Alternatif Pilihan Transportasi Untuk Pendatang di Jakarta!

Sebagai anak yang merantau, aku tau banget kebingungan yang melanda saat baru pertama kali menginjakkan kaki di kota Jakarta ini. Suka bingung ya gak sih? Jakarta ini gede bangeeet, kalo nyasar gimanaaa…?? Sampai sekarang aja walo aku udah 6 tahun tinggal di Jakarta ini, masih suka ga apal jalan juga. Beruntung ada Google Maps, jadi dimudahkan.

Temen-temen aku dari luar Jakarta yang mau dateng ke sini, pasti sering tanya-tanya mengenai transportasi.

“Nee, kalo mau ke daerah Mega Kuningan dari Gambir pake apaa?”

 “Nee, kalo dari bandara, ke Sudirman jauh ga sih? Enaknya naik apa, yang gak pake taksi?”

“Bus Transjakarta kalo ke Depok ada ga? Depok dimana sih Neee?”

Kalo aku ada waktu, seringnya aku yang jemput. Abis kasian, ga tau jalan kan… Tapi kadang-kadang ga sempet juga, jadi paling mereka ujung-ujungnya naik taksi dan aku selalu minta nomor lambungnya, buat jaga jaga ajaaaa. Gak lupa, untuk minta mereka naik taksi yang ber-argo, takut kena yang aneh-aneh.

Keamanan emang harus jadi nomor satu, apalagi saat kita dateng ke kota yang asing. Beberapa tahun lalu, hanya ada taksi, bus/ kopaja & transjakarta. Namun sekarang, ada beberapa pilihan transportasi yang menurutku lebih mudah digunakan oleh pendatang di Jakarta dan sejauh ini aku nyaman menggunakannya.

Screen Shot 2015-05-08 at 5.06.21 PMUber ini semacam taksi, tapi mobilnya adalah mobil plat hitam. Biasanya mobil-mobil ini adalah mobil dari perusahan rental dengan driver yang sudah ditraining sebelumnya, ya bisa dikatakan kita seolah-olah punya ‘Supir Pribadi’-lah, mobilnya bermacam-macam, dari Xenia, Avanza, Fortuner sampai BMW! Ada 2 kelas sih di Uber: Uber X yang lebih murah, Uber Black untuk pilihan mobil yang mewah.

uber 1
Untuk liat keberadaan uberX atau uberBLACK di sekitar kita

Keunggulan dari aplikasi ini, kita bisa melacak driver UBER yang ada di daerah kita dan selain itu kita bisa liat profil driver & rating driver tersebut. Setelah kita dikonfirmasi ama penjemput, nanti akan muncul informasi mobil beserta plat. Jadi nanti tinggal rajin mantengin plat aja kalo dari GPS, drivernya udah deket kita. Nanti tinggal naik dan turunkaya yang punya mobil aja gitu hahaha.

Processed with VSCOcam with hb2 preset
Salah satu perjalanan saya pake Uber. Kaya driver pribadi. Mereka berbekal smartphone untuk tracking pengguna, memulai trip & mengakhiri trip.

Kelebihan lainnya, UBERX lebih murah dibandingkan taksi. Bedanya bisa dua puluh ribuan bahkan 2xnya! Sebagai perbandingan, Pancoran – Blok M pake Uber 19.500 ; pulangnya naik taksi Blok M – Pancoran 45,000.

KACHING!

\( $,$)/\( $,$)/

\( $,$)/\( $,$)/

\( $,$)/\( $,$)/

Tapii, ada jam-jam tertentu dimana UBER akan pasang harga lebih mahal (1,5 atau 2x), biasanya itu pas demand lagi tinggi atau di jam-jam yang rame banget. Tapi mereka pasti ngasih tau sih di awal, jadi kita tinggal mau menerima atau engga.

2.0x
Tampilan kalau mereka mengubah fare dalam waktu tertentu. source from here

Aku udah lebih dari 10 kali menggunakan UBER ini, so far : puas. Pernah sih dapet driver yang agak ga ramah & ada juga yang nyetirnya masuk busway, nah kalo kaya gini kita bisa memberikan comment ke CS lewat aplikasi dan mereka merespon keluhan dengan cepat.Sebagai penumpang, kita juga bisa di ‘rating’ ama driver, jadi kita juga punya peringkat bintang-bintangan. Kalo kita annoying, mungkin rating bintang kita bisa jadi turun atau kecil. 2 arah 😀

Ohiya, di bandara juga udah banyak UBER! Udah deh aku langsung dadah babay ke antrian taksi yang kadang-kadang naudzubillah kaya ular naga panjang. Trus 24 jam juga lhooo layanannya, kalo mau ke bandara subuh subuh, bisa!

Pembayaran UBER ini memang harus pake credit card, jadi saat download aplikasi, kita harus masukin informasi ini itu. Jadi kalo misal lagi ga bawa dompet, naik UBER bisa jadi pilihan yang tepat. Di dalam mobil Uber ga ada argo/ meteran yang jalan ya. Jadi jangan kaget atau dag dig dug. Nanti setelah selesai perjalanan, ongkosnya akan keluar di aplikasi dan akan dikirimin ke email.

