Happy Pregnancy Tips

Judul di atas ini rasa-rasanya kaya gaya banget gitu ya, baru juga masuk Trimester Kedua, masih harus melalui Trimester Ketiga udah main kasih kasih tips aja …..*dicubit*. Tapi sejauh ini di bulan ke enam, alhamdulillah aku merasa hepi dan nampaknya jadi makin banyak yang sayang :’), ya mudah-mudahan dengan share hal hal yang sedang aku jalani ini, bisa berguna buat bumil-bumil yang lain atau juga jadi pengingat buat aku di saat lagi merasa gundah :D.

1.  Filter Informasi

Namanya juga kehamilan pertama dan masih clueless, kita akan berusaha sebanyak mungkin mendapatkan informasi dan belajar hal hal baru. Nah, di saat yang bersamaan, banyak juga pihak-pihak yang baik diminta atau tidak akan membagi tipsnya berdasarkan pengalamannya masing-masing, belom juga informasi -informasi dari internet.

Hasilnya ….. pusing.

Semua saran pastinya baik, tapi mungkin belum tentu cocok dan terbaik buat kita. Saran-saran dari para experts, mungkin juga tidak sesuai dengan rencana atau agenda kita. Kita yang ngejalani kok. Yang aku lakukan adalah aku dengerin semua tips-tips itu, tapi aku filter mana yang ‘make sense’ menurutku dan suami. Dan itu yang kita percaya dan jalanin.

The way we deal with pregnancy, birth, and our baby comes from who we are, where we’ve been, and what we believe in 🙂 

2.  You are a Queen, at least for 9 months. So enjoy!

IMG_9474

Setelah selesai trimester pertama, perut memang semakin membesar dan baru deh ya keliatan hamilnya, naaahhh kita bisa menikmati jadi warga prioritas tuh. Meskipun masih banyak yang cuek/ ga sadar/ emang ga peduli juga ama orang hamil, tapi di tempat-tempat tertentu aku jadi didahulukan, kaya dikasih tempat duduk, temen-temen nawarin bawain tas, kalo naik taksi bapaknya jalannya pelan-pelan. Bahkan sering gitu disapa & dilempar senyum sama banyak orang dari satpam, penjual rujak, tukang parkir. Dilanjutin “hati hati ya Buuuu”… ahh jadi makin merasa banyak yang sayang :’)

Nikmatin aja deh perlakuan ini dari sekitar, nanti kalo udah ga hamil lagi, kita bisa melakukan hal yang sama ke bumil lainnya 😀

Kalo di rumah pun, Miku yang tanpa diminta suka nyiapin sarapan, bikinin teh, dan yang paling sering sih nyuciin piring & alat masak. Pokoknya aku ga boleh capek. Azeeggg ~~~

3.  Ngajak ngobrol & nyanyi buat Debay

Kalo biasanya aku suka ngebatin sendiri, nah di saat ini aku lebih suka ngajak ngobrol dia. Dari hal hal kecil “Yuk dek kita berangkat, ikut mama kerja yaaaa” pas mau pergi ngantor atau misal abis makan “Gimana gimana? Enak yaaah tadi sotonyaaa. Suka gaa?”. Ga tau, hal hal gini bikin seneng aja. Aku merasa dia mendengarkan 😀

Trus juga sering nyanyi buat Debay, Miku suka gitaran malem-malem dan nyanyi buat dia, kadang suka aku upload nih bisa cek di snapchat aku ya @rahneputri (sekalian promo), buat yang mau iseng dengerin hehe. Abis dia kalo dinyanyiin, kaya lebih aktif nendang gitu, kan seneeeeng.

FullSizeRender 3
Miku bernyanyi untuk debay 😀

Dengerin lagu juga sering banget, kalo biasanya dengerin di headset, nah aku ga pake biar dia juga bisa denger. Gak selalu yang classic2 sih, yang emang aku suka aja.

4.  Quality (Me) Time

Katanya, setelah punya bayi hidup akan berubah…….

“Puas-puasin nonton konser deh, ntar susyaaaah”

“Mumpung masih bisa, ke bioskop laaah” 

“Puas-puasin bobo, ntar begadang mulu loh”

Dan banyak lagi pesan-pesan lainnya, hmm aku gak akan tahu sih gimana nanti ngejalaninnya, but i hope i enjoy every single time with him and enjoy any decision that we made for future. Nah cuma, yang pasti… aku emang lagi doyan-doyannya quality time buat merawat diri. Entah kenapa kayanya ingin menumpas mitos yang bilang kalo hamil bayi cowok, biasanya si Ibu bakalan kucel, ga doyan dandan, kumel, banyak daki dll. Emang sih pas trimester pertama, karena lemes dan pucat ya males ngapa-ngapain. Tapi sekarang, hampir tiap 2 minggu sekali aku ke salon, ntah itu untuk totok wajah atau creambath, yang pasti lebih sering dibanding sebelum hamil. Enak banget emang dipijit-pijit, apalagi kan udah mulai pegel-pegel ya sekarang.

