot 2014-10-25 at 3.30.37 PM

You are on your 20 something now? Start to make a list of something that you wanna do, like a dream board, wishlist, anything. It will help you big time, it’s a starting point and a reminder of what it’s all really about especially when you don’t have any idea of what you should do. The foundation you build in your 20s will define the rest of your life.

Unleash your 20s! It is time to enrich your life experience. Kaya yang pengen disampein sama Lumia, cek deh mungkin bisa menginspirasi kamu nokia.co.id/makeithappen nih. Apapun impianmu, make it happen! Share juga dong, kalo kamu kira-kira apa yang dilakuin untuk memaksimalkan umur 20anmu di comment, Twitter, Facebook atau Instagram pake hashtag #makeithappen yaa, mention aku aja di @rahneputri. Siapa tahu kamu yang beruntung untuk dapetin a surprising life experience + Lumia 930 dari Lumia.

See you :*

10 thoughts on “Make Something Out of 20 Something Years

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s