Perkiraan Biaya Persalinan Jakarta

Halo halo semua, postingan kali ini mau ngasih beberapa gambaran tentang perkiraan biaya persalinan untuk normal & caesar di Jakarta. Data data dikumpulin dari berkunjung sendiri ke Rumah Sakit tersebut dan ada juga yang dapet dari temen. Berikut adalah biaya perkiraan persalinan di RSU Asri Duren Tiga, RSIA Kemang Medical Center, RS Asih, RS Siloam Semanggi, RS Brawijaya, RS Eka: 

Biaya Persalinan Normal

Screen Shot 2015-12-21 at 10.01.33 AM

Biaya Persalinan Caesar

Screen Shot 2015-12-10 at 6.01.31 PM

Kamarnya aku ga foto-fotoin sih, tapi beberapa bisa dilihat di websitenya. Silakan klik aja untuk tahu bentuk ruangan RSIA Kemang Medical CenterRS Brawijaya & RS Eka

Yang di Siloam agak detail mengenai biaya yang asuransi or non asuransi, karena rencananya Insya Allah mau lahiran di sana, udah sreg ama dokter dan juga deket sama kantor dan rumah kontrakan aku. Kenapa udah sreg? jadi saat ikutan kelas parenting “New Parent Academy” (baca di sini), kita dikasih bekal untuk hal hal apa aja yang perlu ditanyakan ke pihak RS atau dokter spog kita perihal persalinan, supaya tau mereka apakah Pro Normal, Pro Asi dan lain sebagainya. Jadi saat ‘ngetest’ Dr. Alvin (dokter spog aku) beliau menjawab semuanya dengan baik dan menumpas keraguan, serta ada temennya Miku yang juga abis lahiran di Siloam Semanggi dan katanya pelayanannya baik, oke deh, bismillah. 

Pengennya lahiran normal yah, namun untuk persiapan keuangan lebih baik disiapkan untuk perkiraan biaya yang paling tinggi yakni biaya Caesar, makanya aku data juga di atas.

Apa aja sih tips mencari RS Bersalin?

Pro Lahir Normal

Yang dimaksud di sini adalah, pihak Rumah Sakit/ Dokter benar-benar bertindak sesuai indikasi jika memang dibutuhkan operasi Caesar seperti: kepala bayi terlalu besar untuk panggul Ibu, masalah yang berkaitan dengan plasenta & tali pusat, atau kondisi Ibu yang bermacam-macam (ada penyakit dll)

Suami boleh mendampingi saat persalinan

Tentunya, karena kehadiran suami sangat penting di saat lahiran, sebagai bentuk support & juga rasanya lebih nyaman gitu kalo ada suami kita di sebelah kita, ya gak sih?

IMD (setelah melahirkan normal atau caesar)

IMD adalah Inisiasi Menyusui Dini, proses ini bisa dilakukan baik nanti persalinan normal atau caesar. Saat bayi lahir, bayi langsung diletakkan di bagian dada si Ibu, secara alami bayi mencari puting ibunya untuk mencari ASI. World Health Organizations (WHO) merekomendasikan proses inisiasi menyusui dini dijalankan selama 1 jam pertama kehidupan awal bayi. Jadi, tanyain ya hal ini ke RS, minta setidaknya 1 jam, bukan 15 menit atau 30 menit. Kalau caesar juga minta untuk bius separuh badan saja supaya masih bisa IMD :D. Bismillah, semoga aku nanti juga lancar, mohon doanya ya.

Pro Asi

Ada beberapa kondisi dimana mungkin Ibu belum bisa mengeluarkan ASI di hari pertama, karena mungkin puting yang datar/ masuk dll. Namun, menurut Dr. Ridwan & AIMI, ASI Ibu itu pasti keluar jumlahnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh si Bayi. Jika di hari-hari awal belum keluar, jangan dulu menyerah atau menerima tawaran suster untuk sufor aja. Karena ada kolostrum yang dihasilkan Ibu di tahap akhir kehamilan dan awal kelahiran ini sangat amat baik untuk bayi.

Rawat Gabung

Supaya kita bisa dekat dengan bayi, sering-sering melakukan skin to skin dan supaya kita juga dengan cepat beradaptasi saat kapan sih bayi kita lapar dan minta ASI.

Fasilitas Memadai

Kamar bersalin, kamar operasi, NICU dll disesuaikan dengan kondisi kehamilan.

Segitu dulu ya, kalo ada recap harga persalinan lain boleh infoin aku nanti aku tambahin. Semoga membantu 🙂

13 thoughts on “Perkiraan Biaya Persalinan Jakarta

  1. kurang lebih biayanya segitu, di tangerang juga hampir sama.kalau mau lahiran normal, siapin aja dana mulai dari 15 juta, itu dapat kelas II dengan kamar isi 3 atau 4 orang. kalau caesar, siapin dana minimal 30 juta. kalau mau dapat fasilitas kelas I atau VIP harus siap nambah lagi.

    Mahal ya emang di jabodetabek, hehe… bersyukur banget dulu saya lahiran di Sidoarjo rumah bersalin lahiran normal cuma habis 2,5 juta.

    Like

  2. Liat harga di jabodetabek tuh bikin deg2 ser ya..
    Saya di bandung masih agak lumayan, tergantung rumah sakit yang dipilihnya aja ya. Setahun lalu melahirkan, kamar yang kosong cuma vip. Syukurlah normal, ga ada gangguan dll, tagihan malah dibawah harga perkiraan :D, lebih murah 2 juta dari daftar harganya.
    Mudah2an lancar persalinannya ya Rahne

    Like

  3. Wuiddiihh mahal juga ya persalinan di jabodetabek..aq yg yg diluar jkrt melahirkan normal cma 5 jta kelas 1 di rumah skit swasta..jdi gx kebayang ya klw orang2 yg gx mampu yg hidup di jkrta hrus melahirkan anaknya di rumah skit di yg luar biasa mahalnya☺aq yg mampu saja ngelihat list hrganya waarrr biasaa mbk rahne..heheheh

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s