7 Kegiatan Seru untuk Batita yang Bisa Dimainkan Bersama di Rumah

Trah sekarang sudah 2 tahun 2 bulaaaan, sungguh ga berasa :’). Sekarang jadi makin cerewet dannnn suka marah-marah (huhu gpp, lagi belajar emosi), di usia anak seumur toddler ini  usia 12 – 36 bulan  katanyaaaa anak akan mengeksplorasi lingkungan dengan super duper  intensif karena mereka berusaha mencari tahu segala hal : tentang bagaimana sesuatu terjadi, belajar tentang apa yang mereka rasakan (emosi), belajar tentang bersosialisasi dll

Trus yaaa, aku tuh belum bisa menerapkan sistem “Screen Time” ke Trah.  Karena jujur aja terkadang ada waktu dimana kalo dia nonton Youtube,  lebih anteng dan aku jadinya bisa kerjaaaa T_T #curhat #workingfromhome. Padahal, kalo menurut rekomendasi The American Academy of Pediatrics harusnya untuk anak seusia Trah   harus dibatasi tidak lebih dari 1 jam dalam sehari.

Supaya anak (dan orang tua lebih tepatnya)  lebih aktif dan kita juga ga melulu menyerahkan Trah pada  Youtube, berikut adalah kegiatan-kegiatan seru yang bisa bikin ‘anteng’ dan juga mempererat hubungan antara Orang Tua dengan anak.

1.   Zoo Washing Station

Zoo Washing Station.JPG

Suka gemas ama mainan anak yang kotor? Ini saatnya melibatkan Trah untuk membersihkan mainan. Supaya lebih menarik buat Trah, membersihkan mainan dikategoriin terlebih dahulu, mis: kategori mainan hewan. Keluarkan seluruh mainan yang berbentuk hewan, kumpulin di wadah dan buat anak berimajinasi bahwa ini adalah tempat pencucian hewan kebun binatang. Setelah dicuci dengan sabun, Trah belajar mengeringkan dengan lap kering & menjemur mainannya. Dengan cara ini, Trah diajarkan juga untuk selalu merawat benda-benda yang dimiliki.

2.   Belajar Cuaca

Belajar Cuaca

Cara seru Trah belajar cuaca adalah dengan ngebikinin gambar-gambar menarik yang mewakili lambang cuaca dan ditempel di salah satu sudut rumah. Saat cuaca cerah, aku  meminta Trah menunjukkan ke gambar mana yang mewakili. Begitupula saat hujan atau saat ada pelangi. Hal ini bisa membantu anak untuk observasi sekitarnya.

3.   Piknik Di Halaman Rumah

Piknik Di Halaman Rumah.JPG

Ini adalah salah satu cara paling mudah dan murah. Apabila cuaca cukup cerah, aku suka ngegelar tikar di halaman rumah. Aku biarin Trah mengeluarkan mainannya. Sebelumnya saya menyiapkan makanan, cemilan atau buah-buahan untuk dimakan bersama-sama. Dengan suasana baru seperti ini, bisa membuat anak lebih mengenal lingkungan tempat tinggalnya. Belum punya tikar piknik? bisa klik di sini ya.

 

4.   Mencuci Motor

Mencuci Motor.JPG

Ini favoritnya Miku niiiihhhh, nyuci vespa.  Sambil mencuci Miku biasanya mengenalkan juga fungsi-fungsi dari bagian motor kepada Trah, meskipun mungkin dia belum sepenuhnya mengerti tapi yaaa ini bagian dari proses aja agar anak lebih memperkaya kosakata. Miku juga biasanya memberikan arahan ke Trah, hal ini untuk memperluas daya ingat si kecil dalam menerima perintah dan mendengar.

Oke itu diaaaa 7 Kegiatan Seru yang mungkin bisa jadi alternatif ide di rumah. Eh kok cuma 4 ya hehehe, baca lebih lengkapnya di sini ya.  

Buat yang punya toddler juga (atau mungkin anaknya udah gede) share dooong, kegiatan seru di rumah di kolom komen. Siapa tau bisa menginspirasi pembaca yang lain 😀

*tulisan ini adalah kolaborasi penulisan artikel bersama Buka Lapak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 thoughts on “7 Kegiatan Seru untuk Batita yang Bisa Dimainkan Bersama di Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s