Bring Back The Shape After Baby: Cut The Carb

Hidup setelah melahirkan itu ga cuma life changing tapi, in my case, aku mengalami fase ‘body changing’ yang lumayan sering bikin kepikiran dan bahkan bikin ga pede. Kenapa?

Sejak 2012, aku tuh anaknya udah deh hidup sehat banget. I go to gym almost everyday, ikutan Masterbootcamp, ikut “Sebelasthlon”, rajin lari bahkan sebelum pada belum jaman lelarian kaya sekarang trus juga clean eating.

Tapi semua itu berubah semenjak aku hamil.

Setelah trimester pertama yang tidak berjalan mulus (selalu mual dan perut menolak makanan) eh trimester kedua dan ketiga malah jadi ajang balas dendam dengan makan apapuuuun, banyak lagi. Padahal udah paham sih kalo hamil itu sebenernya nambah kalorinya cuma 300 aja. Tapi, tetep aja ga tau kenapa gak dikontrol pola makannya. Jadi deh selama kehamilan nambahnya ampe 23 kg! Itu hampir setengah berat badan aku sebelum hamil.

Banyak yang bilang :

“nanti pas ngurus anak juga balik lagi kok”,

“kalo nyusuin cepet kok turunnya”.

OK

Santai kalo gitu, dan masa menyusui dimulai.

FYI, di aku, lapernya masa menyusui itu lebih ganas daripada pas hamil. Asli laperan paraaaahh, rata rata aku makan sehari sampe 6x dengan nasi full menuh-menuhin piring. Waktu itu mikirnya aku makan banyak, aku happy, asi lancar, anak tenang. Alhamdulillah sih ASI untuk Trah juga lancar, selalu cukup.

Selama 3 bulan mengurus Trah sendirian di rumah sebelum aku bekerja, berat badan aku turun 10 kg! Yay! Masih nyisa 13 kg. Hitung2an aku 4 bulan lagi berat badan bisa balik ke semula lah yaaa…

Saat ini Trah udah 7 bulan dan MPASI. Berat aku? Masih nyisa 12 kg , cuma turun 1 kg dari 4 bulan lalu!! Padahal aku masih menyusui Trah dan bahkan aktifitas jadi lebih banyak dan berat (ngerjain urusan rumah plus kantor), kok ga balik seperti semula siiiiihhhh?

Di sinilah kegundahan dimulai. Sebagai orang yang selalu berada dalam naungan berat badan ideal aku kaya ga percaya aku bisa merasakan ini: gak pede saat ngaca & pake baju apapun, gak pede ketemu orang, insecure sama ibu ibu muda lainnya yang sangat bugar yang dilihat di Instagram.

I lost a bit of confidence day by day.

This is not me that I use to be. Sudah satu setengah tahun ini aku terbuai dengan gak ngatur pola makan, gak olahraga. Suami pun begitu, dia juga makin gak terpola asupan makannya karena rutinitas kita sama.

Jadi mikir, padahal, buat MPASI Trah kita bener bener kasih yang terbaik, milih bahan bahan makanan yang sehat, no gulgar, selalu fresh, karena aku pengen Trah membiasakan hidup sehat. Tapi kenapa aku sendiri ga mikirin asupan harian ya? Ga sehat bangeeeeet T_T

Akhir-akhir ini, kita mencoba kembali pelan pelan mengatur pola makan dan hidup sehat. Ngeri aku makan nasi 6x ini berlangsung terus padahal Trah selesai ASIX jadi aku akan memulai dengan Cut The Carb: mengurangi asupan karbo seperti nasi/ mie/ pasta dll.

img_6003

Kenapa Karbo? Karena karbo tuh mengandung gula. Kalau tubuh mencerna gula terlalu banyak dari asupan harian maka kerja insulin akan lebih keras. Gula yang berlebih akan ditimbun menjadi lemak yang menyebabkan obesitas dan pada akhirnya bisa memicu diabetes.

Penting buat kita memperhatikan Glicemix Index (GI) dalam makanan, biasanya terbagi jadi Low GI, medium GI, high GI. Nah nasi trus bubble tea itu masuk ke manaaa teman temaaaaan? Yak benar masuk ke indeks High GI. Jadi buat yang suka minum minuman kemasan, cek deh kadarnya di bagian belakang atau sampingnya.

IMG_6025.JPGPola Cut The Carb ini jelas berat bagi yang kebiasaan makan nasi ampe 6x. Ini cara aku mensiasati. Kalo paginya biasa sarapan lontong sayur/ bubur/ nasi goreng: aku ubah jadi makan buah buahan yang menunya lagi sama kaya MPASI Trah dan makan bareng dia.

Kalo makan di luar atau di kantor, aku mengurangi nasi hingga 1/3 dan memperbanyak sayur. Saat weekend sebisa mungkin juga aku & suami masak sendiri karena tau bahan bahan yang digunakan adalah baik dan sehat.

img_5851

Supaya ga laperan, aku makan SOYJOY 2 jam sebelum jadwal makan. SOYJOY ini terbuat dari kedelai yang mempunyai GI yang rendah dan terbukti menjaga gula darah dan nafsu makan.

Oiya, pola Cut The Carb ini aku juga terinspirasi sama Ringgo & Sabai. Seru bangettt ikutin video video #DemiBjorka nya mereka 😀

Mau tau info lengkap seputar Cut Carbo bisa cek Instagram SOYJOY di @soyjoyid. Atau pengen lihat berdasarkan data penelitian dan penilaian suatu menu makanan yang bisa memangkas karbo, bisa cek di www.soyjoy.co.id

Dengan kembali hidup sehat, mengurangi karbo semoga berbonus badan kembali ke berat ideal, so I can gain more confidence day by day. Doakan ya. Semoga 2017 back to shape.

img_5848
Demi Trah! Sehat bareng-bareng!

Kalo pengen anak punya pola hidup sehat, kita juga harus memperhatikan pola hidup dan kesehatan kita sendiri, karena anak akan meniru orang tua. Let’s cut the carbo. Grow healthy & grow happy.

7 thoughts on “Bring Back The Shape After Baby: Cut The Carb

  1. Halo mba Rahne, salam kenal. Betul banget itu. Aku juga 3 tahun lewat dari lahiran berat badan masih harun diturunkan 5-10 kg. Akhirnya sekarang kurang-kurangin karbo sama berusaha nyempetin olahraga 30 menit – 1 jam setiap hari. Pengen jaga tubuh biar tetep sehat, demi anak dan keluarga 🙂

    Like

  2. Aduh ini yang aku pikir belakangan juga nih. Semua orang bilang menyusui itu bikin kurus, nyatanya sampe sekarang BB gitu-gitu aja alias gak turun-turun. Kalo lagi menyusui, emang ganas banget ya, Mba, lapernya ((:

    Semoga tahun depan pas anak MPASI, mamanya juga ikutan makan sehat, deh. Demi keluarga yang sehat dan tubuh yang diidamkan hahaha.

    Sehat terus ya Mba sekeluarga, khususnya Trah :*

    Like

    1. Haha iyaaa, nampaknya pas anak mulai mpasi, mulai merangkak, belajar jalan baru deh kita bs aga kurusan dikit, soalnya kitanya jg ga boleh lengah ngejar terus :))

      Terima kasiiiih, kamu juga yaaa sekeluarga semoga sehat selaluuu

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s