Begitupun dengan perawatan kulit, rajin buat cari produk-produk yang organik dan juga melakukan pencegahan buat hadirnya stretchmark yang biasanya jadi problematika Ibu-Ibu hamil. Katanya 90% dari Ibu hamil akan mengalami stretchmark di trimester akhir, jadi banyak yang bilang lebih baik melakukan pencegahannya saat udah masuk trimester kedua. Aku kebetulan udah siap “Bio Oil” dari trimester pertama, kenapa? Karena Bio Oil ini udah banyak review positif dari temen-temen, trus pas dibaca-baca kandungannya, komplit banget! Mulai dari minyak lavender, rosemary, kalendula, kamomil yang cocok untuk kulit sensitif. Dan meskipun namanya Oil, tapi cepet meresap. Gak greesy atau nempel2 di baju.

FullSizeRender 4
Yang ukuran segini, udah mau abis pas jalan 6 bulan. Ga tau deh hitungannya boros apa engga X)) 

Pemakaiannya, aku biasa mengoles di bagian perut, paha & sekitar payudara saat mau berangkat ngantor dan sebelum tidur. Kalo misal di ada bagian tubuh yang terasa gatal, aku oles2in aja Bio Oilnya sambil agak diteken teket dikit, biar gak membekas. Semoga hasilnya kece yaa hingga nanti! My happier skin, happier life! 😀

5.  Fokus dengan hal hal positif

Pasti banyak cerita-cerita tentang lahiran yang berada di ambang ‘ajaib’ dan ‘menakutkan’. Gpp sih, memang kita harus menyiapkan diri, tapi jangan terlalu fokus untuk mikirin tentang sakit, kalo ada yang cerita bagian serem-serem, cuekin! We’ll be fine, Insya Allah.

Sertakan suami dalam setiap persiapan kehamilan, saat ini Miku selalu ikut aku di kelas-kelas parenting dan juga kita berencana mengambil kelas hypnobirth supaya bisa menghadapi dengan tenang.

Last but not least

6.  Stay relaxed and enjoy the ride, smileeee 😀

FullSizeRender 6

Buat yang punya tips tambahan, please let me know! Thank you for reading 😀

PS: Blog ini diikutsertakan dalam Bio Oil “My Happy Skin, Happier Life” Blog Competition, namun untuk isi dari blog benar-benar tulisan dari sudut pandang & pengalaman sendiri 🙂 

 

10 thoughts on “Happy Pregnancy Tips

  1. Yang nomer 2 bener banget tu,mbak…mas bojo jadi lebih banyak ngebantu di rumah :* ;*
    Tapi yang bikin gimana itu adalaaah….udah lewat trisemester pertama tapi perutnya gak keliatan jembling gitu, Jadi keliatan kayak orang yang over weight banget :))

    Like

  2. Hai Rahne, baca postingnya ini jadi inget masa-masa Wabbit dulu hamil. Jadi pengen nambah #eh

    Dulu kita juga mengalami hal yang sama saat-saat trimester pertama dan kedua. Mau kasih tambahan untuk persiapan bulan-bulan menuju persalinan, kalau misalnya nanti udah mau persiapan persalinan dan harus siap-siap beli baju untuk si kecil serta perlengkapan lainnya, tempat yang gue saranin adalah ASEMKA di daerah Glodok. Itu tempat penyelamat hidup untuk para moms and dads to be. Semoga berguna ya 🙂

    Like

  3. Aku pake bio oil juga dr awal hamil. Lancar jaya sampai minggu ke 35 jeng… Jeng… Munculah garis-garis cinta. Feel like sexy tiger 😂😂😂

    Like

  4. Baru baca blognya kak Rahne.. Duh telat banget ya.. 😣
    Kak, mau nanya. Waktu hamil, gatel-gatel dan jerawatan gak? Biasanya pake apa untuk ngurangin masalah itu? Aku masuk trimester 2, dan gatelnya gak nahan. Pake bedak juga gak ngebantu. Jerawat juga muncul dimana-mana.. Ahaha..
    Pake bio oil ini ngebantu gak kak?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s