Mau nyobain UBER? Masukan promo code : rahnep & dapet credit Rp. 75.000,- untuk pemakaian pertama. Lumayan kaaan. Redeem di https://www.uber.com/invite/rahnep

Twitter: @uber_jkt

Screen Shot 2015-05-08 at 5.06.25 PM

Kalo gojek, sesuai namanya, ini adalah layanan transportasi menggunakan ojeg. Sama kaya Uber, di aplikasi ini kita bisa melacak Ojeg di sekitar kita dan bisa liat posisi mereka di mana. Selain itu, kita bisa kontak langsung mereka lewat sms atau telepon yang diketahui lewat profil. Gojek juga membuat kita serasa punya asisten pribadi karena bisa dititipin buat anter barang, beli makanan lewat GO FOOD, antriin tiket konser =)))

Enaknya Gojek juga, kita udah bisa tau rute tujuan kita ongkosnya kena berapa. Enak kaaaan, ga perlu lagi tawar menawar ke Ojeg. Kadang ada ojeg di beberapa titik tertentu yang jual mahal banget kalo lagi jam jam pulang kantor. Dengan aplikasi ini memudahkan sekali.

ojek 2
Kalo udah ada harga gini, ga usah bingung tawar tawaran ama abang Ojeg kaan?

Untuk pembayaran, kita bisa bayar langsung Ojeknya atau menggunakan credit yang bisa kita Top Up via transfer bank, minimal creditnya 100,000. Yaaa, kaya isi pulsa gitu deh jadinya.

Mau nyobain GOJEK? Masukan kode “131527” saat download appnya di sini http://go-jek.com/app. Dapetin 50,000 untuk pemakaian pertama 😀

NB: masa ya, kemarin liat Gojek bawa motornya Yamaha RX 15 meeeeeen! Kata abang Gojek yang aku naikin kemarin “iya mbak, itu motor terbagus se-gojek” =”)))

 Twitter: @gojekindonesia

Screen Shot 2015-05-08 at 5.06.31 PM

Ini layanan pesan taksi tapi variannya ga cuma 1 taksi aja, tapi macem-macem. Kita bisa liat profil pengemudi dan juga menghubungi mereka. Pun kita bisa tracking keberadaan mereka lewat GPS. Ada estimasi biaya juga :D, tapi mungkin seringkali ga tepat ya, karena tiap perusahaan taksi punya kebijakan yang berbeda-beda. Bisa pilih taksi biasa atau premium.

grab

Aku suka banget ama ilustrasi & icon-icon di websitenya. Lewat Grab Taxi juga ada macem-macem promo. Oh iya, buat yang belum punya aplikasi Grab ini, untuk pemakai pertama bisa dapet Rp. 30.000 loh, pake kode ini ya FFC83B atau https://invite.grabtaxi.com/FFC83B?a=W0tMVFNFUFZKVlI=

grab 1

Screen Shot 2015-05-08 at 5.06.38 PM

Buat yang ingin naik Trans Jakarta, berikut aplikasi yang bisa jadi pegangan hidup saat berada di kota ini.

Screen Shot 2015-05-08 at 5.06.43 PM

Kalo ini, adalah aplikasi pesanan untuk taksi khusus Blue Bird. Kalo  kita pesan lewat telepo, cuma bisa bergantung ama call centernya untuk informasi keberadaan driver, tapi kalo lewat apps ini bisa. Download di http://www.bluebirdgroup.com/taxi-mobile-reservation.

Kalau diperlukan, berikut adalah nomor telepon Taxi di Jakarta. Aku sortir hanya taksi-taksi yang aku rasa aman.

Blue Bird: (021) 7917 1234, 794 1234

Gamya:  (021) 840 3838, 840 3848, 8779 5555

Aku doyan banget ngobrol basa basi ama driver atau abang ojek ini kalo lagi naik salah satu pilihan di atas, ceritanya bisa gado gado banget dan kadang absurd! Mereka kan berhadapan ama orang yang berbeda-beda tiap harinya, seru kalo dengerin kisah-kisahnya. Kalo ini, kisah Supir Taksi yang belajar bahasa Inggris tiap hari. Seru banget si Bapak :’D

Apapun pilihan bertransportasinya, usahakan untuk mencatat plat / nomor lambung/ screen capture profil pengemudi dan share ke orang-orang terdekat kamu ya.

Selamat datang di Jakarta & hati hati di jalan 😀

RP Signature

17 thoughts on “Alternatif Pilihan Transportasi Untuk Pendatang di Jakarta!

    1. Iya, awalnya aku juga takut sih masukin data kartu kredit. Tapi uber ini udah ada dimana mana dan perkembangan hidup ke depannya ini kok kayanya akan serba cashless, ya. Jadi aku berusaha percaya aja tapi ttp waspada. Kartu kreditnya juga di bank yang terpercaya yang hopefully responnya bagus kalo misal ada apa apa. Di Uber juga udah ada legalnya gt sih di appsnya yang pas baca bikin percaya dan aman aja gt hahaha

      Like

    1. Ooyaaaa. Benerr, sebenernya itu masuk ke aplikasi Kommuta yang di poin no 4 sih Yun (aku lupa mention kereta di sana). Cuma kalo buat pendatang, takutnya masih ribet2 make komuta.

      Like

  1. salam kenal 🙂
    Di Jakarta emang keliatan banget butuh alternatif transport umum semacam Uber kalo mau cepet dan bisa jg jadi alternatif nganter2 temen sesama pendatang yang belum berkendaraan pribadi, dan biar keliatan bijaksana untuk jalanan jakarta dengan tdk selalu bawa kendaraan pribadi bila hanya sendirian 😀 hehe..

    salam..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s