Persiapan jadi orang tua lewat New Parent Academy

Kemarin, saya dan suami baru selesai mengikuti semua sesi dari New Parent Academy batch 3 yang berlangsung tiap hari minggu selama sebulan. Alhamdulillah, kita ngerasa terbantu banget dengan ikutan acara ini dalam persiapan menyambut #MikuRikuJunior, kenapa? Karena, giling bo’, ini acara menjawab hampir semua kegundahan dan kegelisahan tentang apa apa saja yang perlu aku dan suami siapkan dalam menyambut peran baru nanti menjadi orang tua. Okelah emang aku udah sering googling, tanya orang tua, temen dan baca artikel ini itu, tapi kadang kebanyakan sumber kita berdua jadi pusing hahaha. Nah dengan ikutan ini, karena kita juga udah nyiapin waktunya, kita lebih fokus belajarnya dan bisa tanya-tanya langsung dari pakarnya, praktek juga, jadi lebih terserap gitu ilmunya.

IMG_0031
Poster New Parent Academy Batch 3

Tau acara ini sebenernya lewat info di path sih, pas tanya-tanya waktu itu usia kehamilan masih di minggu 17 kalo ga salah, harganya masih early-bird dan untuk mengikuti semua sesinya setiap pasangan dikenakan biaya Rp. 1,600,000,-, bisa juga sih ikutan materi ‘lepasan’ (ikut di hari-hari tertentu), harganya jadi Rp 500.000,- per sesi (dengan catatan masih ada seatnya karena jumlah partisipan terbatas). Waktu itu mikir sih, hmm apa ikut kelas lepasan aja ya biar lebih hemat? Tapi pas liat materi-materinya akhirnya kita memutuskan untuk ikut all session dan berujung dengan… GAK KECEWA SAMA SEKALI! Worth banget lah. Ini mungkin review singkat dan beberapa hal yang penting dari ngikutin acara tersebut.

Day 1

Sesi 1: Psikologi Pernikahan & Menjadi Orang Tua

Hari pertama New Parent Academy ini berlangsung di Lotte Bintaro, jauh sih, tapi udah niat yah haha. Materi ini dibawakan oleh seorang psikolog cantik Ibu Anna Surti Ariani (@AnnaSurtiNina), dia juga nampaknya aktif di sebuah website persiapan pernikahan Pranikah. Pada sesi ini, beliau menjabarkan tentang menyiapkan psikologi suami- istri dalam persiapan menghadapi kehadiran anak. Sempet dikasih kuis tentang Visi dalam menikah, antara suami dan istri udah sama apa belom visinya? Kita diminta isi sendiri sendiri dan hasilnya.. aku dan Yogas sama semua :)) *toss*. Ada banyak poin2 yang menarik di kelas ini, antara lain adalah:

  • Jangan takut untuk perbedaan pendapat/ berantem, jika disikapi dengan tepat justru bisa membawa level pernikahan ke yang lebih baik
  • Semua pernikahan ada kemarahan / kesedihan, tetapi yang penting adalah respon  terhadapnya yang akan menentukan kebahagiaan.
  • Menjadi orangtua bukanlah keputusan 1-2 tahun, namun keputusan SEUMUR HIDUP. selama kita masih hidup atau sebaliknya, anak adalah amanah.

Sesi 2: Persiapan Kehamilan, Melahirkan beserta Mitosnya

Yang  mengisi sesi ini adalah dokter yang namanya udah sering banget seliweran di telinga aku, namanya Dr. Ridwan SpOg.

“Tubuh wanita itu sudah disiapkan sedemikian rupa untuk hamil dan melahirkan. Jadi buang sugesti rasa nyeri” – dr Ridwan SpOG

Pada sesi ini, si dokter menyarankan pentingnya perencanaan kehamilan, jadi kalo memang sudah berencana ingin hamil lebih baik konsultasi & periksa ke dokter SpoG sedini mungkin, untuk menghindari hal hal buruk terjadi pada janin, karena rata rata banyak perempuan yang baru nyadar hamil di minggu ke 8 ke atas, padahal jantung sudah mulai berdetak pada hari ke 22 setelah konsepsi. Aku termasuk golongan yang ‘baru nyadar’ pas udah 7 minggu sih, agak serem juga denger cerita dari dokter karena kita sama sekali ga nyiap2in & konsul sebelumnya, namun Insya Allah, selama ini alhamdulillah baik, semoga selanjutnya juga yaa. Ada juga ngebahas beberapa mitor kaya minum air kelapa biar bayinya putih, minum minyak kelapa biar lahirannya lancar, sebenernya itu termasuk  mitos, namun kalo dilakukan ya gpp jika untuk menghormati orang tua hehehe. Dibahas juga sih pertimbangan-pertimbangan kesehatan untuk memutuskan lahiran normal atau caesar.

Day 2

Sesi 1: Kelas Financial Pernikahan & Menjadi Orang Tua

Ini sesi yang lumayan horror juga nih, karena bahasnya soal duiiiiiit hahaha. Yang dibahas adalah persiapan finansial pada saat kehamilan, biaya rumah sakit, sampe menjelaskan tentang biaya pendidikan anak. Untuk biaya lahiran, alhamdulillah begitu tau kalo hamil aku dan suami udah misahin dana tersendiri buat keperluan lahiran, meskipun ingin normal tapi nyiapin dana untuk caesar, buat jaga jaga aja. Nah,tapi yang ternyata lebih menyeramkan adalah …. biaya-biaya yang musti disiapkan setelah lahiran & kehidupannya nanti, salah satunya adalah pendidikan.

