Bertemu Marie Kondo dari OKHOME CLEANING: A review

*This post dedicated to Mba Puty yang saya juluki Marie Kondo.

Siapa sih Marie Kondo? Marie Kondo adalah seorang konsultan kebersihan dan tidying expert asal Jepang yang memperkenalkan metode beres-beres efisien dan menyenangkan yang ia namakan metode “KonMari”. Ia suka membagi tips soal merapikan pakaian, menata buku dan koper.

Well, mungkin aga lebay sih hahah… tapi itulah yang terlintas di kepala saat melihat Mba Puty bekerja. Dia nih Cleaning Consultant dari OKHOME Cleaning, sebuah layanan jasa bebersih rumah (home cleaning service). Jujur, yang pertama tuh endorsement, waktu itu ditawarin merasakan service ini karena iming-iming yang service-nya bakal beda banget: lebih detail dan profesional daaannn aku akan dapat kode refferal khusus. Kan ijk ini ratu refferaaall jadi ya…. aku mengiyakan endorsementnya, apalagi ini kan bantuin beresin rumah yang sedang ada toddler di dalamnya, gak bakal nolak.

Nah jadinya kenal Mba Puty di pertemuan pertama… and I can say I’m really impressed, terlihat sangat terlatih dan profesional. Sebelum-sebelumnya emang udah pernah make beberapa jasa home cleaning service baik yang endorsement ataupun engga, tapi OKHOME Cleaning ini bisa dibilang sangat amat walk the talk. Jadi pemesanan kedua, aku maunya ama mba Puty lagi juga dan kali ini untuk bebersih selama 4 jam! Apa yang bikin aku suka:

VERY PUNCTUAL

Tepat waktu. Jadi aku kan pesan untuk datang jam 9 ya, Nahh… jam 9 kurang 1 menit tuh ada representatif yang telpon, dia bilang petugas sudah di depan. Jadi beneran, aku buka pagar itu jam 9 persis hahaha. Suka nih, karena aku susah kalo mereka telat karena aku udah nyusun jadwal lain-lain setelahnya)

IMG_2178.JPG

DETAILS

Asli yaa…. Itu printilan-printilan aku yang di dalam lemari, baju-baju, itu semua dikeluarin terus dirapikan lagi. Entah dia ni zodiaknya sama kaya Nyokap apa engga, masa yah…. ada 1 tempat file yang nyelip di pojokan, ga lepas buat ditatain lagi sama dia (persis nyokap tindak tanduknya).Emejing… aku bahkan lupa ada tempat file di situ =))) makanya aku julukin dia Marie Kondo.

HIGHER SERVICE STANDARD

Selain emang bawa perlengkapan bebersih sendiri (most likely semua jasa juga begini ya) kuperhatikan dia membawa banyak lap yang berbeda-beda. Buat kamar mandi, ada lap sendiri. Buat lemari, ada lap sendiri. Buat tangga, ada lap sendiri.

IMG_0717.JPG

3 hal  diatas itu sih yang bener-bener aku rasain perbedaannya. Nah itu kalo dari sisi service pengerjaan ya…

Dari sisi user experience, customer journey serta value perusahaan juga aku salut sih, mikirin customer banget! Seperti yang sudah sering aku share di mana-mana, aku dan suami tuh kan suka memantau perusahaan-perusahaan yang customer centric karena background pekerjaan kami di dunia digital service. Dan… dari dua kali aku mencoba layanan dari awal sampai akhir, sambil tanya-tanya ama Mba Puty juga… mereka bener-bener mikirin customernya… dan juga pegawainya.

Nemu artikel di The Investor, jadi yang mendirikan OKHOME Cleaning ini adalah 2 orang Korea yang tadinya ga tau apa-apa soal Indonesia, lalu riset selama 2 tahun dan akhirnya memutuskan bikin on demand cleaning service ini. Mereka ‘menangkap’ tuh issue-issue yang kerapkali memusingkan kita-kita , jadi pegawainya benar-benar dipilih dan dilatih secara khusus terlebih dahulu. Gaji mereka juga lebih tinggi dibandingkan average full-time domestic helps.

“We wanted to provide better services to the Indonesian people and also create stable, quality jobs for the underprivileged,” – OKHOME Cleaning

*pengen salamaaaannn ama yang punyaaa. T_T

Ok, silakan nih yang lagi cari-cari jasa membersihkan rumah. Kalau mau memesan ada 2 (dua) cara:

  • Yang pertama adalah dari Apps OKHome Cleaning (android). Itu juga ngisinya easy peasy banget ga pake ribet… bisa milih mau yang GENERAL CLEANING / kalo mau pindahan (MOVE IN CLEANING) / mau yang langganan bulanan (SUBSCRIBE) -> ini kaya datang seminggu 2x

IMG_1128.JPG

  • Nah yang ga punya android, bisa pesan melalui whatsapp. Tinggal sebutin alamat, ukuran rumah, harga akan tertera dan booking akan sukses. Link whatsapp bisa klik di sini.

Itu dia, review OKHOME Cleaning. Untuk harga, kemarin-kemarin sih terpampang di highlight IG Story dia ya, cuma pas aku cek udah ga ada. Tapi ya tinggal wa aja gengsss… Buat 4 jam pembersihan ini, dengam rumah aku yang 55m2, biayanya 360rb. Mahal? Murah? Relatif sih ya… tapi aku puas banget siihhhh! Temen yang tinggal di Rasuna juga ada yang akhirnya langganan bulanan gitu, aman dan terpercaya.

IMG_0730.JPG

Yak sekian! Ini dia wajah mba Puty setelah selesai. Aku suka sama dia karena ramah banget dan suka kasih tips beberesjuga. Aylopyu lah… sukses terussss!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s