Inflasi pendidikan itu bisa lebih dari 2x inflasi pada umumnya lohhhh… kaget juga sih dikasih gambaran biaya TK – Kuliah di jaman sekarang, apalagi nanti pas jaman dia gede kan ya? SHOCK hahahaha…. Dari kelas ini paling ga kita udah aware lah dan mulai mikirin investasi apa yang baik untuk melawan inflasi. Fyuuuh… pusing-pusing deh hahah. Tapi bismillah, semoga dilancarkan rejeki ya deeeeek 🙂

Sesi 2: Kesehatan Bayi 0 – 6 Bulan

Kelas ini sangat amat banget penting sih, mengingat sebagai orang tua baru pasti suka panik ya, jadi dikasih tau hal hal yang mendasar tentang bayi dari usia 0 – 6 bulan, mulai dari mengenal jenis tangisan, apa itu tangisan KOLIK, bagaimana cara mengatasinya, pijat bayi, menelaah BAB (Buang Air Besar) & BAK (Buang Air Kecil).

Screen Shot 2015-12-09 at 9.49.14 AM

Ada juga tentang growth spurt, kapan perlu ke dokter kalo bayi panas, batuk, serta berbagai gejala sakit bayi dan tentang bayi kuning. Semoga ga lupa aja nih :))

Day 3 & Day 4

Sesi 1: AIMI ASI Pre- Natal & Post Natal

Dijadiin satu aja ya Day 3 & 4 nya hahaha (mulai lelah ngetik)

Ini banyak mengupas tentang IMD, pelekatan ASI, manfaat ASI, tips memerah. Apa yang harus dilakukan sesaat setelah kelahiran baik dari sisi ayah dan Ibu, kunci keberhasilan menyusui. Semuanya tentang sugesti-sugesti baik dan positif yang mendukung kita untuk bisa memberikan ASI. Bismillah, semoga lancar yah ini ASInya.

Screen Shot 2015-12-09 at 9.49.53 AM
Latihan menggendong & pelekatan ASI, pake boneka aja udah deg degan

Untuk hari keduanya yang Post Natal tentang bagaimana cara menyimpan ASI yang baik, kemudian untuk Ibu Ibu yang bekerja juga diberikan tips agar terus berkomitmen bisa memberikan ASI selama bekerja.

Aku juga suka banget sesi ini dimana Ibu Ibu menyusui diendors untuk dibuat hepi sama suami hahahaha. Karena semakin Moms hepi dan ga stress, Asi bisa makin lancar :))). Ibu senang, bayi riaaanggg

Sesi 2: Kelas Ayah Memandikan Bayi & Bincang2 bersama Ayah ASI, Mbak Nia Umar & Adenita

Pas kelas memandikan Bayi, ini emang fokus ngajarin bapaknya. Karena biar si Bapak megang langsung, dan saat masa-masa pertama setelah melahirkan dikhawatirkan kondisi Ibu belum fit, jadi Bapaknya nih yang harus turun tangan. Seru banget liatin Yogas belajar mijit bayi, ngejemur, ngemandiin, bersihin tali puser dan makein bedong X)) sambil diliatin ama pasangan2 lain hahaha, latihaaan, abis ini diliatin mertua juga :))

Screen Shot 2015-12-09 at 9.49.27 AM
Yogas in action. Padahal udah ngapalin langkahnya tapi pas maju ke depan bubarrrrr semua yang diapalin :))

Untuk sesi ke dua di hari terakhir, lebih banyak bincang2 dengan Ayah ASI dan juga bersama pihak pihak dari AIMI.

Overall, aku seneng dan puas banget ikutan New Parent Academy ini, at least aku tau dasar-dasarnya. Salut buat panitia yang emang suami istri ini, mereka ngebikin New Parent Academy karena berangkat dari pengalaman mereka yang ga tau apa apa saat melahirkan anak pertamanya. Mereka ga pengen pasangan2 lainnya seperti itu, jadi mereka berusaha membantu dengan menginisiasi kelas-kelas ini, salut buat Dewa & Bagol.

Dan makasih juga buat sang suami, yang semangat ikutan kelas-kelas ini, bener-bener mau belajar dan ga mau jadi Bapak yang bingung saat nanti dia lahir. Karena kita benar-benar akan membangun sebuah keluarga setelah ini. Bismillah yah..

Buat yang sedang merencanakan kehamilan atau hamil, aku sangat amat sarankan untuk ikutan kelas-kelas seperti ini, mungkin bukan New Parent Academy tapi apa aja lah yang ada di RS atau Klinik atau komunitas-komunitas di kotanya, sertakan juga suami karena mereka juag berperan besar dan penting dalam segala proses-prosesnya. 🙂

More info about New Parent Academy bisa cek twitternya> @nparentacademy.

5 thoughts on “Persiapan jadi orang tua lewat New Parent Academy

  1. Aaaah menyesalll gak tau kelas ini dari awal. Sempet dapet kelas laktasi gratis sih di RS aku.. Tapi cuma 1 jam doang dan lebih ke dasar2 ASI aja. Kalo ada materi bentuk soft copy yg bisa dishare boleh dong nee.. 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s